4 Alasan Mengapa Kegiatan Blogging Tepat Untuk Para Introvert

Image dari Jonathoncolman.org

Image dari Jonathoncolman.org

Menjadi pribadi dengan kecenderungan introvert bukan merupakan pilihan. Bahkan tak sedikit dari kita yang menjadi introvert karena beberapa alasan seperti pengalaman serta perilaku buruk yang pernah diterima di masa lalu. Namun apa menjadi introvert lantas akhir dari hidup kita?

Introvert bisa diartikan sebagai kecenderungan menutup diri dan sulit untuk mengungkapkan sesuatu dengan gamplang kepada orang lain. Jangankan berkata, bagi sebagian introvert bahkan berada di keramaian orang saja sudah menjadi layaknya neraka. Padahal jika kita bisa lebih mendengar dan mengerti sebenarnya mereka juga mempunyai sisi di mana ingin berbagai pendapat, pandangan, cerita dan banyak hal lain pada dunia.

Beruntunglah di era teknologi informasi yang sudah semakin maju, kita semua bisa lebih mudah mengekresikan diri dan pemikiran, salah satunya lewat kegiatan #blogging. Dan nyatanya blogging juga menjadi alternatif sempurna sebagai media bagi para introvert mengembangkan dirinya. Karena dengan blogging, tanpa tatap muka sekalipun kita tetap bisa menyampaikan banyak hal lewat tulisan atau karya kita yang lain.

Artikel lain: Panduan Belajar Blogging Untuk Pemula, Tips Membangun Blog

Berikut ini beberapa alasan utama yang mendukung mengapa kegiatan blogging bisa menjadi sarana yang tepat untuk para introvert. Semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi.

1. Kesempatan Membagi Pemikiran Dengan Bebas

Sebagai seorang introvert, menghadapi lingkungan sosial mungkin layaknya momok yang selalu ingin dihindari. Meskipun kita sebenarnya mempunyai pemikiran tentang apa yang terjadi serta banyak hal lain, namun para introvert hanya bisa diam membisu memilih menyimpan pemikiran tersebut untuk mereka sendiri.

Namun disadari atau tidak bahwa sebenarnya banyak ide cemerlang yang sebenarnya terpendam dalam otak kita. Dan dengan blogging, kita bisa mengeluarkan ide dan pemikiran tersebut tanpa harus terbeban dengan tekanan sosial. Kita bisa dengan bebas menyuarakan pendapat, bahkan secara tidak langsung juga melatih untuk semakin terbuka dengan orang lain.

2. Menjadi Ajang Menunjukkan Bakat

Kita harus bersyukur dengan perkembangan teknologi lewat adanya jaringan #internet. Dengan internet manusia bisa berkomunikasi dengan lebih mudah tanpa batasan jarak. Dan ini mejadi potensi besar bagi para introvert untuk ambil bagian di dalamnya.

Saya sangat yakin bahwa setiap manusia mempunyai kelebihan dalam dirinya. Permasalahannya adalah apakah kita bisa menyadari apa bakat dan kelebihan kita tersebut. Serta apakah kita berani menggali potensi itu ke dalam wujud yang lebih nyata.

Demikian juga dengan mereka yang merasakan sindrom anti-sosial, tentu mempunyai bakat yang bisa di sharing dengan banyak orang. Dan tak jarang kelebihan tersebut bisa membantu, menginspirasi bahkan merubah hidup orang lain ke arah yang lebih baik. Di sini aktifitas blogging adalah pilihan yang sempurna. Lewat media online tersebut kita bisa mulai membagikan bakat atau keahlian, dan mulai ikut merubah dunia dengan apa yang kita bisa.




3. Membangun Pertemanan

Dalam dunia blogging kita juga sering mendengar banyak berdiri #komunitas khusus yang menjadi payung para blogger. Inilah alasan berikutnya mengapa para introvert wajib mencoba blogging sebagai sarana akutualisasi diri.

Jika kita menjadi anggota di salah satu komunitas online, kita bisa menjalin pertemanan dengan banyak orang bahkan tidak menutup kemungkinan sahabat baru dari berbagai penjuru dunia. Namun pada dasarnya ini bukan berarti kita akan melupakan arti menjalin persahatan secara nyata (dalam kehidupan sosial). Karena pada akhirnya nanti tujuan utama kita tetap untuk membangun mental dan melatih kita lebih berani bersosial.

Selain itu, jika mengikuti komunitas #blogger lokal, terkadang ada juga acara gathering atau kopdar yang menjadi ajang pertemuan anggota secara offline. Dengan basis pertemanan online yang sudah kita bina dengan baik, perlahan tentu kita bisa lebih nyaman dengan anggota komunitas ketika bertemu secara langsung.

4. Menata Mental dan Merubah Mindset

Ini menjadi alasan pokok yang mendasari mengapa para introvert harus mencoba kegiatan blogging.  Ketakutan akan dunia sosial dan mind set bahwa dunia luar itu berbahaya mungkin menjadi alasan utama seorang menjadi introvert. Selain itu kita secara tidak langsung akan membuat zona nyaman dengan tidak berkomunikasi dengan orang lain.

Inilah yang perlahan akan diubah dengan kita menjalankan blogging. Memang tidak ada yang instan, semua butuh proses dan waktu yang tidak sebentar. Namun jika kita mau mencoba mulai berkomunikasi secara online lewat pertemanan atau komunitas, perlahand mental dan keberanian tersebut akan muncul dengan sendirinya.

Baca juga: Hampir Buta Total, Blogger Inspiratif Ini Masih Mampu Kantongi $ 15.000 per Bulan!

Sebagai saran dari penulis, langkah yang bisa dilakukan pertama dengan menjadi pertemanan seperti biasanya. Lalu bisa saling membalas komentar di blog atau berkomunikasi lewat media sosial. Tahap berikutnya jika kita sudah mulai mengenal dengan baik, kita bisa mencoba fasilitas #video call yang bisa melatih untuk bertatap muka dengan orang lain. Dan sebagai penyempurna, kopi darat bersama komunitas bisa menjadi tempat kita mulai merubah karakter introvert kita.

Namun tentu saja kita tidak boleh sembarangan memilih teman di dunia maya. Kita harus pastikan bahwa sahabat kita benar-benar orang yang baik dengan melihat track record serta jalinan pertemanan sesama blogger lain.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Bener juga ya…jika seseorang sulit bergaul dengan orang2 secara langsung, kan bisa melalui email, atau blogging.

    Ide yang bagus

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud