5 Cara Cerdas Menghadapi Atasan yang Pilih Kasih dan Tidak Adil di Kantor

Cara Menghadapi Atasan yang Pilih Kasih

Bagaimana cara menghadapi atasan yang pilih kasih dan tidak adil di kantor? Ketika membuka halaman artikel ini berarti Anda sedang mencari solusi atas masalah seputar hal tersebut.

Secara teori, seorang atasan seharusnya bisa menjadi panutan dan inspirator bagi bawahannya. Seorang atasan dituntut menjadi orang yang bijak dalam banyak hal, termasuk dalam hal memberikan arahan dan memberikan penilaian kepada bawahannya.

Seorang atasan juga seharusnya bisa memberikan perlakukan yang adil dan objektif kepada semua bawahan. Ketika ada bawahan yang lalai, atasan bisa memberikan teguran keras, dan atasan boleh memberikan pujian dan penghargaan bagi karyawan yang berprestasi.

Pada kenyataannya, seringkali ada atasan yang bersikap pilih kasih dan tidak adil kepada beberapa bawahan mereka. Sedangkan bawahan yang lain dijadikan anak emas dan selalu dibanggakan di hadapan karyawan lain. Lalu bagaimana cara menghadapi atasan yang pilih kasih tersebut?

Lima Cara Menghadapi Atasan yang Pilih Kasih

Beberapa cara ini tidak mudah tapi layak untuk Anda lakukan agar bisa bersikap lebih baik dan profesional ketika berhadapan dengan atasan yang suka pilih kasih. Dengan melakukan beberapa cara ini diharapkan atasan Anda akan berubah pikiran dan lebih adil di kemudian hari.

1. Pintar Mengendalikan Suasana Hati

Kemungkinan besar Anda merasa sakit hati, iri, bahkan benci melihat sikap seorang atasan yang pilih kasih. Namun, sebagai seseorang yang profesional, Anda tidak boleh berlarut-larut dengan perasaan. Anda harus pintar mengendalikan suasana hati di kantor, mungkin Anda perlu sering berlatih agar bisa mengendalikan suasana hati dengan baik.

Suasana hati yang terkendali akan membuat Anda bisa lebih tenang menghadapi situasi yang tidak mengenakkan di kantor. Dan dengan berhasilnya Anda mengendalikan suasana hati, maka pada akhirnya hal positif akan lebih banyak Anda dapatkan. Buktikan sendiri!

Artikel lain: Cara Menghadapi Atasan yang Keras dan Semena-mena di Kantor

2. Tetap Hormat Pada Atasan

Ok, Anda cukup sering merasa sakit hati karena dianaktirikan oleh atasan di kantor. Namun, ini bukanlah akhir dari karir Anda, masih banyak yang bisa dilakukan untuk memperbaiki situasi tersebut. Salah satunya adalah dengan tetap menghormati atasan Anda.

Jangan pernah menunjukkan sikap melawan terhadap atasan Anda, karena bagaimanapun juga memang sewajarnya bawahan menghormati atasan. Selain itu, tetaplah bersikap wajar dan berusaha berkomunikasi dengan baik dengan atasan walaupun sikapnya sering membuat Anda kesal.

3. Mengerjakan Tugas dengan Baik

Tak jarang karyawan yang merasa dianaktirikan menjadi kesal dan berimbas pada hasil kerja mereka. Mungkin menurut sebagian orang hal itu adalah sesuatu yang wajar, namun sebenarnya hal tersebut justru akan memperburuk situasi seseorang di kantor.




Tetaplah berusaha memberikan hasil yang terbaik pada pekerjaan Anda. Seringkali seorang atasan menganaktirikan bawahannya karena pekerjaan tidak beres atau berantakan, mungkin ini yang sedang terjadi pada Anda. Jadi, mulai sekarang berusahalah untuk memberikan hasil kerja yang maksimal.

4. Berkomunikasi dengan Atasan

Komunikasi yang buruk seringkali membuat hubungan antara atasan dan bawahan menjadi tidak harmonis. Mungkin atasan Anda bukan tipe orang yang pintar berkomunikasi, atau mungkin Anda lah yang kurang bisa berkomunikasi dengan baik dengan atasan.

Tidak perduli siapa yang punya masalah dalam hal komunikasi, sebaiknya Anda segera membangun komunikasi yang baik dengan atasan. Ini adalah awal yang baik untuk membuat suasana hati Anda menjadi lebih legowo dalam menghadapi permasalahan yang Anda alami.

Baca juga: 6 Kebiasaan Orang Sukses yang Wajib Anda Tiru Jika Mau Berhasil

5. Menjadi Karyawan Terbaik

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghadapi atasan yang pilih kasih. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan kinerja dan berusaha menjadi karyawan terbaik di kantor.

Indikator karyawan terbaik mungkin berbeda di setiap perusahaan, namun melakukan beberapa hal berikut akan membuat Anda menjadi salah satu karyawan terbaik:

  • Tidak pernah terlambat datang ke kantor
  • Selalu memberikan hasil kerja yang maksimal
  • Mau memberikan ide untuk kemajuan perusahaan
  • Tidak suka mengeluh
  • Mau bekerja lebih, tidak sekedar bekerja sesuai kontrak

Itulah lima cara menghadapi atasan yang pilih kasih dan tidak adil di kantor. Meskipun atasan sering membuat Anda kesal, bukan berarti Anda tidak bisa berkembang dan berprestasi. Justru dengan sikap atasan tersebut Anda menjadi lebih terpacu untuk menjadi seseorang yang lebih baik dari sebelumnya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud