Ingin Memberi Hadiah Pada Atasan, Simak 5 Tips Melakukannya

Memberi Hadiah Pada Atasan

Seorang karyawan terkadang ingin memberi hadiah pada atasan pada hari spesialnya. Seperti misalnya ketika atasan berulang tahun, atau mungkin ketika merayakan hari kebahagiaan yang lainnya.

Perlu Anda ketahui bahwa memberi hadiah pada atasan tidak sama seperti memberikan kado kepada teman-teman Anda yang lain. Karena bagaimanapun juga atasan adalah orang yang harus Anda hormati, apalagi jika sedang berada di kantor.

Nah, jika Anda termasuk orang yang akan memberikan hadiah atau kado kepada atasan, sebaiknya simak beberapa tips di bawah ini.

  1. Ajak Teman Lain Saat Memberi Hadiah Pada Atasan

Jika ingin memberi hadiah pada atasan, sebaiknya Anda mengajak serta sekaligus teman kantor lainnya. Ini selain bisa meringankan beban pengeluaran untuk kado, juga bisa meminimalisir timbulnya sudut pandang negatif. Karena jika kita berinisiatif sendiri dalam memberikan kado, bukan tidak mungkin Anda akan dianggap sedang cari muka di hadapan atasan.

Bukan berburuk sangka, namun dalam dunia kerja, sering terjadi hal yang demikian. Selain itu, jika Anda bersama teman kerja yang lain yang memberikan kado, maka akan semakin membuat solid hubungan antara atasan dan bawahan maupun antara bawahan dan bawahan. Dan tentu saja ini semakin bagus untuk meningkatkan kinerja kantor secara keseluruhan.




Artikel lain: Cara Menghadapi Atasan yang Pilih Kasih

  1. Jangan Bermaksud Mencari Keuntungan

Hal ini selayaknya benar-benar Anda hindari. Jangan memberikan kado atau hadiah kepada atasan didasari atas keinginan untuk mencari keuntungan. Karena mencari keuntungan dengan memberikan kado hanya akan membuat Anda tampak murahan.

Ketika Anda memberi hadiah pada atasan, dasari dengan rasa menaruh hormat pada atasan dan tulus ingin memberikan sesuatu yang berkesan padanya. Alasan seperti ini akan membuat Anda dan teman-teman yang lain merasa lega dan bahagia, sehingga tentu saja bekerja pun akan semakin enjoy.

Selain melegakan, alasan memberikan kado dengan menaruh rasa hormat pada atasan akan membuat Anda tampak lebih profesional di hadapan atasan.

  1. Jangan Memberikan Sesuatu yang Konyol

Meski ini seperti hal yang sepele, Anda harus memperhatikannya. Jangan sampai Anda dan rekan kerja memberikan hadiah sesuatu yang konyol. Mungkin sesuatu yang konyol terdengar lucu, namun sangat tidak tepat untuk atasan Anda. Jangan memberikan barang seperti korek gas, asbak atau barang yang lainnya.

Meski mungkin atasan Anda seorang perokok, namun hindari memberikan sesuatu yang mengesankan Anda mendukung kebiasaan tersebut. Akan jauh lebih baik jika Anda memberikan sepatu olahraga, jersey klub favorit dan semacamnya. Meski seperti barang sederhana, namun akan memberi manfaat yang luar biasa pada atasan Anda.




  1. Perhatikan Waktu Memberikan Kado

Anda harus pintar memilih waktu yang tepat saat memberikan kado. Jangan sampai niat Anda ingin menyenangkan atasan dengan memberikan kado, justru berantakan karena waktu yang tidak tepat.

Usahakan memberikan kado di waktu-waktu yang santai, waktu luang atau jam istirahat. Atau, kalau ingin memberikan kejutan, berikan kado di pagi hari, sebelum jam kerja. Jangan sampai “acara” Anda mengganggu waktu kerja Anda di kantor, Anda harus tetap profesional supaya tugas dan pekerjaan Anda tetap berjalan dengan baik.

Lihat juga suasana hati atasan Anda, jika terlihat tidak nyaman, atau dalam kondisi marah, ya sebaiknya tunggu sejenak sampai suasana kembali kondusif dan marah atasan mereda.

Baca juga: Cara Menghadapi Atasan yang Keras dan Semena-mena di Kantor

  1. Jangan Lupa Ucapkan Sesuatu

Anda bisa memberi ucapan langsung pada atasan, atau jika sungkan bisa juga melalui kartu ucapan. Mengucapkan sesuatu meski sederhana, akan menambah kesan hangat antara Anda dan atasan. Meski Anda sudah memberikan ucapan secara lisan, memberikan ucapan kecil melalui tulisan di kartu ucapan juga tetap diperlukan.

Namun perlu Anda ingat, jangan terlalu panjang dalam memberikan ucapan melalui tulisan. Cukup tuliskan pesan “Thanks for supporting me” misalnya, dan jangan lupa memberikan nama kita di bawah. Jika kita memberi kado secara bersama-sama, ya berikan identitas secara umum saja.

Yang terpenting dalam memberi hadiah pada atasan adalah Anda harus memperhatikan etika, sopan santun dan profesionalitas Anda sebagai pegawai. Karena bagaimanapun juga Anda adalah bawahan beliau, sehingga Anda perlu hati-hati dalam memberikan kado dan hadiah.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud