Bisnis Selalu Berkembang, Anda Harus Mampu Menyesuaikan Diri!

pengembangan diri

Perkembangan dunia bisnis semakin hari semakin cepat. Dengan kemajuan #teknologi di segala lini, semakin menimbulkan percepatan perkembangan bisnis yang sangat signifikan. Hal ini menjadikan peluang bisnis akan bertumbuh semakin besar, dan itu akan disertai juga dengan persaingan yang akan semakin ketat juga.

Begitu cepatnya perkembangan ini bahkan kita kadang-kadang sulit mempredikisikannya. Contoh sederhananya adalah #bisnis online, kini semua hampir menjalankannya. Dulu orang hanya berjualan dengan cara yang konvensional, namun kini dengan kemajuan teknologi, memungkinkan orang berjualan secara online dengan berbagai media.

Kompleksitas faktor-faktor yang mempengaruhi pun juga akan semakin jamak. Dengan kondisi seperti ini jika Anda sebagai pelaku bisnis tidak mampu menyesuaikan diri dengan baik, maka dengan sendirinya akan tergilas seleksi alam yang kadang terasa sangat kejam.

Artikel lain: 6 Langkah Untuk Membangun Mental Pebisnis Yang Kuat

Salah satu kunci untuk menghadapi perubahan yang begitu cepat ini adalah kemampuan Anda dalam beradaptasi pada keadaan yang bisa saja sama sekali baru untuk Anda. Nah, dalam proses penyesuaian diri ini ada beberapa hal pokok yang harus Anda perhatikan untuk mendukung proses tersebut.




1. Membangun Kualitas Sumber Daya Manusia

Perkembangan bisnis pasti akan membawa #persaingan bisnis menjadi lebih kompetitif dan ketat. Untuk menjaga eksistensi bisnis Anda agar mampu tetap bersaing dengan kondisi yang ada, maka membangun kualitas sumber daya adalah cara yang sangat bagus.

Bukan hanya Anda saja yang harus memperbaiki kualitas diri, namun semuanya, termasuk karyawan dan semua yang terlibat dalam tim bisnis Anda juga harus meningkatkan kualitas diri. Karena ke depan tantangan bisnis tidak akan semakin mudah. Justru sebaliknya tantangan akan semakin berat.

Dengan kualitas diri yang selalu diperbaiki, maka akan semakin memungkinkan bisnis Anda bisa tetap eksis dalam berbagai keadaaan.

2. Tingkatkan Daya Respon Terhadap Keadaan Baru

Hal ini hanya bisa Anda lakukan ketika Anda memiliki kualitas sumberdaya yang mumpuni. Karena pasti akan ada banyak sekali keadaan yang cepat berubah dalam sebuah perjalanan bisnis. Anda dan tim bisnis Anada harus mampu merespon dengan baik setiap keadaan baru yang mungkin akan muncul secara tiba-tiba.

Kemampuan Anda merespon peluang bisnis baru, komplain konsumen, ancaman dari kompetitor dan lainnya memerlukan strategi yang tepat dalam menghadapinya. Contoh sederhana, jika Anda salah dalam menangani komplain dari konsumen, maka bisa-bisa konsumen akan meninggalkan Anda dan bisa beralih pada yang lain. Hal semacam ini sangat urgent dalam proses menghadapi perkembangan dunia bisnis.




3. Pemutakhiran Sarana dan Prasarana

Tidak bisa tidak, Anda juga harus memperhatikan perkembangan teknologi terbaru untuk mendukung proses produksi Anda. Sarana atau media produksi sangat penting dalam menunjang peningkatan kualitas produk bisnis Anda.

Dengan kecanggihan teknologi, memungkinkan pembuatan alat produksi yang bisa lebih efektif dan efisien sehingga bisa mengurangi biaya produksi. Hal-hal semacam inilah yang harus juga menjadi perhatian Anda. Nah, ini juga memerlukan sumber daya manusia yang mumpuni karena tidak semua orang bisa mengendalikan teknologi-teknologi terbaru yang ada.

4. Tingkatkan Akses Informasi

Informasi adalah salah satu hal terpenting dewasa ini. Dalam bisnis pun juga demikian, jika akses informasi Anda hanya terbatas, maka otomatis Anda akan ketinggalan jaman. Untuk itu, selalu perbaiki dan tingkatkan akses informasi Anda. Jika dulu hanya mengandalkan televisi, maka saat ini media #internet adalah pilihan yang sangat bagus.

Selain itu, informasi penting juga bisa didapatkan dari orang-orang tertentu. Maka dari itu, untuk meningkatkan akses informasi. Anda juga bisa membangun relasi dengan orang-orang tertentu yang tentunya berkompeten di bidang yang sesuai dengan bisnis Anda.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kita Membutuhkan Kompetitor Bisnis

5. Evaluasi Terhadap Pencapaian Target

Pasti, dalam sebuah bisnis harus ada evaluasi yang terencana dengan baik. Anda harus bisa melakukan evaluasi yang menyeluruh. Terutama terhadap target yang sudah ditentukan sebelumnya. Apakah target tersebut sudah terpenuhi atau masih jauh.

Nah, di sinilah Anda harus jeli. Jangan hanya melakukan evaluasi ketika target tidak terpenuhi saja, namun ketika target terpenuhi juga diperlukan evaluasi yang tepat. Misalnya jika target Anda ternyata tercapai dalam waktu yang lebih cepat maka artinya itu harus ada perbaikan target. Tingkatkan target Anda, jangan ragu lagi.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. saya selalu mengikuti web ini, sangat luar biasa informasi yang diberikan…maturnuwun mas, artikel sungguh bermanfaat bagi saya…

    • sami-sami mas . . . .

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud