Menguak Potensi Keuntungan Bisnis Persewaan Homestay

bisnis persewaan homestay

Image dari Homestayinkelanajaya.com.my

Salah satu efek dari semakin padatnya pertumbuhan penduduk adalah ikut naiknya kebutuhan akan tempat tinggal atau hunian. Hal tersebut yang akhirnya menjadikan program pengadaan properti juga semakin gencar di jalankan. Mulai dari perkotaan hingga wilayah pedesaan, kini semakin banyak saja obyek properti yang tengah di kembangkan.

Dari fakta tersebut, nyatanya terdapat banyak sekali potensi bisnis yang bisa kita manfaatkan. Salah satunya adalah bisnis persewaan rumah. Bagi rekan-rekan yang mempunyai pandangan untuk membuka bisnis persewaan rumah ataupun homestay, nampaknya tidak perlu ragu untuk terus mengembangkan bisnis tersebut. Pasalnya dari sisi peminat, bisnis ini akan terus menjanjikan karena beberapa sebab.

Lebih lengkap membahas tentang potensi keuntungan bisnis persewaan homestay, telah kami rangkum pada artikel di bawah ini.

Mengenal Konsep Bisnis Persewaan Homestay

Pada umumnya kita mengenal beberapa jenis persewaan hunian. Yang paling umum yakni berupa kos-kosan atau persewaan rumah dalam jangka waktu yang cukup panjang. Namun yang kadang tidak disadari, terdapat konsep persewaan lain yang tidak kalah menguntungkan yakni dalam bentuk persewaan homestay.

Pada pembahasan kali ini kita akan lebih memfokuskan kepada jenis yang terakhir yakni homestay. Berbeda dengan persewaan kos-kosan atau sewa rumah yang umumnya mematok jangka waktu yang panjang, konsep persewaan homestay menawarkan jangka waktu sewa yang jauh lebih fleksibel. Mulai dari 1 hari, 1 minggu hingga beberapa hari, penyewa bisa menyesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing. Bahkan beberapa homestay juga menawarkan persewaan bulanan.

Artikel lain: Melirik Potensi Peluang Bisnis Kostum Karnaval Yang Patut Anda Coba

Keuntungan Mengembangkan Bisnis Persewaan Homestay

Karena jangka waktu penyewaan homestay tergolong fleksibel, dari sisi harga tentunya lebih tinggi daripada sewa kos-kosan atau sewa rumah. Hal tersebut karena biaya sewanya dihitung per 1 hari. Bagi para pelaku usaha ini, keuntungan yang bisa didapatkan tentu lebih menjanjikan.

Selain itu, untuk yang mempunyai rumah namun tidak ditempati secara reguler juga mempunyai potensi menggarap bidang bisnis yang satu ini. Aset rumah yang bersifat pasif bisa diubah menjadi aset yang menghasilkan. Bahkan jika dikelola dengan serius bukan tidak mungkin bisa mendatangkan keuntungan yang signifikan.

Namun di sisi lain, tentunya bisnis ini mempunyai tantangan yang berbeda dengan konsep persewaan kos-kosan atau rumah. Jika pada persewaan kos-kosan dan sewa rumah, pemilik properti lebih banyak menanggungkan kondisi properti tersebut pada pihak penyewa. Dengan kata lain, penyewa lah yang lebih banyak bertanggung jawab terhadap kondisi properti.

Namun jika kita ingin menjalankan bisnis persewaan homestay, pola fikir yang harus kita pahami adalah kita menawarkan jasa layaknya hotel. Yang membedakan hanyalah prosedur serta jenis propertinya. Oleh karena itu tanggung jawab terkait dengan kondisi properti mulai dari kondisi fisik hingga fasilitas yang ada di dalamnya menjadi tanggung jawab penuh pemilik properti.




Namun jika dipahami secara mendalam, penyewaan homestay memang lebih pantas jika disebut sebagai bisnis dibanding dengan persewaan kos-kosan. Alasannya tentu dalam bisnis persewaan homestay dibutuhkan profesionalisme dalam hal pengelolaan properti, proses promosi hingga layanan bagi penyewa.

Baca juga: Peluang Bisnis Penyewaan Drone Bagi Yang Doyan Selfie

Potensi Pasar Bisnis Persewaan Homestay

Mengenai target konsumen untuk jasa persewaan homestay, sangatlah terbuka dan beragam. Kita bisa menyewakan homestay untuk para pelancong hingga orang yang mempunyai keperluan tertentu.

Contoh keperluan tertentu yang dimaksud di sini adalah seperti keluarga yang sedang menghadiri wisuda anaknya di kota besar. Bagi yang tidak mempunyai sanak saudara di kota tersebut, tentu akan lebih praktis dan hemat jika menyewa tempat tinggal sementara selama beberapa hari. Selain itu contoh lain juga bagi mereka yang sedang menjalankan tes pekerjaan ataupun kuliah. Akan lebih hemat jika para calon konsumen tersebut bisa mendapatkan jasa persewaan homestay.

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis persewaan homestay, ulasan di atas bisa menjadi pertimbangan umum serta masukan bagi anda. Namun yang pasti potensi untuk mengembangkan bisnis ini masih sangat besar, bahkan jika kita cukup kreatif untuk mengelolanya, kita bisa “mengawinkan” dengan jasa lain seperti layanan transportasi, katering hingga jasa panduan wisata.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud