Musim Hujan Datang, Inilah 4 Hal yang Perlu Diwaspadai Saat Ngeblog

tips blogging di musim hujan

Image dari Alphacoders.com

Musim penghujan di Indonesia memang telah tiba. Setelah beberapa lama mengalami kekeringan karena musim kemarau, kali ini nusantara sedang dilanda derasnya hujan hampir di sepanjang hari. Dan seperti menghadapi musim kemarau, dalam musim penghujan ini seseorang juga membutuhkan beberapa persiapan dan kesiapan.

Begitu pula dengan para blogger, dalam menghadapi musim hujan mereka harus melakukan beberapa persiapan dan pencegahan. Mengapa demikian? Musim hujan yang selain membawa kebermanfaatan, ia ternyata juga memiliki beberapa hal yang perlu diwasapadai. Air yang turun begitu derasnya dan kadang kala disertai dengan petir tentu saja akan membawa sedikit banyak dampak.

Dari dampak ini bila Anda tak mampu mengantisipasinya bisa jadi Anda akan terkena sebuah kerugian yang amat besar. Lalu apa saja bentuk persiapan dan kewaspadaan yang perlu diperhatikan oleh seorang #blogger ini ketika musim penghujan? Berikut ulasannya.

1. Kebocoran Rumah

Hal pertama yang perlu diwaspadai seorang blogger ketika musim penghujan adalah kebocoran rumah. Aktivitas ngeblog yang seringkali berlangsung di rumah yang bisa jadi muncul kebocoran di beberapa sudut ruangan harus membuat Anda waspada pada efek kebocoran tersebut. Mengapa demikian? Sebab dari kebocoran rumah tadi, bisa saja tetesan air atau rembesannya yang menuju ke laptop bisa membuat kerusakana pada laptop atau komputer Anda.

Jika perangkat berbasis listrik ini terkena air memang dampaknya sangat berbahaya. Bukan hanya akan membuat kerusakan, namun kemungkinan perangkat akan mengalami mati total juga bisa terjadi. Maka dari itu untuk mencegah terjadinya ancaman buruk ini Anda mau tak mau harus meneliti dengan lebih cermat setiap ruangan rumah yang kemungkinan terjadi kebocoran atau perembesan air hujan.

Artikel lain: 4 Alasan Mengapa Kegiatan Blogging Tepat Untuk Para Introvert

2. Pemadaman Listrik

Pemadaman listik yang dilakukan oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara) memang akan lebih sering terjadi pada musim penghujan. Hal ini dikarenakan pada musim hujan yang kadangkala disertai dengan petir dan angin akan membuat PLN akan melakukan pemadaman serentak atau bergilir.

Terutama saat hujan yang disertai petir yang besar maka memang bisa jadi akan membuat beberapa gardu listrik PLN mengalami kerusakan. Nah dari sinilah seringkali membuat PLN melakukan pemadaman listrik untuk memperbaiki gardu tersebut. Ada kalanya PLN juga melakukan pemadaman listrik ketika diminta oleh Basarnas (Badan SAR Nasional) untuk melakukan evakuasi bencana  alam.

Nah saat seringkali terjadi pemadaman listrik inilah, kegiatan blogger akan terganggu. Beberapa kegiatan terutama posting artikel sangat mungkin akan terganggu dan membuat blogger kewalahan. Untuk itulah Anda sebagai blogger harus mampu mengatasi hal ini dengan beberapa cara seperti menyiapkan perangkat penyimpan daya yang cukup atau dengan membuat cadangan artikel untuk postingan blog.

3. Efek Berbahaya Petir

Di Indonesia, ketika masuk musim penghujan maka akan seringkali dibarengi dengan munculnya fenomena petir. Umumnya petir ini muncul ketika ada hujan deras. Dan saat terjadi hujan deras yang disertai petir ini maka Anda memang harus ekstra waspada. Selain terjadi pemadaman listrik, efek petir ini secara langsung akan membuat efek buruk bagi laptop atau modem Anda.




Petir yang bisa mencapai kekuatan 200.000 Ampere ini memang bukan hanya akan menyebabkan kerusakan bangunan, kebakaran ataupun kematian, tapi hal ini bisa berpengaruh pada arus listrik yang kemudian dapat berpengaruh pada laptop atau komputer Anda. Karena efek petir ini yang begitu berbahaya maka Anda perlu waspada dengan cara menghindari tempat yang beresiko terkena petir salah satunya posisi yang dekat dengan kontak listrik.

Antena modem atau wifi juga rentan terkena kerusakan saat terjadi hujan deras yang disertai petir ini. Maka ketika terjadi hujan deras dan petir ini maka sebaiknya Anda mematikan modem Anda untuk menghindari kerusakan modem atau wifi.

Baca juga: 5 Tips Tingkatkan Konsentrasi Menulis Seorang Blogger

4. Kondisi Lingkungan Sekitar

Terakhir, hal yang perlu diwaspadai saat ngeblog saat musim hujan adalah kondisi lingkungan sekitar. Aktivitas ngeblog yang bisa jadi dilakukan oleh seorang blogger di beberapa tempat atau lokasi memang harus menjadikan Anda memperhatikan lingkungan sekitar.

Mengapa? Karena bisa jadi lokasi yang sedang Anda jadikan tempat ngeblog mengalami kebocoran, perembesan atau malah kebanjiran yang bisa membahayakan laptop Anda. Maka dari itu jika Anda sedang ngeblog di suatu tempat dan terjadi hujan deras jangan merasa tenang-tenang saja, Anda harus memperhatikan kondisi sekitar Anda.



4 total comments on this postSubmit yours
  1. Yang paling saya waspadai saat musim hujan seperti ini adalah petir. Selain suaranya yang bikin kaget, juga bahayanya. Mau nggak mau harus berhenti sementara dulu untuk bloggingnya sampai hujan sama petirnya udah berhenti. Kalau yang punya uang banyak, pasang saja anti petir atau penangkal petir, biar lebih aman saja. Salam sukses

  2. Trima kasih mas tipsnya, sangat bermanfaat bagi blogger semua. semoga makin sukses…

  3. keren tipsnya, menurut saya yang paling berbahaya itu pemadaman listrik, router mati, laptop mati, handphone habis baterai, lengkap sudah. Akhirnya tidur deh..

  4. petir yang paling serem mas. Apalagi saya masih pake Bolt, di daerah saya tergantung cuaca. Biasanya langsung No service.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud