Pentingnya Posting Terjadwal Bagi Seorang Blogger Produktif

posting terjadwal

Ketika kita memutuskan untuk membuat dan memiliki blog, harus ada komitmen yang kita jalankan untuk menjadi blogger yang produktif dan konsisten mengisi konten di blog. Kesibukan dan rutinitas kita seringkali membuat blog kita jadi terbengkalai dan tidak terurus. Padahal hal seperti ini harus diminimalkan supaya kita tetap kreatif dan produktif.

Mengembangkan blog bukan hanya bertujuan mencapai popularitas dan dikenal banyak orang. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita serius mengembangkan blog secara konsisten. Jadi, mengatur jadwal untuk mengisi blog dengan membuat posting terjadwal adalah hal yang penting untuk dijalankan mulai dari sekarang.

Mengapa Mengatur Jadwal itu Penting?

Mengatur jadwal sangat penting untuk menyisihkan waktu senggang kita setiap hari. Dalam sehari, kita pasti memiliki waktu senggang walaupun mungkin waktunya tidak tetap dan tidak banyak. Selanjutnya, mengisi blog tergantung dari niat kita untuk melakukannya secara rutin.

Jika kita sudah terbiasa untuk mewujudkan ide-ide menjadi suatu konten blog, maka tidak akan ada kesulitan dalam menginterpretasikan ide tersebut setiap hari. Akan selalu ada bahasan menarik yang bisa kita tuangkan dalam blog kita setiap hari.

Untuk inilah posting terjadwal bisa menjadi solusi jitu. Dengan membuat serangkaian posting terjadwal maka kita bisa tetap me-manage sembari melakukan kegiatan lainnya.




Artikel lain: Blogging Tanpa “Nyawa” ~ Kesalahan Dlm Pemasaran Online

Keuntungan Membuat Posting Terjadwal

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjadi blogger yang produktif. Salah satu indikator blogger yang produktif tentu saja mempunyai update konten yang terjaga dan terus diperbaharui.

Dengan membuat posting terjadwal, kita sudah selangkah lebih dekat dengan tujuan tersebut. Beberapa kiat ini tentu bermanfaat jika kita jalankan secara tekun dan teratur :

1. Kita bisa online dimana saja

Perkembangan perangkat dan #aplikasi mobile kini memudahkan kita untuk melakukan online dimana saja dan kapan saja. Jangan lupa untuk menyertakan aplikasi blog pada perangkat smartphone yang kita gunakan setiap hari.




Saat sedang mengantri di rumah sakit, sedang naik kendaraan umum atau sedang bersantai di rumah teman, kita bisa melakukan update blog, mulai mempersiapkan posting terjadwal hingga menggali ide dari banyak hal menarik pengalaman sehari-hari.

2. Mulai membuat perencanaan

Saat memiliki waktu senggang yang cukup panjang, manfaatkan waktu senggang tersebut untuk membuat perencanaan untuk posting terjadwal kita. Tuliskan setiap ide pokok yang akan kita kembangkan menjadi konten blog. Jangan lupa juga untuk mengumpulkan ilustrasi atau koleksi foto pribadi yang akan melengkapi konten-konten baru untuk blog.

Tidak ada salahnya untuk membuat beberapa konten blog di waktu senggang dan mem-posting-nya secara berkala untuk membuat kesan kalau blog tetap aktif secara teratur.

3. Berbagi link di media sosial

Berbagi link blog kita di #media sosial biasanya sukses memancing rasa ingin tahu dari para pengguna media sosial lainnya. Tuntutan untuk selalu menghadirkan konten-konten baru bisa membuat kita menjadi lebih bersemangat melakukan update blog secara berkala.

4. Waktu senggang juga bisa dimanfaatkan untuk blogwalking

Blogwalking atau kunjungan ke blog lainnya juga bisa dilakukan untuk mengisi waktu senggang. Kalau kita terbiasa mengunjungi blog-blog bagus yang memiliki reputasi populer, maka kita bisa memperoleh ide dan kreativitas baru untuk membuat blog seperti itu.

Bukan dengan tujuan plagiat, blog-blog yang populer dan dikenal banyak orang sekedar jadi inspirasi untuk menjadi blogger produktif yang kreatif.

Baca juga: 5 Keuntungan Menjadi Blogger di Era Pesatnya Komunikasi Digital Saat Ini

5. Jadwal otomatis melalui media sosial

Tidak hanya harus mengunggah konten-konten baru di blog, kita juga bisa mengunggah konten baru di media sosial dengan mudah. Saat ini banyak sekali aplikasi scheduling yang membantu kita untuk posting konten secara otomatis di media sosial pada waktu-waktu yang kita inginkan.

Salah satu aplikasi tersebut adalah CoSchedule. Aplikasi ini akan membantu dalam pembuatan posting terjadwal di media sosial kita.

Dengan demikian, saat sibuk pun kita tetap bisa melakukan update konten karena kita sudah menjadwalkan konten tersebut secara terencana. Memilih prime time di media sosial tentu jadi cara efektif untuk meraih perhatian para pengguna media sosial.

Terbukti kan kalau menjadi blogger yang aktif dan produktif tidaklah sulit. Mengumpulkan niat dan terbiasa menerjemahkan ide-ide sederhana rupanya jadi cara efektif bagi seorang blogger untuk mempertahankan produktivitas. Siapkan waktu senggang secara cermat untuk mewujudkan ide-ide keren yang selama ini belum sempat dijalankan.

Have a great #blogging experience !



7 total comments on this postSubmit yours
  1. Posting terjadwal membuat blog kita tetap eksis dan berkembang… klo kita sudah terjun di dunia perbloggingan memang harus sering2 posting artkel… karena memang itu aturannnya

  2. semoga bisa terus rutin 1-2x sehari buat artikel amin

  3. makasih info nya , semua artikel di maxmanroe sangat membantu sekali

  4. Wah bagus nih artikelnya om. Buat tambahan ilmu.hehehe.
    Klo saya make jadwal yang sudah di sediakan blogger. Pastinya banyak yg sudah tau.
    Misalkan seperti ini, awal bangun pagi, tentunya saya sudah ada kegiatan yaitu kerja. Nah di saat senggang saya berusaha membuat artikel dengan membaca berbagai referensi sesuai mut yang saya mau. Misalkan sy mau buat artikel kesehatan.yah sy mencoba kunjungi beberapa blog yg membahas kesehatan. Barulah saya mencoba merangkai kata sendiri namun memiliki kualitas yang tidak kalah dengan blog kesehatan lainya. Alias make gaya bahasa sendiri.
    Sy memiliki target sehari itu minimal 5 postingan di blog. Maka dari itu saya tetapkan sampai jam 10 malam sy sudah kelar dengan kelima postingan tersebut. Tentunya ada yg bertanya? Berarti bawa” laptop dong. Hahah. Ya engaklah. Kan ada aplikasi blogger yg bisa di download. Jadi ketika jam 10 menjelang mau bobo dengan istri. Sy mencoba update artikel tersebut lewat laptop yg tadinya sudah di draft.jadi tinggal publish saja. Nah agar tidak terlihat terlalu cepat mempublish.maka sy jadwalkan.setiap dua jam sekali.make publish otomatis yg di sediakan di blogger.
    Saya mau target puluhan ribu artikel dalam setahun kedepan di blog saya.
    Blog saya memang masi baru.dan sengaja membuat baru.karena blog yg lama terindikasi kopas. Males liatnya. Meskipun sudh punya trafik tinggi. Tapi gk ngenakin alias gk puas.

    Satu pesan dari saya yg newbie ini. Jangan menabung blog hasil copas. Nanti nyesel lho. Takutnya nanti pas punya trafik tinggi. Di depak emaknya google. Kan kasian udh capek”.ngebangun.didepak gitu aja.

    OH YA OM MAU TANYA ? APAKAH BERPENGARUH BANYAKNYA ARTIKEL PADA SEBUAH BLOG. TERLEBIH TRAFIK DAN DIMATA GOOGLE. MOHON JAWABANYA.SOALNYA SAYA GK FAHAM” AMAT APAYG NAMANYA SEO.HANYA DASAR SAJA. SY HANYA MENCOBA BELAJAR BAGAIMANA MENYAJIKAN KONTEN BUAT PEMBACA DAN BUKAN BUAT MESIN.

    Salam hangat, sehangat kopi item+udud

    Mas fery

  5. Info yang bagus dan menarik :)
    Ga percuma liat artikel disini, dapet ilmu baru lagi :)

  6. Terima kasih atas informasinya.Saya suka dengan artikel2 yang ditampilkan di sini. Sekarang saya pun sedang gunakan aplikasi hootsuit untuk update postingan blog terjadwal tiap harinya

  7. Sebuah sajian yang bagus, saya memang sedang mempelajari trend waktu yang baik untuk posting artikel, karena kalau waktunya tidak teratus, rasanya juga akan percuma kerja keras, musti kerja cerdas juga, terutama memilih waktu yang tepat

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud