Meningkatkan Jumlah Pelanggan Bisnis Online Melalui Google Plus

Meningkatkan-Jumlah-Pelanggan-Bisnis-Online-Melalui-Google-Plus

Pada artikel sebelumnya saya membahas tentang tips cara mengoptimalkan Google Plus bagi pebisnis online melalui objeknya yakni Search Engine Optimization (SEO), dan Konten. Pada artikel ini akan dibahas tentang optimasi Google plus melalui subyeknya, yaitu pelanggan dan jaringan bisnis.

Seperti kita ketahui, pelanggan dan jaringan bisnis adalah subyek utama dari sebuah bisnis, terutama di bisnis online. Namun, tidak seperti bisnis real, bisnis online memiliki audience dan jaringan bisnis yang sangat luas dan tak terbatas. Sayangnya, karena cakupanya begitu luas, bisnis online juga memiliki potensi fake audience (pelanggan semu) dan jaringan bisnis palsu lebih besar dibanding bisnis real.

Oleh karen itu menggunakan Google Plus sebagai salah satu alat pencarian pelanggan dan membangun jaringan bisnis online sangat penting. Selain karena Google Plus adalah produk media sosial buatan mesin pencari terbesar di dunia Google, Google Plus juga memiliki keakuratan data penggunanya, yang lebih baik dari situs jejaring sosial lainya. Ini sangat membantu dalam meminimalisir banyaknya fake audience.

Artikel lain: Tips Menambah Followers Google Plus Page Bisnis

Berikut ini adalah tips cara untuk meningkatkan jumlah pelanggan melalui Google Plus

1. Mengembangkan Target Pelanggan

Kembangkanlah target pelanggan Anda secara aktif, kenalilah siapa saja orang yang terhubung dengan pelanggan Anda tersebut. Siapa tahu teman pelanggan Anda juga tertarik dengan bisnis Anda. Tambahkan mereka ke lingkaran Anda di Google Plus dengan harapan mereka juga akan menambahkan Anda ke lingkaran mereka.

Fokuslah pada orang-orang yang berasal dari industri yang sama, anggap mereka sebagai pelanggan yang potensial sekaligus kenalan yang profesional. Langkah ini juga dapat membantu menaikkan nilai bisnis Anda dimata mesin pencari.

2. Target Pelanggan yang Jelas

Hmm..menentukan target pelanggan, langkah ini mungkin nampak klasik dan simple, namun justru disinilah letak poin pentingnya. Mengapa demikian? Karena langkah ini akan memastikan konten yang Anda posting di Google Plus menjangkau audience yang tepat.

Anda pasti tidak ingin membuang-buang waktu membangun konten yang berkualitas namun tidak dapat menjangkau orang yang tepat. Ini akan membuat upaya Anda dalam menjangkau audience potensial sia-sia.

Artikel lain: Mengenali 3 Karakter Umum Followers Di Media Sosial

3. Pasang Tombol +1 di Website Anda

Ini adalah langkah yang cukup krusial dalam upaya mengoptimasi sebuah website dengan menggunakan Google Plus. Dengan memasang tombol +1 di website Anda maka ini akan membantu mendorong pengunjung untuk mengklik tombol tersebut dan membagi postingan artikel Anda ke halaman Google plus mereka.

4. Membangun Sebuah Komunitas di Google Plus

Manfaatkanlah fitur komunitas yang ada pada Google Plus. Meskipun fitur baru ini kurang dimanfaatkan dengan baik, namun sebenarnya fitur ini sangat bagus untuk menghubungkan orang lain yang memiliki industri sejenis dengan Anda. Mereka adalah calon klien dan calon mitra yang potensial.




Dengan menganggap pesaing bisnis Anda sebagai mitra, maka akan terjalin sebuah hubungan yang baik dan saling menguntungkan. Anda dapat mengajukan pertanyaan atau berdiskusi tentang berbagai hal yang berhubungan dengan bisnis Anda dan pesaing. Diskusi positif akan memberikan masukan yang berarti bagi perkembangan bisnis Anda nantinya.

Banyak orang yang menganggap pesaing mereka adalah musuh. Tidak harus seperti itu, karena sebenarnya di sinilah letak permainan bisnis yang sesungguhnya, dimana kedua belah pihak sebenarnya bisa saling menguntungkan.

5. Meminta Review atau Ulasan dari Pelanggan

Meminta Review positif dari pelanggan yang puas dengan layanan Anda akan memberikan dampak yang baik bagi bisnis secara keseluruhan. Misalnya, ketika seorang klien senang bekerja sama dengan Anda, mintalah mereka untuk menuliskan review positif di Google Plus Page bisnis Anda. Review positif akan membantu membangun kredibilitas sebuah bisnis dan akan membuat Anda tampil lebih menonjol dari pesaing di niche bisnis yang sama.

Baca juga: Beberapa Kekurangan Google Plus Dlm Penerapannya Untuk Bisnis

6. Mengikuti Tokoh Bisnis

Ikutilah halaman Google Plus tokoh-tokoh yang berpengaruh di dalam industri bisnis Anda. Hal ini bisa meberikan peluang bisnis yang potensial bagi Anda, mungkin saja salah satu tokoh tersebut menawarkan kerjasama yang menguntungkan. Tak hanya itu, ini akan membuat Anda mengikuti berita yang bermanfaat dan relevan dengan bisnis Anda.



4 total comments on this postSubmit yours
  1. makasih gan untuk tutorialnya, bisa dimanfaatkan jug g plus. baru kali ini saya memahami ttg g plus. thanks gan

  2. dari banyak cara diatas, memang harus ekstra keras agar bisa menngkatkan blog melalui google plus. tapi saya akan menobanya.

  3. bener nih gan muzi , G+ jadi backlink blog sekarang …. juga forum di G+ lebih banyak dan aktif

  4. Satu lagi menambahkan mas max. Sekarang google hanya menghitung G+ sebagai bakcling untuk blog, otomatis pengunjung tambah rame. nice sharing

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud