Cara Membuat Email Baru Daftar Akun di Gmail, Yahoo, dan Hotmail

cara membuat email

Cara Membuat Email, Sebenarnya cara bikin email itu tidak sulit tapi mungkin beberapa orang belum tahu caranya. Artikel ini berawal dari percakapan dua anak SMU yang kebetulan ada di samping saya waktu saya sedang minum kopi. Salah satu dari anak muda itu bertanya pada temannya “bro, kalau mau bikin facebook kan harus punya email, gimana sih cara membuat email?”. Wah ternyata masih ada yang kurang paham cara daftar email sendiri ya hehehe.

Kenapa kita butuh email? Email adalah salah satu fasilitas yang wajib kita miliki ketika melakukan kegiatan di internet. Misalnya ketika kita ingin membuat akun media sosial di Facebook, Twitter, atau Google plus, pasti situs media sosial tersebut akan meminta akun email kita, atau ketika kita ingin belanja di toko online, pasti mereka akan menanyakan akun email kita. Fungsi email ini sendiri adalah sebagai alat komunikasi digital (surat elektronik) dan bisa juga sebagai identitas online seseorang.

Akun email itu sendiri dapat kita miliki secara gratis ataupun berbayar, dan di artikel ini saya hanya membahas cara buat email gratisan. Beberapa penyedia layanan email gratis yang paling terkenal dan paling banyak digunakan adalah Gmail.com, Mail.Yahoo.com, dan Hotmail.com.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara buat email gratis di masing-masing layanan yang saya sebutkan:

1. Ini Cara Membuat / Daftar Gmail (Google Mail)

Gmail.com adalah layanan email gratis favorit saya. Selain bisa buat akun Gmail dengan gratis, kita juga bisa membuat akun Google+ dengan mudah bila sudah memiliki akun Gmail. Ikuti langkah-langkah cara daftar Gmail berikut:

1. Langkah pertama membuat akun Gmail Anda, kunjungi situs Google Mail

2. Klik tombol “Create an account” atau “Buat akun” yang ada di sebelah kanan atas halaman Gmail.

3. Anda akan diarahkan ke halaman baru di mana Anda bisa mengisi data diri. Isilah kolom-kolom yang ada pada halaman pendaftaran dengan data Anda:

  • Nama: isi dengan nama lengkap Anda, nama depan dan nama belakang
  • Pilih nama pengguna Anda: isi dengan alamat email yang Anda inginkan
    (misalnya: [email protected])
  • Buat sandi: isi dengan sandi yang tidak mudah ditebak, tapi mudah Anda ingat (Baca tips membuat password yang kuat)
  • Konfirmasi sandi Anda: ulangi memasukkan sandi Anda sebelumnya
  • Tanggal lahir: isi dengan tahun, bulan, dan tanggal kelahiran Anda
  • Gender: pilih yang sesuai dengan jenis kelamin Anda
  • Ponsel: isi dengan nomor HP Anda untuk keamanan
  • Alamat email saat ini: biarkan saja kosong
  • Lokasi: pilih sesuai dengan negara tempat Anda tinggal, misalnya Indonesia
  • Centang kolom menyetujui persyaratan dan kebijakan dari Google
  • Klik tombol “Langkah berikutnya

4. Setelah Anda klik Langkah berikutnya, nanti Anda akan melihat Pop up yang berisi informasi menganai Privacy dan Persyaratan. Scroll informasi tersebut hingga ke bawah, lalu klik tombol “SAYA SETUJU

5. Selanjutnya nanti akan muncul tampilan Selamat datang! Yang perlu Anda lakukan adalah klik Lanjutkan ke Gmail

CATATAN: beberapa orang mengatakan pada langkah 5 ini pihak Gmail meminta verifikasi akun, hal ini jarang terjadi. Tapi bila ini terjadi pada Anda, biasanya hanya perlu verifikasi akun dengan memasukkan nomor telepon di kolom yang disediakan, nanti kode akan terkirim via SMS ke HP Anda. Masukkan kode tersebut ke kolom yang tersedia, lalu klik Lanjutkan. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman ucapan Selamat datang seperti gambar di atas.

6. Sampai di sini proses daftar Gmail yang Anda lakukan sudah selesai. Silahkan masuk masuk ke halaman email Anda dan mempelajari akun Gmail Anda.

2. Cara Membuat Email di Yahoo Mail

Layanan email gratis dari Yahoo mail daftar baru sangat banyak digunakan orang. Selain email gratis, kita juga otomatis akan bisa mendaftar ke layanan Yahoo Messenger untuk chating. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat email di Yahoo:

1. Langkah pertama cara membuat email Yahoo, kunjungi situs Yahoo Mail

2. Anda akan melihat halaman login Yahoo. Pada halaman tersebut Klik link “Sign up” yang ada pada bagian bawah halaman.

Yahoo mail daftar baru
3. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman formulir pendaftaran akun Yahoo mail. Isi kolom-kolom yang disediakan dengan memasukkan data Anda:

  • Kolom First name & Last name: Isi dengan nama depan dan nama belakang Anda
  • Kolom Email address: Isi dengan nama pengguna yang juga sekaligus menjadi alamat email Anda
  • Password: Masukkan password Anda (pilih password yang mudah diingat dan cukup kuat)
  • Mobile phone number: masukkan nomor ponsel Anda yang masih aktif
  • Birt Month, Day & Year: Masukkan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
  • Gender: Pilih jenis kelamin Anda

Setelah selesai mengisi kolom formulir tersebut, klik Continue untuk melanjutkan ke langkah berikutnya

4. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman verifikasi. Cek kembali nomor ponsel yang Anda masukkan untuk verifikasi akun. Bila sudah benar, silahkan klik tombol Text me an Account Key.

5. Sesaat kemudian Anda akan menerima SMS berisi kode verifikasi ke nomor ponsel yang Anda daftarkan. Biasanya proses pengiriman SMS kode verifikasi tersebut sangat cepat, sekitar 5 – 30 detik. Namun, bila Anda masih belum menerima kode verifikasi, maka Anda bisa meminta kembali dengan klik Re-send pada halaman Yahoo tersebut.

Masukkan kode verifikasi tersebut ke dalam kolom yang disediakan, lalu klik Verify

6. Selanjutnya Anda akan melihat halaman Congratulations di layar monitor Anda. Ini berarti Anda sudah berhasil daftar akun Yahoo mail baru Anda. Selanjutnya klik Let’s get started

7. Sampai di sini Anda sudah berhasil membuat akun email Yahoo Anda, dan bisa langsung menggunakannya untuk keperluan lain. Berikut tampilan halaman dashboard akun email Yahoo mail

3. Cara Membuat Email di Hotmail

Layanan email gratis Hotmail ini disediakan oleh Microsoft.com. Memang tidak sepopuler Gmail dan Yahoo mail, tapi layanan ini sangat banyak digunakan orang. Berikut ini langkah-langkah cara membuat email Hotmail:

1. Langkah pertama cara membuat email Hotmail, buka situs Hotmail di browser Anda

2. Klik link “Buatlah akun” pada bagian kanan bawah halaman Hotmail.

3. Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran dan harus mengisi form yang ada. Isi formulir pendaftaran email dengan memasukkan data Anda:

  • Nama depan dan Nama belakang: isi dengan nama depan dan nama belakang Anda
  • Nama pengguna: isi dengan alamat email Anda (misalnya [email protected])
  • Sandi: isi dengan password Anda
  • Masukkan ulang password: ulangi memasukkan email Anda
  • Negara/ kawasan: pilih Indonesia
  • Tanggal lahir: isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
  • Jenis kelamin: pilih jenis kelamin
  • Kode negara: pilih +62 (ini kode telepon Indonesia)
  • Nomor telepon: isi dengan nomor telepon Anda yang aktif
  • Alamat email alternatif: biarkan saja kosong
  • Masukkan karakter yang Anda lihat: isi dengan kode captcha yang ada di sana (bisa Anda ganti dengan kode baru dengan klik tombol “Baru”)
  • Anda bisa mencentang atau menghaspus centang pada opsi “Kirimkan saya tawaran promosi dari Microsoft. Anda dapat berhenti berlangganan kapan pun.”
  • Setelah semua kolom terisi, klik tombol “Buat Akun Baru


4. Sampai di sini akun email Anda di Hotmail sebenarnya sudah jadi. Langkah selanjutnya Anda bisa klik tombol tanda panah di bagian kanan untuk melihat fitur Outlook dan melakukan pengaturan awal.

5. Setelah melakukan pengaturan awal, langkah terakhir adalah masuk ke halaman kerja akun email Anda di Hotmail dengan meng-klik tombol “Mari kita mulai

Demikianlah tutorial cara membuat email di Gmail, Yahoo Mail, dan Hotmail. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu Anda dalam membuat akun Gmail baru Anda dengan mudah dan cepat. Terimakasih sudah membaca artikel saya :)

Maxmanroe

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

213 thoughts on “Cara Membuat Email Baru Daftar Akun di Gmail, Yahoo, dan Hotmail”

  1. Saya kan udah punya email ,tapi lupa kata sandi nya ,dan saya buat lagi email baru ,tapi kok tak bisa di gunakan. Padahal kata nya udah aktif ,mau bikin akun Paypal ,kata sandi email nya kata nya salah terus, solusi nya dong ,supaya bisa bikin akun Paypal dan akun lain nya ,saya butuh sekali ni !!!!

    Reply
  2. Numpang nanya apa itu login email di gogle?? Sedangkan dimasukan akun Gmail GK mau masuk.mohon pencerahannya

    Reply
  3. Jelas dan sangat mudah dipahami. Mungkin membuat email adalah sesuatu yang sangat mudah untuk banyak orang, tapi ada juga beberapa orang masih sangat awam dalam hal ini.

    Maka dari itu, artikel ini menjadi begitu penting untuk ditulis :)

    Reply
  4. Meskipun cara membuat email ini sederhana karena tergolong mudah, namun saat ini masih banyak juga yang belum bisa membuat email sendiri. Terbukti masih banyak yang menyuruh saya untuk dibuat email … :)

    Reply
  5. Hampir sama semua prosesnya, begitu juga dengan email yandex, thanks udah sharing mas max :)

    Reply
  6. Hallo mas, terimakasih untuk artikelnya.. izin rewrite, link ada pokoknya

    sekali lagi terimakasih…

    Reply
  7. Terima kasih atas infonya dan terima kasih juga, sekarang saya punya Email, terima kasih banyak!

    Reply
  8. Harus konformasi ini itu, dan biasanya kalau mau lebih aman menggunakan konfirmasi 2 langakh

    Reply
  9. Kalau menurut saya lebih baik membuat email dengan domain website sendiri,. Ada beberapa jasa layanan website hosting termurah dengan kualitas yahud, seperti layanan di unmetered.co.id dan webhosting.web.id, Mereka adalah pendatang baru di dunia perhostingan yang menawarkan kualitas terbaiknya dengan harga yang terjangkau. Semoga bermanfaat…

    Reply
  10. saya ingin membuat email baru soalnya saya gk punya email email saya dah lupa pasword nya

    Reply
  11. bagus banget mas, tutorial buat emailnya. dan masalah saya tentang cara membuat email sudah selesai dan membuat email itu ternyata sangat mudah mas. makasih….?

    Reply
  12. Walaupun susah dan banyak aturan, ya malah bagus untuk keamanan akun kita.

    Reply
  13. Sekarang buat email yahoo harus verifikasi hp, gak seperti dulu, gampang banget. Buat id unik aja juga gampang, gak seperti sekarang. Bahkan batiknyapun gak kliatan. Tapi untungnya saya masih punya peninggalan akun att.net jaman dulu waktu sering ngeroom. Id yang memang terlihat unik.

    Reply
  14. kalau saya sih lebih senang membuat akun gmail , soalnya buatnya lebih gampang , udah gitu gak usah pake verifikasi no hp, asalkan koneksi internetnya super cepat

    Reply
  15. Mantap penjelasannya mas, cukup membantu sebagai source yang baru belajar membuat email…. Thanks

    Reply
  16. kalau saya sering menggunakan yang gmail mas, karena lebih simple tampilannya

    Reply
  17. Yang belum bisa buat email harus belajar disini nih! biar cepat bisa biin email. terutama anak sekolah tuh yg lg banyak tugas buat email.

    Reply
  18. Lengkap banget gan tutorial buat emailnya, saya bisa belajar dengan mudah dari sini. Terutama untuk hotmail, saya baru tau kalau itu punya Microsoft dulu saya pikir punya Yahoo.

    Reply
  19. Mas, izin. Request boleh ga?
    Kalau boleh, saya request dong artikel tentang cara membuat spoiler seperti di blog Maxmanroe… hihiihiii… :D

    #BerbagiItuIndah

    Reply
  20. Inilah kenapa membagikan artikel sederhana juga penting, karena mungkin saja mereka yang belum mengetahuinya bisa mencari tahu. Untuk ini, sekarang saya lebih milih buat email di gmail

    Reply
  21. penjelasannya lengkap kap mas, makasih. dulu saya sempat pake hotmail waktu pertama-tama kenal email,,,, sekarang sudah beralih ke Gmail

    Reply
  22. Panduan yang lengkap dan mudah di pahami, kalo saya pribadi lebih senang menggunakan gmail sih , dari pada email yang lain

    Reply
  23. Sebenar udh punya semua mas,, yg belum pernah saya gunakan yg hotmail,, tapi thanks infonya, buat menambah pengetahuan.

    Reply
  24. Wah ternyata disini paling lengkap ya cara membuat alamat emailnya. Terimakasih mas …

    Reply
  25. apakah kita perlu membuat email banyak?
    untuk memisahkan antara email bisnis, sosial media dan lain sebagainya.
    mohon pencerahan

    Reply
  26. kalau email yg dibuat diintegrasikan dengan outlok bisa gak om? ada tutorialnya ?

    Reply
  27. mudah dan sederhana caranya mas. Tapi saya lebih memilih memakai email dari gmail.. :)

    Reply
  28. nah ini baru tutorial membuat enail yang sangat lengkap mulai dari yahoo,gmail,serata hotmail ,dan di blog saya pun saya tulis gak sekomplit mas Marikxon hehe

    Reply
  29. kenapa ya saya sering gagal verifikasi nomer hp pas pake no cdma esia,flexi, dibilang invalid phone number..

    Reply
  30. kl kita bikin email baru buat temen. bisa ga buatnya di android kita? ga ngubah alamat email kita?

    Reply
  31. lengkap banget mas artikelnya. gmail yahoo sampai hotmail juga ada. bagus nih buat pemula internet.

    Reply
  32. Dari sekian email, cuma hotmail aja mas yang kurang mengerti. Dia tak bisa di Android ya?

    Reply
  33. beberapa bulan lalu saya membuat email di hotmail. tapi gagal gara2 bingung.. mudah2han cara ini bisa membantu.. makasih bang..

    Reply
  34. Nama e mail d’hotmail kok trbalik yaa !!
    pdhal sdh isi sesuai dg ptunjuk , mmmm..bngung jdi.x !!

    Reply
  35. artikel yang sangat membantu untuk para pemula dlm pembuatan email dan bkn hanya gmail atau ymail saja akan tetapi hotmail juga ada. artikel yang padat lengkap dan bermamfaat…

    Reply
  36. Artikelnya padat berisi, semuanya secara keseluruhan menjelaskan target yang sesuai, dari yang sangat newbie sampai dengan yang master,lengkap tersaji di blog ini,saya sangat terbantu dengan artikel-artikel di blog anda kawan, thanks berat atas sharenya tentang cara membuat email ini, bagaimana tekniknya membuat email yang redirect ke domain kita ..?? misalnya: [email protected] alfatrophy.com,seeperti ini yang saya masih sangat bingung membuatnya.Saya tunggu pencerahannya ..

    Reply
  37. untuk yang mau bikin email, saya rekomendasikan pakai gmail aja, lebih top menurut saya, satu akun bisa dapat semua akun di google jadi tidak repot buat satu-satu.

    Reply
  38. Kenapa ya mas, sekarang daftar gmail harus pakae verifikasi no hp dulu, apa ada cara untuk membuat gmail tanpa verifikasi no hp terlebih dahulu? mohon pencerahannya.

    Reply
    • Itu buatnya dari cpanel hosting kita mas, gampang kog. Nanti akan saya buatkan tutorial singkat di artikel berikutnya.

      Reply
  39. ah..pusing daptar email yahoo udah hampi 100x gagal terus..padahal udah tepat ngisi pormulirnya masih aja salah..mantap gmail dari pada yahoo..

    Reply
  40. Artikel yang sangat berguna buat saya, ditunggu artikel menarik lainnya

    Reply
  41. mantap mas, sangat rinci, orang awam bisa dengan mudah mengerti artikel Anda.

    Reply
  42. kalau menurut saya enakan pakai gmail dari pada menggunakan email yang lain soalnya tampilanya sederhana n simpel sehinga sangat mudah untuk digunakan..

    Reply
  43. Ternyata memuatnya agak ribet juga yah.. Masing-masing harus mencatumkan nomor hape

    Reply
  44. gaya penulisan artikelnya mudah dicerna, Saya ingin mencoba membuat email di hotmail, terima kasih sudah berbagi ilmu

    Reply
  45. Artikel yang sangat bermanfaat terimakasih….lengkap dan detail membuat email jadi lebih mudah dipahami

    Reply
  46. Tutorial yang sangat super sekali, sangat lengkap dan detail membuat email jadi lebih mudah dengan mengikuti tutorial website ini.

    Reply
  47. saya banyak belajar dari blog mas maxmanroe, kalau bisa email untuk layanan lain yang jarang digunakan di share juga mas

    Reply
      • kalau dulu mudah karena tidak perlu untuk verifikasi nomor handphone. tapi bagi saya yang terpenting setelah gmail adalah hotmail, karena itu persyaratan untuk mensubmit blog kita di bing dan yahoo.

        Reply
  48. bagaimana cara untuk masuk ke facebook lagi ..
    apalagi facebook saya harus ganti email. truz

    Reply
  49. bang max mau ty dong.saya sdh buat email..tp klu mau buka di yahoo kok tdk bisa ya?mohon penjelasan dong….

    Reply
    • Coba cek pengetikan alamat email dan juga password nya. Alamat email dibuat dengan huruf kecil semua, tanpa spasi, dan pengetikannya tidak boleh ada yang salah. Password juga sangat sensitif, tidak boleh ada karakter yang salah ketik.

      Kalau tidak bisa juga, coba hapus cookies dan cache komputer kamu, lalu ulangi login ke email yang kamu buat.

      Reply
  50. gan,tadi saya sudah membuat akun,tapi gara2 laptop saya langsung mati, pas saya membuat akun.eeeeeeh,gak bisa diakses,gimana nich????

    Reply
  51. info pembuatan email yang sangat bagus.. tetapi saya pribadi lebih suka gmail karena dapat diintegerasikan dengan berbagai situs dengan mudah, bahkan yahoo pun bisa! btw, terima kasih atas infonya ya.. salam sukses!!

    Reply
  52. terima kasih atas tutorial pembuatan email di gmail ini.. menurut saya, posting ini sangat lengkap karena jelas dan dilengkapi dengan gambar dan tampilan yang rapih dan kelihatan profesional.. good luck!

    Reply
  53. Thanks, Bro !
    Sorry lama gak mampir…
    Ngomong2, kena dampak Penguin 2.0 gak ?
    GBU

    Reply
  54. Thanks, Bro…
    Satu lagi..
    Plugin buat “no-right click” seperti yang sampean pake ini, apa ya..?
    Sorry kebanyakan nanya..
    GBU

    Reply
    • Ini plugin standard kog mas, ada banyak plugin di wordpress yang fungsinya sama, tinggal ketik “copy right protection” di kolom search plugins WP. Kalau yang saya pake ini WP Copy Protection.

      GBU too :D

      Reply
  55. Hi, Max
    Tolong tanya:
    Ada gak software yang bisa memantau beberapa email kita sekaligus dengan “one-click only” , kalo bisa yang bisa blast email sekalian …hehehehe..
    Sorry, ini pertanyaan orang males.
    GBU
    WANG

    Reply

Leave a Comment