8 Startup Developer Game Smartphone Tersukses Di Indonesia

Image dari multivu.com

Image dari multivu.com

Kalangan masyarakat menengah ke atas di Indonesia pasti sudah tak asing lagi dengan penggunaan smartphone. Dimana saja dan kapan saja, para pengguna smartphone tampak asyik dan sibuk menjelajahi fitur canggih pada smartphone nya. Salah satu aktivitas seru yang dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone adalah mengunduh dan memainkan game.

Kini bagi Anda yang hoby bermain game, ribuan pilihan game dari berbagai developer di seluruh dunia dapat diunduh secara gratis melalui smartphone. Anda yang menggunakan perangkat dengan sistem operasi #Android bisa mendowload game berbagai genre di Google Play Store dan bagi pengguna smartphone bertenaga #iOS bisa dengan mudah mendapatkan game kesukaan via Itunes Apple.

Tapi tahukah anda kalau ternyata Indonesia juga punya beberapa developer game yang karyanya berkualitas, original dan patut mendapat apresiasi? Berikut ini kami sajikan informasi mengenai beberapa startup developer game asli Indonesia yang bisa dikatakan cukup sukses menjalankan karyanya.

Artikel lain: SiJuki.com – Startup Bisnis Komik Digital

1. Alegrium (www.alegrium.com)

Developer game yang satu ini didirikan pada tahun 2011 dan berbasis di Jakarta. Salah satu prestasi membanggakan yang telah ditorehkan Alegrium adalah membuat game yang sukses diunduh dan dimainkan oleh 15 juta pengguna smartphone di dunia. Salah satu game andalan Alegrium adalah seri Icon Pop yang terkenal dan dapat diunduh melalui platform Android di sini dan iOS di sini secara gratis.




2. Kidalang (kidalang.com)

Sesuai dengan pemilihan namanya yang unik, Kidalang mencoba menyajikan konsep alur cerita ala “dalang” pada game yang dikembangkan.Startup yang satu ini telah berhasil meluncurkan dua game bergenre RPG-Science Fiction, yakni Sage Fusion dan Sage Fusion 2. Sage Fusion 2 berhasil meraih prestasi yang membanggakan sebagai pemenang kategori game RPG terbaik pada ajang Tizen App Challenge.

3. Maximize Games (www.maximizegames.com)

Maximize Games tak hanya berkecimpung dalam dunia game untuk smartphone. Bersama dengan Big Fish Games (www.bigfishgames.com)  (sebagai publisher), tim developer game yang satu ini sering mengembangkan game PC bergenre edukasi dan puzzle.

Artikel lain: Jomblo.com ~ Startup Bisnis Yang Unik Khusus Kaum Jomblo

4. Menara Games (www.menaragames.com)

Menara Games merupakan developer mobile game pertama di Indonesia. Didirikan tahun 2005, hingga saat ini Menara Games tetap konsisten menciptakan sejumlah game PC dan smartphone yang kerap kali menduduki posisi top chart untuk genre casual dan RPG. Salah satu karya andalannya yang keren dan patut diunduh secara gratis melalui Android dan iOs adalah Ninja Fishing.

5. Own Games (www.own-games.com)

Bila kebanyakan developer game Indonesia berfokus pada platform Android dan iOs, lain halnya dengan startup yang satu ini. Karya-karya Own Games mayoritas dikembangkan untuk Nokia Asha dan platform Windows Phone. Hingga April 2014 ini setidaknya Own Games telah berhasil mengembangkan 10 games yang sudah diunduh lebih dari 3,9 juta kali oleh para pengguna smartphone berbasis Windows. Salah satu game andalan developer yang satu ini adalah Eyes on Dragon, dengan maskot berupa naga kuning kecil yang menggemaskan.




6. Tinker Games (www.tinkerworlds.com)

Bandung sepertinya menjadi surga bagi para developer game untuk mengembangkan inspirasi pembuatan game. Hal ini dibuktikan pula oleh prestasi Tinker Games, startup asal Bandung yang menangani pembuatan game untuk beragam platform seperti Android, iOs, Windows Phone dan Nokia Asha. Salah satu proyek besar Tinker Games adalah game petualangan berkonsep  shooter dengan kebutuhan kapasitas memori mencapai 400 mb yang diberi nama Inheritage. Game ini mengetengahkan beragam unsur kebudayaan Indonesia dalam alur ceritanya.

7. Toge Productions (www.togeproductions.com)

Namanya unik dan terkesan asal-asalan, itulah Toge Production. Namun rupanya karya-karya yang dihasilkan Toge Production tidak se-nyeleneh namanya. Toge Production berhasil mengembangkan game bertajuk Infectonator yang telah diunduh oleh lebih dari 159 juta pengguna smartphone di seluruh penjuru dunia.

Kemenangan yang diraih Toge Production dalam sejumlah ajang menjadi motivasi bagi startup ini untuk mengembangkan beragam game yang lebih canggih lagi sesuai dengan selera pasar. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2007 ini berbasis di Jakarta dan tengah mengembangkan mobile game lain untuk melengkapi seri Zombi-Infectonator yang sukses di pasaran.

8. Touchten Games (Touchten.com)

Touchten Games merupakan satu-satunya developer game Indonesia yang berhasil menduduki seri B untuk kategori perputaran pembiayaan. Berbasis di Jakarta, Touchten Games berhasil mengembangkan sejumlah game yang menjadi hits di pasar internasional, seperti Train Legend, Ramen Chain dan infinite Sky.

Ramen Chain adalah salah satu game andalan Touchten Games dengan genre time management. Kesempurnaan grafis dan alur cerita membuat game ini digila-gilai oleh para pengguna smartphone. Saat ini Touchten Games juga sedang mengembangkan own publishing paltform, agar dapat menerbitkan beragam games-nya secara mandiri.

Baca juga: Apa Itu Startup? Bgmn Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia?

Demikianlah ulasan mengenai beberapa developer game di Indonesia. Keberadaan karya asli anak bangsa tersebut hendaknya menjadi motivasi bagi anak muda lainnya untuk senantiasa menghasilkan karya original yang berkualitas.

Tag: #Startups



4 total comments on this postSubmit yours
  1. Kalau mau bekerja di industri game, prospeknya meragukan. Developer game di Indonesia belum begitu berkembang dan yang dikembangkan kebanyakan mobile games.

  2. Saya pribadi ga suka game…
    tapi dengan tumbuhnya banyak developer di indonesia saya turut mendoakan semoga sukses.

  3. Thanx sharenya gan ternyata masih banyak ya developer2 yang sukses ane taunya touchten aj sih gan…

  4. wah baru tahu ternyata Indonesia punya develop game sendiri
    harus di coba nih..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud