10 Cara Meningkatkan Bisnis Anda di Tengah Sengitnya Persaingan

10 Cara Meningkatkan Bisnis Anda di Tengah Sengitnya Persaingan

Cara-Meningkatkan-Bisnis-Di-Tengah-Persaingan

Sekarang ini dunia bisnis sangat berkembang pesat. Tidak hanya untuk kalangan menengah keatas, tetapi juga telah merambah ke kalangan menengah ke bawah. Ada banyak sekali macam bisnis yang ada di masyarakat, mulai dari bisnis dengan produk #makanan & minuman, fashion, jasa, dan lain-lain. Dalam menjalankan bisnis, tentu ada banyak sekali bisnis milik orang lain dengan tema yang sama dengan bisnis kita. Dan terjadilah sebuah persaingan bisnis.

Dalam persaingan bisnis, pasti ada pihak yang unggul dan ada yang tertinggal. Kita bisa menjadikan persaingan menjadi sebuah booster bagi bisnis kita untuk maju karena dengan adanya persaingan, maka akan membuat kita semakin tertantang untuk membuktikan bahwa bisnis kitalah yang terbaik. Berikut 10 cara meningkatkan bisnis kita yang terjadi karena adanya persaingan.

1. Membangun Kekuatan Merek (Brand)

Merek merupakan hal utama bagi sebuah produk. Dengan adanya merek maka produk kita akan dikenal masyarakat dan yang membedakan produk kita yang sama temanya dengan produk milik vendor lain. Tunjukan kepada semua orang bahwa merek kita adalah yang terbaik untuk kategori produk yang sama di luar sana. Ketika merek kita sudah terkenal, masyarakat sudah terbayang tentang produk kita.

Artikel lain: Branding Online Untuk Meningkatkan Kredibilitas UKM Anda

2. Memberikan Sesuatu Yang Berbeda

Setelah memiliki merek, maka kita membutuhkan sebuah faktor pembeda dengan bisnis lain. Perbedaan antara produk kita dengan produk orang lain. Apa yang bisa kita unggulkan dari produk kita, entah harganya yang lebih murah, kualitas yang terjamin, layanan tambahan, dan lain-lain. Karena bagi masyarakat, mereka akan memilih produk yang memiliki kualitas yang terbaik dengan harga yang bisa mereka jangkau. Kita harus memilikinya dalam produk atau jasa kita. Pelayanan apa yang bisa kita berikan kepada masyarakat yang bisnis lainnya tidak bisa berikan.

3. Fokus Pada Target Pasar

Fokuslah pada segmen pasar yang menjadi target kita. Contohnya kita menarget masyarakat kalangan menengah, maka sesuaikanlah produk kita sesuai kemampuan mereka. Jangan sampai kita salah dalam menarget pasar, dengan menawarkan produk yang tidak sesuai dengan target pasar tersebut.

Lebih parah lagi bila produk tersebut tidak cocok untuk berbagai kalangan, misalnya bagi kalangan atas mutu produk kita terlalu rendah, dan bagi kalangan bawah terlalu tinggi harganya. Ini akan membuat produk kita tidak laku di berbagai kalangan, baik atas, menengah atapun bawah. Fokuslah pada satu segmen yang kita tuju, dan buatlah segmen tersebut merasa nyaman menggunakan produk kita.

Artikel lain: Menangkan Persaingan Pasar! 3 Langkah Sukses Terapkan Blue Ocean Strategy

4. Pelanggan Adalah Hal Utama

Pelanggan adalah raja, banyak pebisnis yang bilang begitu. Memang betul, jika tidak ada pelanggan, maka siapa yang akan membeli produk kita atau memakai jasa kita? Memang betul juga kalau pelanggan adalah raja yang harus diperlakukan dengan baik.

Kita harus bisa membuat sebuah produk kita dikenali dan digunakan oleh masyarakat. Buatlah mereka merasa bahwa produk kita itu lebih baik dari yang lain. Mulai dari segi kualitas produk kita / keunggulan, lalu harga yang mudah dijangkau masyarakat. Karena jika masyarakat merasa senang saat menggunakan produk atau jasa kita, maka mereka tidak akan pernah meninggalkan kita.

5. Mengikuti Tren Yang Ada

Tren memang seperti sebuah musim, silih berganti dan terkadang kembali lagi. Tetapi ada baiknya kita juga ikut masuk dalam arus tren yang sedang heboh saat itu. Masyarakat akan selalu mengikuti tren yang sedang meriah saat itu, dan itu merupakan ladang penghasilan bagi kita para pebisnis jika kita bisa menarik mereka untuk menggunakan produk atau jasa kita yang menyesuaikan tren yang ada.

6. Buatlah Sebuah Kemitraan

Kerjasama dalam berbisnis adalah hal yang sering dilakukan para pengusaha, dan ini bisa menguntungkan bagi kita. Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan, mulai dari peningkatan saham/ modal, lalu bisa menuangkan sebuah ide baru untuk menciptakan produk dan jasa baru, atau meningkatkan kualitas produk jasa kita. Selain itu, kita akan mendapat banyak wawasan dari orang lain yang bermanfaat bagi kelanjutan bisnis kita kedepannya.

7. Belajar Dari Pesaing

Mungkin kita sering melihat iklan di Televisi, sebuah produk yang melakukan “plagiat” dari produk lain yang sudah ada sebelumnya. Sebenarnya itu tidak bisa disalahkan sepenuhnya. Mengapa? Karena mereka para pebisnis melakukan pengamatan kepada pesaing bisnis mereka, dan mengambil pelajaran dari sana.

Dengan demikian, mereka bisa memperbaiki produk mereka dan mengembangkan apa kekurangan dari produk mereka. Bahkan, ada juga yang sampai meniru keunggulan produk lain untuk ditanamkan kedalam produknya.

Artikel terkait: 5 Teknik Mengintip Pergerakan Kompetitor Bisnis Anda

8. Perencanaan Jangka Panjang

Tanpa adanya pesaing, kebanyakan perusahaan tersesat dalam rutinitas sehari-hari dalam menjalankan bisnis mereka. Dengan adanya persaingan, membuat para pebisnis akan terus berpikir untuk menjaga bisnisnya agar tidak jatuh. Mereka bahkan akan selalu melakukan perencanaan jangka panjang dari produk atau jasa mereka, mulai dari pengembangan dari kekurangan produk atau jasa mereka, inovasi terbaru, dan lain-lain.

9. Mengembangkan Kesadaran Diri

Dengan adanya persaingan, akan membuat kita sadar akan kekurangan dan keunggulan dari bisnis kita. Dengan adanya kesadaran ini, akan membuat kita berusaha untuk menutupi kekurangan di bisnis kita atau mungkin malah menambah keunggulan dari produk di bisnis kita tersebut.

Baca juga: 5 Poin Pentingnya Diferensiasi Produk Dalam Ketatnya Persaingan Pasar

10. Tidak Mudah Puas

Jika tidak ada pesaing, maka kita pasti merasa cepat puas akan produk atau jasa kita yang digunakan oleh masyarakat. Tetapi dengan adanya persaingan, walau kita berada di urutan nomer satu, tetap membuat kita merasa tidak cepat berpuas diri. Kita akan selalu ‘iri’ dengan produk orang lain yang selalu ada saja inovasi terbarunya. Dan kita bisa jadikan rasa ketidak puasan pada produk kita itu sebagai pemacu untuk terus melakukan improvisasi pada produk dan jasa yang kita tawarkan.

Memang benar dalam persaingan ada yang unggul dan ada pula yang tertinggal, tetapi dengan persaingan akan membuat kita semakin terpacu dan terus berkembang untuk membuat sebuah produk atau jasa unggulan. Semoga artikel ini bermanfaat.

5 KOMENTAR

  1. Terimakasih informasi yang telah di share, memang agak susah untuk belajar merintis bisnis beberapa yang ada di atas telah saya coba. Akan saya coba semua tips dan trik yang anda berikan semoga melancarkan rezeqy saya, Semoga banyak orang yang mengunjungi website anda agar banyak orang yang sukses berbisnis

  2. Terima kasih artikelnya Mas Max, semoga bermanfaat untuk membangun bisnis yang sedang Saya geluti yaitu bisnis online obat herbal obatherbal.website. Artikel yang ditulis ini cocok dengan apa yang banyak dikatan oleh para interpreneur bisnis.

  3. sangat menginspirasi om max buat saya pemula yang baru belajar bisnis

  4. makasih banget ya om admin.. info nya nanti coba saya praktekkan

    • Randy Henryanto

      oke gan, semoga berhasil

Tinggalkan Balasan