Melirik Potensi Peluang Bisnis Kostum Karnaval Yang Patut Anda Coba

Melirik Potensi Peluang Bisnis Kostum Karnaval Yang Patut Anda Coba

bisnis kostum karnaval
Image dari Beritadaerah.co.id

Karnaval saat ini merupakan salah satu ajang yang sangat digemari oleh masyarakat. Baik dari masyarakat kota-kota besar, sampai merambah kota kecil yang berada di daerah. Setiap kali ada peringatan hari spesial atau hari besar, maka karnaval sering digelar dengan berbagai pertunjukan kostum yang beragam. Dalam setiap pawai atau karnaval yang digelar, akan ada banyak peserta yang berusaha menunjukkan tampilan kostum yang semenarik mungkin.

Dari sinilah kemudian kita bisa memanfaatkannya sebagai salah satu #peluang bisnis yang menarik. Busana-busana yang menarik dan heboh tentu saja tidak mudah dibuat atau didesain. Ada beberapa peluang bisnis yang bisa Anda masuki terkait dengan kostum untuk karnaval ini. Apa saja peluang bisnis tersebut? Simak ulasannya di bawah ini dengan seksama.

1. Jasa Desain Kostum Karnaval

Kostum dan busana karnaval tentu tidak sama dengan pakaian resmi atau pakaian sehari-hari yang kita gunakan. Perlu kemampuan tersendiri untuk mendesain ataupun membuat pakaian kostum untuk karnaval. Nah, di sinilah Anda bisa memanfaatkan peluang usaha ini. Anda bisa membuka jasa membuat atau mendesain baju untuk karnaval.

Namun perlu juga Anda ketahui bahwa memulai jasa seperti ini Anda juga harus memiliki skill dan keahlian yang memadai. Tidak bisa Anda asal-asalan dalam mendesain sebuah baju, tanpa disiplin ilmu yang mumpuni maka mustahil Anda bisa melayani konsumen yang memesan baju kepada Anda.

Artikel lain: Mau Jalankan Bisnis Clothing Line? Lakukan 6 Hal Ini Sebelumnya

2. Persewaan Kostum Karnaval

Untuk bisnis ini, Anda tidak harus memiliki atau membuat sendiri baju yang akan Anda sewakan. Namun demikian memiliki baju sendiri akan lebih baik. Jika terpaksa Anda tidak memiliki baju sendiri, Anda bisa bekerja sama dengan pembuat baju untuk karnaval dan Anda bisa menyewakannya kepada konsumen Anda.

Di sini Anda harus berhati-hati juga, karena baju tersebut bukanlah baju Anda. Anda harus bisa menjaga dan merawat pakaian tersebut agar ketika dikembalikan kepada si pemiliknya dalam keadaan yang masih utuh. Untuk tarip sewa kostum karnaval beraneka ragam, tergantung kualitas baju yang disewakan.

3. Bisnis Penjualan Kostum Karnaval

Selain menyewakan kostum karnaval, ada beberapa konsumen yang bersedia juga membelinya. Atau justru mereka memang memesan baju khusus sesuai keinginan mereka dan membelinya. Dengan banyaknya festival dan karnaval yang sering digelar, maka bisnis jual beli kostum karnaval akan sangat potensial untuk Anda jalani.

Jika Anda tak punya kemampuan membuat dan mendesain, maka Anda harus mampu menjalin relasi dan jaringan baik dengan konsumen maupun dengan pembuat baju untuk karnaval. Harga jual dari kostum karnaval sendiri juga sangat tinggi, bisa mencapai Rp500.000 sampai dengan Rp1.000.000.

4. Jasa Rias Pemakai Kostum Karnaval

Biasanya bisnis ini selalu mengikuti pada bisnis kostum karnaval. Tidak semua penyedia layanan baik jual maupun sewa kostum karnaval bisa sekaligus merias si pemakainya. Maka Anda bisa memasuki peluang bisnis sebagai perias untuk melengkapi tampilan baju atau busana karnival.

Jadi sebaiknya Anda juga bekerja sama dengan pembuat, persewaan ataupun penjual kostum untuk karnaval. Ini agar ketika ada konsumen yang datang kepada mereka, Anda juga bisa mendapatkan informasi yang kemudian bisa menguntungkan untuk bisnis Anda sendiri.

Baca juga: 6 Peluang Bisnis Seputar Hari Besar Nasional

5. Bisnis Jasa Body Painting

Bisnis ini juga sangat menarik dan juga sering menjadi pelengkap sebuah penampilan kostum untuk karnaval. Untuk body painting peluang bisnisnya sedikit lebih besar pada beberapa kota di daerah-daerah terpencil. Karena di sana masih belum begitu banyak pelaku bisnis body painting, maka Anda melakukan ekspansi di sana.

Sama seperti pada jasa rias, Anda harus juga menjalin komunikasi yang bagus dengan banyak penjual, pembuat maupun persewaan baju untuk karnaval. Tujuannya sama, agar Anda juga bisa mendapatkan informasi, dan syukur kalau jasa body painting Anda bisa ditawarkan sekaligus kepada konsumen.

Itulah beberapa peluang bisnis terkait kostum karnaval yang mungkin bisa Anda masuki. Dengan semakin maraknya perayaan karnaval di berbagai daerah, ini bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang menarik untuk digeluti.

1 KOMENTAR

  1. cukup menjanjikan juga peluang ini ya, tapi kayaknya kalo masalah Kostum Karnaval diutamakan bagi para perancang yang khusus juga ya mas..

Tinggalkan Balasan