Nilai Positif Menjalankan Bisnis Dengan Persaingan Tinggi

Nilai Positif Menjalankan Bisnis Dengan Persaingan Tinggi

persaingan bisnis
Image dari Vulcanpost.com

Ketika seseorang menentukan pilihan untuk menekuni dunia bisnis, rata-rata kebanyakan dari mereka akan mencoba pada bisnis dengan persaingan yang rendah. Alasannya memang sangat masuk akal yaitu dengan persaingan yang rendah, peluang untuk mencapai kesuksesan tentu akan semakin tinggi. Terlebih untuk seorang yang baru saja terjun dalam dunia bisnis, maka bayang-bayang ketakutan untuk menjalankan bisnis pada bidang yang tinggi persaingannya pasti lebih tinggi.

Namun perlu diketahui bahwa setiap bisnis yang dikerjakan pasti sedikit banyak akan menimbulkan resiko. Jadi semua bisnis harus diperjuangkan dengan baik agar bisa mencapai kesuksesan. Meski barangkali bisnis yang Anda kerjakan tanpa pesaing, namun jika Anda mengerjakannya tidak serius dan fokus, maka sulit juga Anda akan menggapai keberhasilan. Sebaliknya, jika misalnya bisnis yang Anda kerjakan memiliki banyak sekali pesaing, namun Anda mengerjakannya penuh dengan dedikasi dan integritas, maka peluang untuk berhasil tentu jauh lebih tinggi.

Artikel lain: 10 Cara Meningkatkan Bisnis Anda di Tengah Sengitnya Persaingan

Jika Anda adalah seorang pebisnis pemula yang sedang akan mengerjakan sebuah bisnis yang mungkin pesaingnya sudah banyak sekali, jangan khawatir, karena pada bisnis yang banyak dikerjakan ada kelebihan yang bisa Anda peroleh sebagai pemula. Simak di bawah ini beberapa nilai positif dari bisnis yang memiliki tingkat persaingan tinggi yang bisa Anda dapatkan.

1. Anda Bisa Melakukan Perbaikan dan Inovasi Baru

Meski bisnis yang Anda geluti adalah bisnis yang sudah ramai dan banyak sekali pelakunya, Anda tidak perlu takut untuk bersaing. Jadikan ketatnya #persaingan bisnis sebagai pendorong bagi Anda untuk melakukan perbaikan dan juga inovasi pada bisnis tersebut agar lebih diterima di masyarakat.

Dengan Anda melakukan kreasi yang inovatif, tentu saja akan meningkatkan potensi bisnis Anda dalam memenangkan persaingan yang sangat ketat. Kemudian yang perlu Anda lakukan adalah jangan berhenti, terus pelajari dengan seksama bagaimana caranya selalu membuat perbaikan agar semakin meningkatkan potensi bisnis Anda diterima oleh konsumen.

2. Tidak Perlu Membuat Pasar Baru

Ini jelas suatu kelebihan yang bisa Anda maksimalkan. Mungkin saja bisnis yang Anda geluti sangat tinggi tingkat persaingannya, namun di sisi lain keuntungannya adalah Anda tidak perlu memulai dari bawah dalam membangun pasar untuk bisnis Anda. Tinggal bagaimana Anda bisa memaksimalkan pasar yang sudah ada tersebut. Salah satu cara untuk bisa bersaing tentu saja kembali pada poin pertama di atas, yaitu dengan melakukan terobosan dan inovasi pada bisnis yang sedang dikelola.

3. Persaingan yang Tinggi Bisa Meningkatkan Kreativitas

Dalam mengerjakan sesuatu biasanya seseorang membutuhkan pemantik agar bisa lebih maksimal. Kadang persaingan yang tinggi bisa menjadi sebuah motivasi yang kemudian memantik semangat kita untuk terus menggali sebuah inovasi. Tentu saja ini dimaksudkan agar bisa memenangkan pertarungan di pasar bisnis yang sangat ketat.

Dan ketika Anda bisa memenangkan sebuah kompetisi untuk memikat konsumen di pasar yang sangat ketat itu,  maka perasaan bangga jauh lebih tinggi dari pada memenangkan pasar dengan tingkat persaingan yang rendah. Dan perasaan seperti ini biasanya akan semakin membuat diri kita semakin semangat dalam menjalani bisnis.

4. Tidak Perlu Mengenalkan Produk Lagi

Karena bisnis yang sedang Anda kerjakan adalah bisnis yang sudah banyak yang menjalankannya, tentu pasar atau konsumen sudah tidak asing lagi dengan produk yang ditawarkan. Maka, Anda tidak perlu lagi mengenalkan pada pasar tentang bisnis apa atau produk apa yang sedang Anda kerjakan. Dengan demikian Anda bisa sedikit menghemat pengeluaran dan energi Anda dan bisa mengalihkannya pada pos lain. Sehingga gerak langkah Anda bisa lebih efisien dalam mengelola dan mengembangkan bisnis ke depan.

Baca juga: Bisnis Selalu Berkembang, Anda Harus Mampu Menyesuaikan Diri!

5. Tingginya Persaingan Bisnis Bukti Produk Bisnis Dibutuhkan

Biasanya memang demikian, ketika ada banyak pemain dalam bisnis tersebut maka pasar yang membutuhkan juga tinggi. Dengan demikian maka bisnis dengan tingkat persaingan tinggi memang bisnis yang potensial untuk dikerjakan. Dengan kata lain bisnis ini memang memiliki ceruk konsumen yang besar sehingga masih bisa dimaksimalkan dan dimanfaatkan dengan baik.

Namun demikian perlu juga Anda sadari bahwa bersaing dalam bisnis seperti ini juga bukan perkara yang mudah. Tetap butuh keseriusan Anda dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis di tengah persaingan yang sangat ketat.

2 KOMENTAR

  1. jurus andalan jaman sekarang….. amati tiru modifikasi.. hehe

  2. Dalam kategori bisnis persaingan tingkat tinggi mungkin seperti fashion, rumah makan, dan bisnis online (internet) ya mas?
    Sedangkan dalam kategori bisnis persaingan rendah seperti mancing, kerajinan, ukiran, dll

Tinggalkan Balasan