Menulis Artikel Blog Dengan Smartphone, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya Berikut Ini

Menulis Artikel Blog Dengan Smartphone, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya Berikut Ini

blogging dengan smartphone
Image dari Wpuniversity.com

Menulis atau memposting blog memang sebuah keharusan bagi setiap blogger. Blog memang butuh untuk diperbarui setiap harinya agar bisa terus mendapatkan trafik yang besar. Tanpa ada postingan maka trafik blog bisa menurun dan akan membuat nilai blog juga menurun. Maka dari itu menulis dan memposting blog adalah sebuah aktivitas rutin setiap hari yang harus dilakukan blogger agar blognya tetap eksis dan tujuan blogging bisa terwujud.

Tapi sayangnya untuk melakukan kegiatan menulis dan posting artikel ini banyak blogger terkendala dengan tempat dan waktu. Maka dari itu beberapa blogger kemudian membuat jalan keluar sendiri atas kendala dan permasalahan yang ada tersebut dengan cara memanfaatkan #smartphone atau ponsel pintar.

Dengan kecanggihan yang ada pada smartphone, menulis dan memposting artikel di blog memang bisa saja dilakukan. Namun dalam kegiatan menulis blog pada smartphone ada juga beberapa hal yang perlu Anda ketahui terutama adanya kelebihan dan kekurangannya. Berikut penjelasannya.

Kelebihan Menulis dan Memposting Artikel Blog dengan Smartphone

1. Bisa Tulis dan Posting dengan Fleksibilitas Tinggi 

Kelebihan pertama menulis dan memposting artikel blog via smartphone adalah bisa menulis dan memposting dimana saja dan kapan saja. Smartphone memang menawarkan fleksibilitas yang sangat tinggi. Bagaimana tidak, smartphone yang sangat ringan dan mobile ini menjadikan ponsel pintar akan bisa dibawa kemana-mana dan kapan saja. Entah itu di tempat umum seperti stasiun, terminal atau di kendaraan pun Anda bisa menulis dan memposting artikel blog.

Artikel lain: Pentingnya Posting Terjadwal Bagi Seorang Blogger Produktif

2. Tidak Perlu Ribet untuk Upload atau Edit Gambar

Pada smartphone umumnya sudah dilengkapi dengan kamera yang bisa dibilang canggih. Nah dari fitur kamera ini seorang #blogger akan dengan mudah untuk mengambil gambar dengan cepat untuk selanjutnya digunakan guna melengkapi tulisan. Lalu bagaimana dengan edit gambar sendiri, tentu saja ada sejumlah aplikasi yang bisa Anda unduh dan Anda manfaatkan untuk bisa mengedit gambar via smartphone.

3. Mudah untuk Mencari Jaringan dan Hotspot

Terakhir, kelebihan menulis dan memposting artikel blog via smartphone yaitu kemudahan untuk mencari jaringan dan hostspot. Ya, kadang kala jaringan internet yang kita butuhkan memang tidak stabil.

Maka saat ini terjadi dengan smartphone kita bisa berpindah dengan mudah menuju tempat dengan jaringan yang lebih kuat. Dan dengan smartphone ini Anda juga bisa mendapatkan jaringan hot spot dengan lebih mudah untuk mencari bahan referensi untuk tulisan.

Kekurangan Menulis dan Memposting Artikel Blog dengan Smartphone

1. Seringkali Terjadi Typo Saat Ngetik

Kekurangan atau kelemahan pertama menulis artikel blog dengan smartphone adalah seringnya terjadinya typo saat mengetik. Typo atau kesalahan tulis atau ketik memang akan sering terjadi pada perangkat ponsel pintar. Hal ini terjadi pada ponsel pintar karena pada perangkat ini keyboard yang ada sangat kecil untuk ditekan dengan jari-jari. Dari sinilah kemudian sering terjadi typo atau kesalahan ketik.

2. Tidak Bisa Edit Kode Html

Berikutnya, kekurangan menulis artikel blog dengan smartphone adalah tidak bisanya melakukan edit kode html. Dalam kegiatan menulis artikel blog memang terkadang kita membutuhkan beberapa kode html untuk bisa membuat postingan lebih bagus.

Sayangnya saat Anda menggunakan smartphone maka editing html akan sulit dilakukan. Meskipun smartphone Anda tergolong canggih tetap saja penggunaan kode html sulit untuk diterapkan. Editing html memang hanya cocok dan pas dilakukan lewat perangkat PC atau laptop.

Baca juga: Mau Memposting Blog Setiap Hari? Coba Lakukan 3 Cara Mudahnya Berikut Ini

3. Sulitnya untuk Mengendalikan Navigasi Halaman

Terakhir, kekurangan atau kelemahan menulis artikel blog dengan smartphone yaitu sulitnya untuk mengendalikan navigasi halaman. Ya saat menggunakan aplikasi blog via smartphone seorang blogger memang akan dituntut untuk mampu mengendalikan navigasi halaman dengan baik.

Nah saat Anda menggunakan ponsel pintar maka Anda akan diuji mental untuk memaksimalkan skill jari-jari dalam mengendalikan scroll kontrol halaman. Kesulitan dalam navigasi halaman blog dari perangkat smartphone ini tak jarang bisa membuat beberapa blogger putus asa dan menyerah.

10 KOMENTAR

  1. Benar sekali. Saya pribadi cukup kewalahan pas mau edit template di blogger. Ngehang langsung hape saya. :v Padahal pake google chrome. :3

  2. ane dh nyoba gan tapi sumpah ribet belum terbiasa

  3. Bner bgt gan..susah bner kndaliin navigasinya.aplgi buat newbie kyk ane.

  4. Saya lumayan sering ngedraf dan posting lewat ponsel, lebih enak dari pada harus di pc. Tapi emang susah ngatur penempatan spasi antar paragraf

  5. saya belum pernah blogging dari smartphone gan, hehehehe

  6. saya sudah mencoba menggunakan smarphone, tapi rasanya kurang optimal dan kurang sreg saja. tapi dari segi efiensi waktu memang sangat efektif, ketika ada ide bisa langsung tulis dan share.

  7. Semuanya ada kelebiihan dan ada kekurangan nya gan, tinggal kita memilih perangkat apa yang kita gunakan saat blogging dan itu semua tergantung kenyamanan sobat semua gimana nyamannya aja…

  8. Justru nulis artikel menggunakan smartphone adalah tantangan tersendiri bagi saya,malah lebih cepat dapat ide karena kita lebih fleksible terhadap tempat.

  9. Belum terbiasa kali ya, rasanya masih kurang nyaman mengetik membuat artikel panjang di smartphone, yang bikin malas sering typo, kalau saya.

Tinggalkan Balasan