Mencari Kerja Di Usia “Dewasa”? Ini Dia Tipsnya

Mencari Kerja Di Usia “Dewasa”? Ini Dia Tipsnya

Image dari Huffpost.com
Image dari Huffpost.com

Pekerjaan memang terkadang menjadi masalah bagi kebanyakan orang saat ini. Ketersediaan lapangan pekerjaan yang sangat kompetitif menjadi masalah tersendiri baggi sebagian orang. Celakanya lagi, semakin bertambahnya usia seseorang akan semakin sulit dalam mendapatkan pekerjaan yang layak.

Patokan usia masih menjadi tembok penghalang bagi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan dalam sebuah perusahaan bisnis. Namun semakin ke sini, prospektif persyaratan usia dalam proses rekruitmen pekerja ini semakin tidak digunakan.

Misalnya saja bagi seorang pebisnis yang sering mencari jasa freelancer, mereka kebanyakan tidak memperdulikan usia para pekerja freelancer. Yang menjadi perhatian mereka adalah kualitas hasil kerja dari freelancer itu sendiri. Nah, keadaan seperti ini bisa menjadi peluang kerja yang bagus bagi Anda yang belum mendapatkan pekerjaan dalam usia yang sudah tergolong “dewasa”.

Artikel lain: Renungan Pengangguran, Tingkatkan Kualitas Diri Meski Belum Mendapat Pekerjaan

Dengan begitu pesatnya perkembangan dunia bisnis dan dunia kerja, maka bagi mereka yang berusia 30-40 tahun masih memiliki kemungkinan yang tinggi untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus, tentunya dengan memperhatikan berbagai pertimbangan yang ada. Jika Anda termasuk dalam usia tersebut dan belum mendapatkan pekerjaan yang bagus, perhatikan tips berikut ini agar bisa meningkatkan potensi Anda sendiri.

1. Nggak Perlu Minder, Belajar Saja Terus

Ini biasanya yang sering mendera para pencari kerja dengan usia di atas usia emas. Anggapan usia emas ini biasanya membuat mereka menjadi sedikit minder ketika mencari kerja. Sehingga menjadikan mereka seakan kalah sebelum berperang. Keadaan akan semakin buruk ketika Anda takut untuk mencoba hal-hal baru dan belajar tentang trend baru.

Jangan sampai ini terjadi pada Anda, tidak perlu minder, belajar saja terus untuk meningkatkan kualitas diri. Coba cara-cara baru, karena ada banyak sekali trend dan metode baru tentang sesuatu yang bisa jadi lebih efektif dan efisien dibanding cara lama. Termasuk metode pendekatan dalam mencari pekerjaan yang layak, terus update pengetahuan Anda.

2. Selalu Buat Protofolio Sebelum Mencari Kerja

Portofolio sangat penting bagi seorang saat akan mencari kerja. Maka, buatlah portofolio Anda sebaik mungkin dan sejujur mungkin. Apapun yang sudah Anda kerjakan dan pernah Anda capai, perlihatkan dalam protofolio tersebut. Portofolio Anda akan lebih baik diisi dengan dokumen berupa grafik dan angka atau bisa juga dilengkapi dengan pointers untuk lebih memudahkan dalam pembacaan.

Dari portofolio yang disajikan akan menunjukkan seberapa efektif Anda dalam menghadapi tantangan yang baru. Dari sini juga bisa bermanfaat untuk meyakinkan perekrut akan kemampuan Anda. Jadi, buatlah portofolio segamblang mungkin dan mudah difahami.

3. Perlihatkan Niat Dalam Membangun Karir

Mungkin Anda bisa dikatakan sudah tua untuk melamar atau mencari kerja, namun dengan menunjukkan keseriusan dalam meniti karir, itu bisa membuat perekrut lebih memilih Anda dari pada fresh graduate. Perusahaan biasanya akan lebih suka pada orang yang fokus dan stabil dalam membangun sebuah karir, bukan saja mereka yang hanya memburu gaji semata.

Karena orang dengan objetifitas karir yang jelas, dipandang lebih menguntungkan pada perusahaan dalam waktu yang lebih lama. Caranya adalah Anda bisa menyampaikan pada perekrut tentang rencana Anda setidaknya lima tahun ke depan dalam membangun dan meniti karir pada perusahaan.

Baca juga: Tips Mencari Lowongan Kerja di Media Sosial Twitter, Mudah Lho!

4. Jangan Takut Bersaing Dengan Fresh Graduate

Mungkin ada banyak perusahaan yang mengutamakan fresh graduate untuk dilibatkan dalam membangun sebuah bisnis. Ini mungkin karena fresh graduate dipandang lebih bisa menekan biaya gaji karyawan. Namun jangan salah, dalam keadaan sulit seperti saat ini, banyak juga perusahaan yang tidak mau mengambil resiko mempekerjakan orang yang belum berpengalaman.

Nah, inilah peluang besar bagi Anda untuk mencari kerja, tunjukkan pada mereka bahwa Andalah orang yang tepat untuk bisnis mereka. Yakinlah bahwa Anda memiliki nilai lebih dibanding dengan mereka yang fresh graduate. Pengalaman dan kedewasaan Anda adalah sesuatu yang memiliki daya tawar tinggi dalam hal ini.

Terdengar sulit memang untuk mendapatkan pekerjaan dengan usia yang sudah sedikit lebih tua. Namun itu bukanlah hal yang tidak mungkin, tinggal bagaimana Anda menghadapi semua persaingan yang ada.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan