Bermain Monopoli Ternyata Mengajarkan Banyak Hal Tentang Pengelolaan Keuangan

Bermain-Monopoli

Banyak orang yang beranggapan bahwa bermain #game menunjukkan sikap yang childish dan kurang dewasa. Padahal, bermain game juga bagus untuk menghilangkan kepenatan dan mengembalikan semangat. Apalagi bila kita memainkan game yang penuh dengan unsur edukasi.

Permainan monopoli adalah salah satu jenis board game terpopuler di dunia. Bahkan kita juga bisa memainkan versi modernnya yakni Lets Get Rich yang kini sedang populer di kalangan pengguna #smartphone. Bukan hanya sekedar hiburan, memainkan monopoli konvensional atau monopoli modern di smartphone ternyata mampu memberikan banyak pelajaran bagi kita tentang cara mengelola keuangan.

Hal apa saja yang bisa kita pelajari dari permainan monopoli? Berikut ulasannya.

1. Mengelola Aset Secara Efektif

Pemenang dalam permainan monopoli ditentukan oleh jumlah uang yang dimiliki masing-masing pemain. Untuk memperoleh keuangan yang stabil dan memiliki banyak aset investasi, tentu saja kita harus pandai-pandai mengelola aset tersebut. Kita harus mengenali situasi yang tepat mengenai kapan kita harus mempertahankan kas, kapan harus membeli dan kapan harus menjual aset untuk memperoleh keuntungan yang maksimal.

Artikel lain: Kesalahan ini Sering Dilakukan Pebisnis Muda Saat Mengelola Keuangan

2. Belajar Mengelola Berbagai Investasi

Ketika bermain monopoli, sebaiknya kita melakukan penanaman investasi dengan mendirikan rumah, hotel atau membeli bangunan lain seperti perusahaan listrik dan perusahaan air. Hal sederhana ini mengajarkan kita bahwa menanamkan berbagai investasi di bidang yang berbeda-beda dapat mendatangkan keuntungan bagi kita. Ketika salah satu bidang investasi kita mengalami kerugian, maka kita masih memiliki cadangan investasi di bidang yang lain.

3. Melatih Mental Dalam Mengambil Keputusan

Bukan hanya mendapatkan kesenangan sesaat saat, namun ternyata bermain monopoli juga bisa melatih mental kita dalam mengambil keputusan. Ketika kita ingin memutuskan untuk membeli bangunan, menjual kota atau mengambil alih kota lawan kita tentu akan berupaya untuk memikirkan keputusan yang paling tepat. Situasi ini akan melatih mental kita saat harus mengambil keputusan #keuangan dan investasi di dunia nyata.

4. Mempelajari Strategi Untuk Tidak Berhutang

Kadangkala ada pemain monopoli yang membeli aset properti sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan jumlah kas yang tersisa. Akibatnya, ketika kita memasuki kota milik pemain lain maka kita harus berhutang karena kehabisan kas. Di kehidupan nyata, kita bisa mengambil pelajaran ini supaya tidak mudah berhutang karena keliru dalam mengelola keuangan dan aset investasi.

Artikel lain: Ngutang, Startup Pengingat Hutang-Piutang Perekat Pertemanan

5. Ada Saat Keberuntungan Datang Silih Berganti

Keberuntungan dalam permainan monopoli juga ditentukan oleh hasil kocokan dadu yang keluar. Ada saatnya kita beruntung karena bisa membeli kota yang mahal atau ada kalanya kita juga sering memasuki kota lawan dan harus membayar sewa.

Di dunia nyata memang pengelolaan keuangan kita tidak ditentukan oleh kocokan dadu. Tapi dari keberuntungan permainan monopoli tersebut, kita bisa belajar bahwa ada kalanya situasi darurat bisa terjadi dalam hidup kita. So, alangkah baiknya bila kita memiliki cadangan dana darurat untuk menghadapi situasi yang tidak terduga.




6. Belajar Mngambil Risiko di Kehidupan Nyata

Hidup itu penuh dengan pilihan. Ketika kita memutuskan untuk menghabiskan cadangan kas kita, mungkin kita merasa aman dengan aset dan #investasi yang kita miliki. Sedangkan bila kita tidak berani mengambil risiko, kemungkinan kita akan hidup dalam zona nyaman dan akhirnya tidak punya keberanian untuk berinvestasi.

Jadi, bermain monopoli juga melatih sikap kita untuk berani mengambil risiko di kehidupan nyata. Pertimbangan yang matang akan membawa kita pada kondisi keuangan yang lebih stabil dan sukses.

Sekarang adalah saat yang tepat bagi kita untuk mendewasakan diri dalam berbagai sisi kehidupan. Mainkanlah game seru yang tidak hanya sekedar jadi hiburan tapi juga bisa menjadi sarana untuk menambah pengetahuan dan melatih mental kita.

Baca juga: Ini Cara Cepat Kaya Menjadi Jutawan Bahkan Milyarder

Memainkan monopoli bersama keluarga atau sahabat bukan hanya akan mengakrabkan hubungan, tapi juga secara tidak langsung akan memberikan kita banyak pelajaran mengenai bagaimana mengelola keuangan di dunia nyata. Yuk bermain monopoli!




3 total comments on this postSubmit yours
  1. permainan yang saya sukai waktu kecil, dengan bermain bersama teman, memberikan banyak manfaat yang bisa kita rasakan saat ini, dan sekarang game ini bisa kita mainkan di gadget juga.

  2. jual 5 rumah untuk beli 1 hotel , mengajarkan prinsip investasi yang lebih besar..

  3. ini dia permainan kesukaan saya sejak kecil, memang benar mas ini benar2 mengajarkan saya buat mengenal apa itu hutang,nabung,dapat komisi.dll thanks mas infonya keren

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud