Tips Menjaga Profesionalitas Kerja Disaat Banyak Masalah Melanda

profesionalitas kerja

Semua manusia yang sehat secara jasmani dan rohani tentu pernah mengalami masalah dalam kehidupannya. Terkadang ada masalah yang mudah diselesaikan dan ada pula masalah berat yang rumit dan menyita waktu serta pikiran kita. Seberat apapun masalah yang sedang kita hadapi, hidup tetap harus dijalankan dengan penuh semangat setiap hari.

Kendala baru akan muncul kalau kita tidak bisa memisahkan antara masalah dengan #profesionalitas kerja. Hal ini bahkan bisa berakibat pada penurunan produktivitas kerja karena konsentrasi kita turut disita oleh masalah lainnya. Agar kita tetap bisa menjaga profesionalitas kerja saat sedang dilanda masalah, kita bisa menjalankan beberapa cara berikut ini:

1. Pertahankan Karakter Diri

Bagaimana karakter kita saat berhubungan dengan dunia kerja? Karakter itulah yang harus selalu kita pertahankan setiap saat, termasuk saat sedang mengalami masalah yang berat. Kalau kita dikenal sebagai pribadi yang ceria dan hangat, maka keceriaan tersebut akan menandakan kalau kita sedang dalam keadaan baik-baik saja.

Begitu pula bila kita dikenal sebagai pribadi yang pendiam dan jarang berbicara, maka sebaiknya masalah yang berat tidak membuat kita jadi mudah berkeluh kesah pada orang lain di lingkungn kerja. Dengan mempertahankan karakter diri berarti kita sudah mencoba untuk tidak terpengaruh dengan keadaan. Dan ketika kita berhasil, maka perlahan semua masalah yang kita hadapi pun akan sirna.

Artikel lain: Menjaga Profesionalitas Berbisnis dengan Keluarga atau Teman




2. Berbicara Seperlunya

Bila masalah yang sedang kita hadapi terasa begitu berat dan mempengaruhi mood kita, maka alangkah baiknya bila kita membatasi diri sejenak dan berbicara seperlunya. Jangan sampai perdebatan dengan rekan kerja atau atasan malah memicu emosi kita dan akhirnya membuat kita jadi meledak-ledak di tempat kerja.

Mulailah menenangkan diri dan berbicara seperlunya, tentunya dengan nada bicara yang biasa supaya tidak menimbulkan kesan sinis atau jengkel pada orang lain.

3. Bersikap Rendah Hati

Sikap rendah hati bukan berarti harus rendah diri. Sikap rendah hati akan membuat kita menjadi pribadi yang disenangi dan segani oleh rekan kerja atau atasan. Dengan bersikap rendah hati, maka rekan kerja atau atasan tentu tidak akan mencibir kita saat kita sedang down dan menghadapi masalah berat.

Sebaliknya, mereka tentu bisa mendukung kita untuk bangkit dari keterpurukan dan segera menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi. Menjadi rendah hati juga mampu memberikan ketenangan dalam jiwa. Hal ini tentunya sangat penting ketika kita sedang dirundung banyak masalah.

4. Senantiasa Menunjukkan Prestasi

Menunjukkan prestasi adalah salah satu cara efektif yang bisa kita berikan untuk menampilkan sisi profesionalitas kerja. Walaupun demikian, menunjukkan prestasi bukan berarti harus membuat kita menjadi pribadi yang gemar mencari perhatian atau bermaksud untuk menjatuhkan orang lain. Bersikap dengan wajar dan bersaing secara sehat adalah jalan terbaik untuk menunjukkan prestasi di lingkungan kerja.




Sebaiknya mulai sekarang kita berhenti membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain dan mulai fokus pada hal-hal yang menjadi tujuan pencapaian karir. Buktikan bahwa kita masih bisa bangkit dengan berbagai prestasi yang kita torehkan.

Baca juga: 10 Kebiasaan Buruk yang Membuat Anda Tidak Produktif

5. Pengendalian Emosi Wujud Profesionalitas Kerja

Emosi adalah bagian dalam diri kita yang cukup sulit untuk dikendalikan. Meskipun sulit meredam emosi saat sedang mengalami masalah, bukan berarti kita tidak bisa melakukannya. Mengendalikan emosi akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih sabar dan cerdas menghadapi orang-orang dengan karakter yang beragam.

Kita bisa melakukan hal-hal yang kita sukai untuk meredam emosi, misalnya bersantai sejenak sambil mendengarkan musik dan menyelesaikan pekerjaan atau dengan menatap pemandangan indah di sekitar lingkungan kerja. Semua masalah bisa diselesaikan dengan pikiran yang jernih. Emosi yang tak kunjung mereda hanya akan membuat pikiran kita menjadi kalut dan sulit mencari jalan keluar.

Sekarang kita tentu sudah mendapatkan bekal ilmu baru untuk menjaga profesionalitas kerja. Mendapat pekerjaan adalah suatu bentuk pengakuan terhadap kompetensi dan kemampuan diri kita. Jadi, jangan merusak pengakuan tersebut dengan emosi sesaat yang terjadi karena masalah dalam hidup. Sudah saatnya kita belajar menjadi pribadi dengan kecerdasan emosional yang baik supaya mampu menghadapi kerasnya kehidupan secara bijak.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud