Tips Cara Mengoptimalkan Google Plus Bagi Pebisnis Online

Tips Cara Mengoptimalkan Google Plus Bagi Pebisnis Online

Cara-Mengoptimalkan-Google-Plus-Bagi-Pebisnis-Online

Saat melihat Google plus (G+), kita memang seakan melihat sebuah jejaring sosial yang sepi peminat, khususnya di Indonesia. Tak dapat dipungkiri pengguna #Google Plus untuk akun pribadi memang masih kalah bersaing dengan jejaring sosial lainya seperti Facebook dan Twitter. Namun untuk usaha kecil (small online business) keberadaan Google+ tak boleh diabaikan.

Bagi pebisnis online khususnya yang bermodal minim, Google+ bukan hanya sekedar #media sosial biasa, bagi mereka Google+ dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan trafik dan kunjungan website dengan memanfaatkanya sebagai sumber daya utama untuk memaksimalkan visibilitas dihalaman pencarian Google.

Namun, ada banyak lagi manfaat Google+ daripada sekedar tempat berbagi postingan. Ini adalah hal penting bagi pebisnis online bermodal minim, bagaimana menarik pelanggan dan audience dengan memanfaatkan Google+. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa dilakukan para usaha kecil untuk mengoptimalkan Google Plus bagi usahanya.

Artikel lain: Beberapa Kekurangan Google Plus Dlm Penerapannya Untuk Bisnis

1. Memanfaatkan SEO Pada Google Plus

Perbedaan utama antar Google+ dengan platform jejaring sosial lainnya adalah kenyataan bahwa jejaring sosial ini adalah milik mesin pencari terbesar, Google Inc. Ibarat sebuah keluarga, Google+ adalah ‘anak kandung’ dari Google. Ini artinya salah satu manfaat terbesar dalam menggunakan Google+ adalah manfaat SEO-nya bagi pemilik website. Untuk mengambil keuntungan dari hal ini, kita dapat memanfaatkan fasilitas Google+ Page dan Google+ Local Business.

Dengan memanfaatkan dua fitur Google+ ini, kita dapat menaikkan rank atau peringkat bisnis dengan basis lokasi atau map. Yang perlu di perhatikan, berilah tanda pada Google+ page dan Google + local business Anda dengan gambar bangunan atau sejenisnya sebagai bentuk promosi lokasi usaha Anda.

2. Menggunakan Konten Visual

Tambahkan gambar-gambar yang berhubungan tentang usaha Anda ke laman Google+. Hal ini akan membantu menarik pelanggan untuk betah berlama-lama di laman Anda. Selain itu, gambar-gambar ini juga akan membantu laman usaha kita di Google Plus muncul dalam hasil pencarian Google, jika Google local bussiness kita telah terverifikasi.

Namun lebih dari semua itu, memasang gambar perihal usaha kita akan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Pelanggan akan merasa lebih aman dan nyaman bekerja sama dengan bisnis kita jika mereka dapat melihat dimana usaha kita berada, bagaimana kantor kita, bagaimana bentuk fisik usaha kita, intinya mereka lebih mengenal kita melalui media internet.

3. Strategi Berbagi Konten

Bagian terbesar dari bisnis online adalah menjadi pemimpin di niche website kita. Sejauh pengamatan saya dalam pengisian konten pada Google+, ada hal sederhana yang menarik baik bagi Google ataupun pelanggan yakni kita harus menggunakan nama laman kita pada postingan pertama kita di Google+. Tapi kemudian untuk postingan-postingan berikutnya gunakan profil pribadi kita untuk berbagai postingan.

Tak hanya itu, orang cenderung lebih menyukai hubungan pribadi karena itu pastikan untuk menambahkan komentar pribadi pada postingan, dan sebaiknya dalam bentuk kalimat yang mengajak interaksi, misalnya sebuah pertanyaan, bukan hanya link-dumping. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan untuk menerima komentar dari orang lain karena tertarik dengan komentar kita.

4. Klaim Publishing Content (Google Authorship)

Ini adalah strategi terbaik yang ada pada Google Plus, yakni menautkan postingan kita pada Google plus dengan laman resmi website kita. Caranya pun cukup mudah, cukup dengan menambahkan baris kode unik dari Google+ ke dalam template website kita.

Hal ini akan mempermudah #Google dalam mengidentifikasi sebuah halaman website, sehingga ketika seseorang mengetikan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis kita di Google, maka informasi halaman web kita akan muncul di sisi kanan hasil pencarian. Pencari (user) kemudian dapat melihat informasi tentang halaman kita, langsung dari hasil pencarian. Ini cara cepat untuk menarik pelanggan potensial.

Baca juga: Memanfaatkan Fasilitas Google+ Communities untuk Bisnis

5. Membuat Postingan yang Menarik

Hal penting lain yang harus kita lakukan untuk mengoptimalkan Google plus untuk bisnis adalah membuat postingan-postingan yang semenarik mungkin di Google+. Perlu juga menggunakan format teks khusus untuk menonjolkan poin penting pada postingan kita, yaitu dengan cara membuat huruf tebal, miring, dan lekukan.

Selain itu, sertakan juga gambar dalam postingan dengan memperhatikan-grabbing. Jangan lupa untuk memasukkan #hashtags dalam postingan di Google plus untuk memungkinkan adanya peningkatan trafik dari hasil pencarian hastags yang berhubungan dengan postingan kita.

13 KOMENTAR

  1. Mohon petunjuknya cara cepat buat nambah follower google plus, Gan. Soalnya saya dengar meskipun Google Plus sepi tapi cukup kuat buat nambah traffic kalau pengikutnya banyak dan aktif. Terima-kasih sebelumnya.

    Salam

  2. kalo yang point no. 4. Klaim Publishing Content (Google Authorship) ane masih belum ngerti dan gmna cara gunainnya om???

    salam kenal om, kapan2 mampir ke warung ane hehehe

  3. fb lebih efektif untuk bisnis online. gw promosi di g+ gak ada satupun yang lihat kali. ditambah lagi g+ lemot. kalau masalah seo ane gak tahu. mungkin bisa buat lebih seo

  4. Saya masih belum bisa mmembuat huruf tebal di google plus,, gmn caranya ya??

  5. Agus Muhajir Agus Muhajir

    thanks ilmunya ya…

    mantap ;-D

  6. makasih gan atas trik dan infonya,,saya masih bingung nih kenapa google maps saya kok gak bisa masuk serp google padahal sudah terevikasi,barangkali agan punya triknya dalam mengoptimalkan google bisnisku,,

  7. Trimakasih gan, artikel yang sangat bermanfaat. Saya penggemar blog ini.

  8. pada dasarnya orang di google plus haus akan berita,, itu peluang bagi kita untuk dapat menambah banyak visitor dengan menyisipkan link blog kita diakhir postingan :)

  9. apakah ini memang ampuh gan, utamanya untuk menambah jumlah visitors blog?

  10. Muhamad Saepudin

    Makasih banyak om, sangat bermanfaat artikelnya, sy pengunjung setia blog ini. Salam kenal :-)

  11. tips trik sukses

    thanks infonya….kalau halaman saya tentang tips trik menggapai kesuksesan apakah tidak masalah seandainya saya membuat halaman bisnis?????
    saya tunggu jawabannya dan kunjungan balik ke blog saya tips triks sukses.makasih

    • Menurut saya justru bagus karena motivasi itu masih banyak kategori lainnya, misalnya motivasi dalam kerjaan/ bisnis, motivasi dalam keluarga, dan motivasi lainnya :)

Tinggalkan Balasan