Menyongsong Tahun Baru, Inilah Beberapa Resolusi Positif Dalam Media Sosial yang Patut Anda Terapkan

resolusi positif dalam media sosial

Image dari Comicalconcept.com

Tak terasa tahun 2015 akan segera berganti, tentu sebagai manusia kita mempunyai banyak cerita, pengalaman, keluh kesah, harapan dan banyak hal lain yang terjadi selama satu tahun belakangan. Dari semua hal tersebut, membuat sebuah resolusi bisa menjadi langkah terbaik untuk mempersiapkan diri menjelang tahun baru nanti.

Demikian pula dengan aktivitas kita di #media sosial. Ketika asik bersosial via media online, sudah barang tentu kita menemukan banyak sekali hal-hal yang dirasa buruk atau harus diubah. Untuk itu kita perlu membuat sebuah resolusi terkait kegiatan menggunakan media sosial.

Dalam artikel kali ini akan kita bahas beberapa bentuk resolusi positif dalam media sosial yang bisa kita terapkan pada diri kita sendiri agar di tahun mendatang bisa berjalan lebih baik. Berikut ulasannya.

1. Menjadi Lebih Jujur

Dalam kegiatan menggunakan media sosial sehari-hari acap kali ditemukan banyak tindakan yang sebenarnya mengandung kebohongan. Yang lebih parah terkadang hal tersebut tidak kita sadari tetapi terus kita jalankan.

Sebagai contoh yakni memposting foto profil yang bukan diri kita sendiri atau kita me-mention orang lain yang tidak kita kenal namun seakan-akan kita mengenalnya. Contoh kepalsuan lain yakni seperti memposting status dari kegiatan yang sebenarnya tidak kita lakukan, seperti sedang liburan tapi sebenarnya kita sedang di rumah. Bisa juga bentuk posting lain dalam hal kondisi yang sebenarnya tidak kita alami.

Artikel lain: Tinggalkan Media Sosial Sementara dan Dapatkan Kenyamanan Ini

Resolusi positif yang kita bisa lakukan yakni mulai menghentikan kebiasaan seperti itu dan menyampaikan secara terus terang tentang kondisi kita. Dengan melakukan hal seperti ini sebenarnya orang lain juga akan lebih respect dan tidak segan untuk berhubungan secara online dengan anda.

2. Lebih Berhati-Hati Ketika Membagikan Sesuatu

Resolusi positif dalam kegiatan bermedia sosial yang kedua adalah dengan lebih berhati-hati ketika kita akan membagikan sebuah konten via media sosial. Seperti diketahui saat ini isu tentang kejahatan digital seperti penipuan, berita bohong (hoax) hingga penyebaran virus digital semakin merebak dari hari ke hari. Dengan metode yang semakin canggih para pelaku kejahatan digital ini mempunyai 1001 Cara yang dapat merugikan para korbannya.

Oleh karena itu dengan meningkatkan kewaspadaan ketika akan membagikan sebuah konten, bisa menjadi gerbang awal untuk melindungi diri kita sendiri dan tentunya pengguna lain yang terhubung lewat media sosial.

Untuk sebuah konten yang berisi tentang informasi atau berita terkini, akan lebih baik jika kita memeriksa terlebih dahulu keakuratan berita atau informasi tersebut. Jangan sampai ketika kita sudah men-share konten tersebut, ternyata apa yang terkandung di dalamnya adalah berita yang tidak tepat. Bisa-bisa justru kita yang akan mendapat dampak buruk dari berita-berita tidak tepat yang kita share tadi.




3. Kurangi Mengeluh

Dalam kegiatan di media sosial seringkali kita mengeluarkan kata-kata bernada negatif atau sebuah keluhan. Motif seseorang melakukan hal seperti ini bisa sangat beragam. Mulai dari hanya ingin eksis hingga memang sedang dirundung sebuah masalah besar. Namun faktanya membagikan kata-kata bernada negatif tersebut sangat jarang bahkan tidak akan memberikan feedback positif bagi diri kita.

Resolusi positif yang bisa kita lakukan adalah mulai menghentikan kebiasaan tersebut. Pada dasarnya manusia diberikan pilihan untuk berkembang menjadi lebih baik. Dan dengan membagikan kata-kata positif sebenarnya kita juga memberikan dorongan bagi diri kita sendiri untuk menjadi lebih baik.

Mulailah dari hal-hal yang sederhana seperti tidak menulis status keluhan. Untuk mereka yang sudah terbiasa melakukanya mungkin akan sedikit sulit. Namun jika kita terus mencoba dan mengubah dengan lebih banyak membagikan kata-kata positif, niscaya hal tersebut akan lebih mudah dijalankan.

Baca juga: Ini Tanda Seseorang Menderita Facebook Addiction Disorder, Waspadalah!

4. Jangan Terpaku Pada Angka

Dan resolusi positif bermedia sosial yang terakhir adalah untuk tidak terpaku pada angka. Apa yang dimaksud dengan anda di sini? Yakni contohnya jumlah followers, jumlah like, atau jumlah-jumlah lain yang berhubungan dengan akun media sosial kita.

Media sosial merupakan sebuah jaringan pertemanan yang sebenarnya bersifat maya. Dan dalam hal ini jumlah teman tidaklah menentukan seseorang bisa menjalin pertemanan dengan baik atau tidak di ranah media sosial. Akan lebih baik jika kita fokus pada bagaimana kita berkomunikasi dengan baik dan memberi manfaat bagi diri kita sendiri serta orang lain.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. mudah – mudahan tahun depan memberikan hasil yang lebih baik dari tahun ini

  2. di tahun baru harus dapet jodoh baru hehe

  3. wah memang memasuki tahun baru mesti melakukan inovasi dalam meningkatkan bisnis online,

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud