Menilik Pentingnya Penggunaan Kartu Nama Dalam Dunia Bisnis

kartu nama

Kesan profesionalisme seorang pebisnis bisa dilihat dari berbagai sudut dalam dirinya. Dimulai dari tampilan fisik yang rapi hingga perilaku sopan santun bisa menjadi first impression yang baik untuk calon mitra bisnis.

Namun disamping itu sebagai pebisnis kita juga memerlukan peralatan pendukung profesionalitas, seperti salah satu contohnya yakni kartu nama. Meskipun kini penggunaan kartu nama sudah mulai tergeser oleh media lain yang lebih ringkas, namun sebenarnya tools bisnis yang satu ini masih tetap menyimpan banyak potensi untuk meningkatkan citra positif bisnis Anda.

Tidak disangkal jika penggunaan kartu nama kadang terkesan hanya sebatas formalitas serta tidak terlalu diperhatikan dalam hal pembuatan desain hingga informasi di dalamnya. Inilah kesalahan umum yang sering terjadi, manakala seorang pebisnis mempunyai setumpuk kartu nama yang dibagikan namun tidak ada satupun efek bisnis positif yang didapatkan.

Lalu bagaimanakah cara yang tepat menggunakan kartu nama dalam dunia bisnis? Berikut ulasannya.

Artikel lain: 8 Aplikasi Mobile Pendukung Kegiatan Sales Profesional

1. Buatlah Simple Namun Menarik

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, salah satu poin yang sering kali terlewat dalam pembuatan kartu nama adalah tidak memberikan perhatian lebih pada desain ataupun isi informasi dalam kartu nama tersebut.

Kita harus memiliki keyakinan bahwa setiap kartu nama yang Anda bagikan, nantinya akan membawa satu kesempatan bisnis potensial di masa mendatang. Oleh karena itu fikirkan matang-matang di mulai dari desain kartu nama. Pilihlah warna background yang tegas dan elegant.  Umumnya warna hitam atau putih menjadi pilihan terbanyak, namun bukan tidak mungkin menggunakan warna lain.

Sebagai contoh jika Anda bergerak di bidang Wedding Organizer (WO) pilhan warna pink muda dengan sentuhan  ornamen bunga yang simple juga terlihat bagus. Atau jika memang Anda bergerak dibidang jasa hiburan anak-anak, penggunaan aneka warna bisa diterapkan asalnya jangan sampai berlebihan hingga justru mengurangi esensi informasi yang dibawa kartu nama tersebut. Selain itu jangan lupa pula memberikan logo usaha jika memang ada untuk semakin mempertegas profil bisnis Anda.

2. Cantumkan Informasi yang Jelas

Setelah menentukan warna langkah selanjutnya adalah menyusun informasi dalam kartu nama. Cantumkan dengan cara yang sederhana namun mencakup informasi umum apa saja yang sekiranya dibutuhkan calon pelanggan. Beberapa hal yang bisa dimasukkan antara lain yakni nama Anda atau nama usaha, produk atau jasa yang ditawarkan, alamat tempat usaha serta nomor telepon baik mobile atau saluran rumah serta alamat website dan #email.

Selain itu dengan makin berkembangkan arus komunikasi lewat internet, tidak sedikit professional muda yang juga mencantumkan informasi mengenai akun #media sosial baik Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Yang menarik ada juga kartu nama yang berisi alamat akun Instagram atau akun situs desain seperti DevianArt.




Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, karena para pebisnis tersebut memang memiliki rangkaian portofolio dalam berbentuk grafis digital atau foto yang bisa dipantau via akun media sosial tersebut. Semua kembali pada kreatifitas dan cara kita memanfaatkan fasilitas kita banyak berkembang.

Sisi lain yang kadang juga terlewat pada sebuah kartu nama adalah halaman belakang dari kartu nama. Tidak sedikit pemilik kartu nama yang membiarkan halaman belakang kartu namanya kosong tanpa dimanfaatkan. Padahal masih banyak ide yang bisa dituangkan disana, seperti contohnya peta toko atau gerai bisnis hingga beberapa contoh foto produk yang kita tawarkan.

Selain informasi yang didapatkan calon pelanggan lebih banyak, sebagai pebisnis Anda juga telah memanfaatkan setiap jengkal peluang yang ada.

Baca juga: Tips Menjaga Profesionalitas Kerja Disaat Banyak Masalah Melanda

3. Etika Memberi-Menerima Kartu Nama

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah mengenai etika ketika kita memberikan atau menerima sebuah kartu nama.

Yang pertama, baik saat memberikan atau menerima kartu nama usahakan kita menggunakan kedua tangan kita. Memang akan terkesan terlalu formal, namun taukah Anda bahwa ini menjadi awal yang baik bagi calon mitra dalam melihat kepribadian Anda. Setelah memberikan cobalah untuk menyampaikan beberapa hal terkait bisnis, seperti nama Anda, alamat kantor atau layanan yang ditawarkan.

Demikian juga ketika anda menerimanya, setelah melihat sekilas informasi yang tertera dalam kartu nama, Anda bisa menanyakan beberapa pertanyaan umum seperti bagaimana perkembangan bisnis tersebut atau varian produk jika memang bisnisnya menawarkan  sebuah produk. Selain itu simpanlah kartu nama yang sudah diberikan ditempat yang layak, selain agar tidak mudah rusak hal ini juga akan membuat sang pemberi merasa lebih dihargai.

Itulah beberapa tips mengenai penggunaan kartu nama dalam dunia bisnis. Meski terkesan merepotkan, nyatanya kartu nama masih mempunyai banyak kegunaan jika kita bisa memanfaatkannya guna meningkatkan koneksi bisnis. Semangat berbisnis!




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud