Prediksi Steve Jobs Mengenai Perkembangan Bisnis Ecommerce yang Terbukti Benar

Prediksi Steve Jobs Mengenai Perkembangan Bisnis Ecommerce yang Terbukti Benar

bisnis ecommerce
Image dari Wired.com

Fenomena perkembangan #ecommerce saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa semakin meluas dan tumbuh besar. Seiring pertumbuhan pengguna internet yang semakin besar, maka perkembangan ecommerce pun juga kian tak terbendung. Pebisnis ecommerce kini mulai merambah segala bidang baik jasa maupun produk secara langsung yang bisa diperdagangkan. Bahkan jasa ojek pun saat ini sudah melalui jalur internet dengan basis aplikasi, dan itu sangat diterima oleh masyarakat luas.

Begitu pesatnya perkembangan bisnis ecommerce ini ternyata sudah diramalkan jauh hari oleh Steve Jobs. Tentu kita semua tahu, Steve Jobs yang merupakan pendiri #Apple sekaligus orang yang sangat berpengaruh di bidang teknologi tersebut adalah orang yang memiliki pemikiran yang jauh ke depan.

Prediksi Steve Jobs tentang ecommerce ini terjadi dalam sebuah wawancara bersama Wired pada tahun 1996. Saat itu istilah ecommerce bahkan belum muncul, Jobs sudah menggambarkan akan adanya kesuksesan platform toko online di masa depan.

Bisnis Ecommerce Akan Tumbuh Semakin Besar

Jika kita lihat fakta saat ini, prediksi akan tumbuh dan berkembangnya platform ecommerce dari Jobs ini sangat benar sekali. Lihat saja, sekarang banyak bermunculan platform ecommerce besar-besaran. Baik yang berskala perusahaan besar maupun yang perorangan, baik yang dari luar negeri maupun dari dalam negeri. Saat itu, dalam sebuah petikan wawancaranya, Jobs menyebutkan bahwa perdagangan dengan media #internet di masa datang akan semakin besar.

“Ini (perdagangan di internet) akan menjadi besar,” ucapnya kala itu. Ia kemudian mengungkapkan kenapa perdagangan online dengan memanfaatkan Web bisa tumbuh besar. Ia menjelaskan bahwa Web sangatlah demokratis dengan membuka peluang bisnis kepada siapa saja.

Artikel lain: Akankah Ke Depan Media Sosial Jadi Platform Utama Ecommerce?

“Web sangatlah demokratis, membuka peluang bagi banyak pihak. Di web, perusahaan kecil dapat menemukan peluang besar. Perusahaan besar menghabiskan ratusan juta dolar, web akan menghilangkan tradisi itu.” ungkap Jobs saat itu.

Yang Paling Diuntungkan Adalah Orang yang Memiliki Produk Untuk Dijual

Prediksi Steve Jobs tidak berhenti pada perkembangan pplatform toko online yang akan semakin besar ke depan. Namun ia juga menjelaskan orang yang paling diuntungkan dengan perkembangan ecommerce itu sendiri. Dalam sebuah wawancara lanjutan, ia balik bertanya “Menurut Anda siapa yang akan diuntungkan dari web? Siapa yang paling menang?.” Pertanyaan Jobs itu ditanggapi oleh pihak Wired, “Orang-orang yang memiliki sesuatu…”. Atas jawaban dari pewawancara itu, dengan cepat Jobs meneruskan “Untuk dijual!”.

Memang tepat sekali apa yang diramalkan Jobs, saat ini dengan berkembangnya perdagangan melalui internet, maka yang paling diuntungkan dari itu adalah orang yang memiliki produk untuk dijual. Produk bisa beragam, bisa berupa jasa, barang, ataupun juga informasi, semua itu sangat potensial dijadikan sebagai ladang untuk mengumpulkan keuntungan finansial.

Ecommerce Akan Menjadi Bagian Besar Dari Ekonomi Masyarakat

Perkembangan ecommerce yang semakin pesat seperti saat ini, membuat posisi ecommerce ini menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan lagi dari masyarakat. Gaya hidup dan ekonomi masyarakat tumbuh secara bersamaan menyerupai bola salju yang akan semakin besar ke depan. Perjalanan bisnis ecommerce yang akan menjadi kekuatan besar ekonomi masyarakat ini pun juga sudah diprediksikan oleh Steve Job beberapa tahun silam.

“Jika Web menguasai 10 persen dari produk dan jasa di negara ini, maka akan menjadi fenomenal. Saya pikir jumlahnya akan lebih besar daripada itu. Pada akhirnya ini akan menjadi bagian besar dari ekonomi,” jelas Jobs.

Baca juga: Teknologi Mobile + Media Sosial ~ Ramuan Sempurna Suburnya Bisnis Mobile Ecommerce

Memang saat ini kenyataan berbicara seperti itu, semakin banyak masyarakat yang mulai beralih dari cara berdagang konvensional ke perdagangan online menggunakan internet. Dan perkembangan ini terjadi semakin besar pada negara berkembang seperti Indonesia. Dengan penduduk yang sangat besar, tentu potensi perkembangan bisnis dengan platform ecommerce ini ke depan akan semakin besar.

Saat ini, dengan intensitas transaksi yang besar di Indonesia, masih dinilai merupakan awal perkembangan ecommerce. Di Indonesia, ini masih sangat dini dan dalam masa pertumbuhan. Tidak menutup kemungkinan ke depan Indonesia menjadi negara dengan prospek bisnis ecommerce terbesar, mengingat potensi yang ada dan belum dimaksimalkan.

2 KOMENTAR

  1. persaingan juga semakin ketat sekarang..

  2. Afrid Fransisco

    setuju banget dengan artikel ini. ayo ecommerce berjayalah selalu ;-)

Tinggalkan Balasan