Mengintip 9 Prediksi Perkembangan Zaman “Terburuk” Sepanjang Masa

prediksi teknologi

Image dari Baesystems.com

Hampir tidak ada orang yang bisa memastikan seperti apa masa depan akan terjadi. Mungkin terkecuali Tuhan yang memiliki kewenangan untuk membolak-balikan apa yang terjadi di masa mendatang, kita sebagai manusia hanya bisa mengamati fenomena dan melakukan prediksi tentang seperti apa masa depan itu akan terjadi.

Melakukan prediksi atau perkiraan memang sah-sah saja. Namun dalam sepanjang sejarah, ada beberapa prediksi terkait dengan perkembangan zaman yang nyatanya salah besar. Sebagian prediksi tersebut bahkan disampaikan oleh orang yang berpengaruh di masanya.

Apa sajakah prediksi tersebut? Rekan-rekan bisa menyimak pada artikel di bawah ini.

1. Prediksi Tentang Telepon

Image dari Walesonline.co.uk

Image dari Walesonline.co.uk

Pada tahun 1876, petinggi dari British Post Office bernama William Preece, sempat berujar bahwa hanya orang Amerika saja yang membutuhkan teknologi telepon. Namun kami (orang Inggris) tidak, karena di Inggris kami mempunyai banyak pengantar pesan.




Namun pada kenyataannya, hanya berselang beberapa tahun setelah perkembangan telepon di kawasan Amerika, Eropa juga mulai dijajah dengan teknologi komunikasi yang satu ini. Bahkan saat ini, telepon telah menjadi kebutuhan wajib di seluruh dunia.

Artikel lain: Prediksi Steve Jobs Mengenai Perkembangan Bisnis Ecommerce yang Terbukti Benar

2. Prediksi Tentang Listrik

Image dari Teslauniverse.com

Image dari Teslauniverse.com

Bahkan seorang tokoh besar seperti Thomas Alva Edison juga pernah menyampaikan sebuah prediksi yang ternyata salah besar. Pada tahun 1889, Edison yang kala itu telah menemukan arus searah atau DC, menyatakan bahwa mereka yang sedang mengembangkan arus dua arah atau AC, hanya menghabiskan waktu saja. Padahal seperti kita ketahui saat ini penggunaan #teknologi arus AC sudah sedemikian luar biasa besar.

3. Prediksi Tentang Transportasi

Image dari Britannica.com

Image dari Britannica.com




Pada tahun 1903, Presiden Michigan Savings Bank, Horace Rackham mempunyai kesempatan untuk berinvestasi pada salah satu perusahaan otomotif, Ford Motor Company. Namun pada waktu itu ia memprediksi bahwa penggunaan kuda masih akan terus bertahan, dan mobil hanya akan menjadi kisah sesaat dan kemudian dilupakan.

Beberapa waktu berselang, tren mobil mulai berkembang dan Ford mampu menjadi perusahaan besar plus mendatangkan keuntungan jutaan dollar.

4. Prediksi Tentang Komputer

Image dari Google.com

Image dari Google.com

Salah satu pioner yang juga presiden dari perusahaan komputer IBM, Thomas Watson pada tahun 1943 sempat berujar bahwa dirinya merasa dunia hanya membutuhkan sekitar 5 buah komputer untuk beberapa tahun mendatang.

Perkataan Thomas tersebut mengacu pada fakta bahwa, pada saat pertama kali diciptakan, #komputer memiliki bentuk yang sangat besar serta memerlukan biaya yang luar biasa mahal untuk membuatnya. Oleh karena itu, ucapan tersebut seakan menjadi tanda pesimistis tentang perkembangan komputer.

5. Prediksi Tentang Televisi

Image dari Wikipedia.org

Image dari Wikipedia.org

Darryl Zanuck, pendiri 20th Century Fox pada tahun 1946, memprediksi bahwa televisi hanya akan bertahan sekitar 6 bulan saja. Kemudian orang-orang akan merasa bosan selalu menatap kotak kayu tersebut setiap malam.

Padahal faktanya, saat ini televisi berkembang menjadi salah satu media hiburan dan juga informasi paling populer di dunia.

6. Prediksi Tentang Satelit

Pada tahun 1961, .A.M. Craven dari Federal Communications Commission Amerika Serikat, menyatakan bahwa dirinya sangat yakin bahwa komunikasi menggunakan satelit luar angkasa untuk mendukung beragam keperluan seperti telepon, telegraf, televisi ataupun radio merupakan keniscayaan. Tapi kenyataannya sungguh jauh berbeda dengan yang terjadi saat ini, justru satelit sudah menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan teknologi modern.

7. Prediksi Tentang Belanja Online

Image dari 239magazine.com

Image dari 239magazine.com

Sebagai salah satu majalah yang paling populer hingga saat ini, Time Magazine pada tahun 1966 justru pernah mewartakan kemungkinan bahwa #belanja online merupakan tren yang tidak akan mungkin terjadi.

Namun ternyata prediksi tersebut terpatahkan ketika perkembangan internet sangat mendukung adanya jual beli online hingga saat ini.

 8. Prediksi Tentang Internet

Image dari Quotationof.com

Image dari Quotationof.com

Seorang penggiat internet bernama Robert Metcalfe, pada tahun 1995 mengeluarkan prediksi yang cukup kontroversial, dirinya berujar bahwa internet akan mengalami ledakan popularitas yang luar biasa. Namun pada tahun 1996, tren tersebut akan tiba-tiba lenyap begitu saja. Ketika mengucapkan hal tersebut, ia juga bernazar akan memakan kembali kata-katanya tersebut jika prediksi itu salah.

Yang terjadi justru sebaliknya, internet terus berkembang bahkan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Dan sebagai gantinya, pada sebuah konferensi pers di tahun 1997, Robert mengambil artikel yang pernah ditulisnya, memblender kertas tersebut kemudian meminumnya di depan media pers.

Baca juga: Di Dunia, Inilah 6 Kota yang Memiliki Teknologi Paling Mutakhir

9. Prediksi Tentang Youtube

Image dari Codelabs.co.id

Image dari Codelabs.co.id

Media sosial berbagi video #YouTube, didirikan salah satunya Steve Chen yang pada waktu itu merasa kurang yakin bahwa situs besutannya akan mendapatkan kesuksesan besar. Bahkan di tahun 2005 ia sempat mengatakan bahwa, ia tidak tahu lagi apa yang bisa dilihat dan menarik untuk ditonton lewat situs YouTube.

Siapa sangka di tahun 2006, perkembangan YouTube begitu besar, hingga menarik raksasa perusahaan teknologi Google untuk membelinya dengan mahar $1,6 miliar.

Beberapa fakta di atas, mengajarkan bahwa cara terburuk untuk memprediksi sesuatu adalah dengan memberikan jawaban yang bersifat pesimistis untuk terjadinya perubahan. Dan jika kita mencoba untuk memprediksi masa depan, mungkin cara yang terbaik adalah dengan melakukan perubahan itu sendiri mulai dari sekarang dan tetap OPTIMIS!



4 total comments on this postSubmit yours
  1. keren banget… prediksi yang salah semua.. hehe..

  2. keren banget… prediksi yang salah semua.. hehe..

  3. Kreatifitas kunci kesuksesan :)

  4. Setidaknya ke 9 prediksi ini semakin melecutkan semangat orang2 untuk terus berinovasi. Tidak ada yagn lebih dasat dari prediksi selain kreativitas dan inovasi, siapa yang tahu masa depan? kuncinya jangan sesumbar

    Dahulu sekitar tahun 2000, seorang kakek pernah berujar dan memprediksi bahwa dikampung saya gak bakal dibangun jalan raya, jika emang benar katanya dia siap menjilat pantat seseorang.
    Siapa sangka tahun 2005 cikal bakal jalan raya dirintis dna sekarang bisa dilalui mobil. soal nazarnya, dia gak berani melakukannya, kasian.

    Info ini juga handaknya membuat kita berdecak kagum pada kuasa tuhan

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud