Nightspade ~ Developer Game dengan Segudang Prestasi Asal Tanah Pasundan

Indonesia memiliki banyak sekali potensi di dunia teknologi. Sebut saja pertumbuhan industri #game di Indonesia mengalami pertumbuhan sangat pesat sekali.

Saat ini Indonesia bukan hanya sebagai pengguna game saja, namun sudah memasuki sebagai pihak yang membuat game. Meski belum sebesar seperti Korea dan Jepang, namun perlahan tapi pasti industri game tanah air terus mendongkrak naik.

Bandung sebagai salah satu kota yang memiliki potensi di industri game yang cukup menjanjikan. Berbagai #komunitas yang ada di kota Bandung sangat mudah sekali berkembang, dan hal tersebutlah yang mendorong industri kreatif semacam industri game ini dapat tumbuh subur di Bandung.

Infrastruktur dan wadah untuk mencari ilmu tentang #teknologi pun cukup banyak di Bandung. Sebut saja Institut Teknologi Bandung, yang menjadi salah satu perguruan tinggi yang telah banyak melahirkan jenius – jenius di bidang teknologi.  Salah satu lulusannya yang telah sukses merintis industri kreatif di ranah game ialah Nightspade, yang sudah dirintis semenjak masa kuliah mereka.

Artikel lain: 8 Startup Developer Game Smartphone Tersukses Di Indonesia

Sekilas Mengenai Nightspade

Nightspade adalah sebuah Studio Game Development yang terletak di “Kota Kembang” Bandung. Nightspade memiliki fokus untuk mengembangkan game – game untuk platform mobile. Nightspade bercita-cita untuk memberikan kebahagiaan melalui sebuah permainan dan akan terus melakukannya selama berabad-abad yang akan datang.

Nightspade didirikan oleh empat lulusan dari Institut Teknologi Bandung, yang telah mereka rintis dari masa kuliah. Keempat pemuda itu adalah Inas Luthfi, Garibaldy W. Mukti, Teddy Pandu Wirawan, dan Dody Dharma.

Nightspade tercipta berawal dari tugas kuliah mereka. Mereka berempat memulai debutnya dalam industri game bermula dari kompetisi ITB Digital Media Festival yang diselenggarakan pada tahun 2009. Dan dalam kompetisi itu mereka berhasil menjadi pemenang untuk kategori game dan sempat masuk dalam sebuah koran.

Kemenangan yang meraka dapatkan pada saat itu berbarengan dengan program inkubator digital I2TB (Inkubasi Inovasi Telematika Bandung), pada saat itu mereka menerima undangan untuk ikut ambil bagian untuk menjadi tenant. Di inkubator tersebut keempat anak muda itu bercerita bahwa di sana ,mereka diajarkan bagaimana mengembangkan karya mereka dan bagaimana mengembangkan sebuah perusahaan rintisan.

Sebelum mengikuti program inkubator para pendiri Nightspade tersebut banyak membuat program, namun setelah mengikuti program tersebut mereka mulai fokus hanya mengembangkan program interaktif saja. Sampai pada tahun 2010 mereka lulus, akhirnya mereka memutuskan untuk fokus terjun ke industri game.




Beberapa Game Buatan NightSpade

Game yang sudah diproduksi oleh nightspade diantaranya adalah Animal Pirates, Nuclear Outrun, Give a Dam, Stack The Stuff – Xmas, Stack The Stuff, Mad Warrior, Don Gravity, serta masih banyak lagi game – game yang akan segera diterbitkan nantinya.

Nuclear Outrun – Salah satu game besutan NightSpade

Awal Perjalanan Nightspade

Setelah memutuskan untuk fokus di industri game, mereka berempat banyak menyabet penghargaan dari berbagai kompetisi.  Di tahun 2011, mereka berhasil meraih kemenangan di event INAICTA untuk kategori game. Dan di tahun itu pula Nightspade yang baru berjalan mendapatkan pendaan pertamanya dari East Venture.

Perlu diketahui bahwa Nighspade adalah developer game yang berhasil pertama kali masuk ke App Store dari Indonesia. Hal tersebutlah yanng mungkin menarik investor dari East Venture menaruh dananya pada NightSpade. Pihak EV secara langsung menawarkan pendanaan kepada keempat pemuda itu untuk mengembangkan game buatan mereka.

Bukan hanya INAICTA 2011, Nightspade berhasil menyabet kembali kemenangan di ajang yang sama pada tahun 2013, Sparx Up 2011, dan juga berhasil pada event APICTA  tahun 2011. Atas berbagai keberhasilan yang mereka peroleh, Nightspade saat ini tengah menjalin kerja sama dengan sebuah penerbit game DeNa yang telah bekerja sama dengan Nintendo.

Dengan terjalinnya kerjasama ini NightSpade berharap mereka bisa mendapatkan banyak pelajaran lebih jauh mengenai industri game, bagaimana mengembangkannya dan bagaimana cara memasarkan game mereka nantinya.

Dengan kerja samaa ini NightSpade mendapatkan banyak keuntungan, mereka tidak perlu susah payah untuk memasarkan game buatan mereka, karena DeNa sebagai penerbit game akan membantu mereka untuk mempublikasi dan membantu mereka untuk menjual game buatan mereka. Kemampuan sebagai publisher seperti yang DeNa miliki adalah ilmu yang tdak diajarkan kepada kami di masa kuliah dulu, maka dari itu para publisher sangat dibutuhkan untuk para game developer seperti kami.

Baca juga: Luminov, Startup Game Indonesia yg Peduli Pendidikan Anak

Untuk kedepannya Nightspade akan terus melakukan kerja sama dengan berbagai publisher game lain untuk mengembangkan pangsa pasar, sementara mereka fokus untuk mengembangkan game – game yang jauh lebih menarik dan tentunya menyenangkan.

Semoga kiprah NightSpade di ranah per-game-an tanah air dapat memberikan sebuah inspirasi bagi para pemuda – pemuda Indonesia untuk lebih semangat lagi mengembangkan berbagai karya mereka kepada dunia.  Jangan hanya jadi pengguna saja namun sudah saatnya Anda ikut berpartisipasi untuk berbuat sesuatu lebih, dari pada hanya diam saja menikmati yang sudah ada.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud