Membawa Misi Persaingan, Alienware Perkenalkan Produk Backpack PC

Membawa Misi Persaingan, Alienware Perkenalkan Produk Backpack PC

Backpack PC
Image dari Techradar.com

Industri gaming saat ini telah berkembang begitu pesat dengan berbagai macam perangkat pendukungnya. Dan salah satu yang terbaru yakni inovasi PC dalam bentuk tas ransel atau backpack yang memang menawarkan beberapa kelebihan. Dengan dukungan teknologi virtual reality (VR), nantinya para penggila #game bisa merasakan keseruan bermain berbasis VR dengan lebih luwes dan nyata.

Dan yang terbaru adalah, produk backpack PC yang dikeluarkan oleh produsen Alienware. Produk yang diperkenalkan pada event E3 2016 ini, seakan dibuat untuk menyaingi produk sejenis yang sebelumnya telah dirilis oleh MSI. Dibantu oleh pengembang dari Zero latency, kabarnya gadget yang satu ini bakal sangat mengguncang jagat gaming international. Seperti apakah bentuk dan juga spesifikasinya? Berikut ulasannya.

Menawarkan Pengalaman Gaming yang Lebih Ringkas

Disampaikan oleh CEO AMD, Lisa Su pada dasarnya perangkat PC gaming yang dibentuk dalam wujud tas ransel atau backpack dapat menawarkan kelebihan terutama dalam sisi user experience. Dengan adanya konsep baru ini, nantinya pengaplikasian teknologi virtual reality seperti contohnya Rift ataupun Vive bisa dijalankan dengan lebih ringkas karena tidak harus tertambat pada suatu tempat saja.

Hal tersebut sangat nampak ketika produk backpack PC dari Alienware dirilis dalam event E3 2016. Dan seakan berupaya untuk menyaingi produk serupa yang telah di perkenalkan sebelumnya oleh MSI, kali ini tidak hanya satu saja, melainkan ada 4 perangkat game yang baru yang diperkenalkan oleh Alienware. Dan sebagai menu utamanya, backpack PC untuk keperluan PC gaming Show berhasil menyedot perhatian banyak pengunjung event tahunan tersebut.

Artikel lain: Game Mania Wajib Tahu! 10 Perusahaan Game Terbaik Di Dunia

Sedikit memandang ke belakang, sebelumnya pada event Computex 2016, produsen gadget elektronik MSI juga telah memperkenalkan lebih dahulu perangkat pendukung teknologi virtual reality dalam bentuk backpack PC. Produsen yang berbasis di Taiwan tersebut mengkreasikan perangkat PC yang lebih ringkas dengan adanya tambahan sambungan dengan headset VR. Dari situlah persaingan mulai muncul, karena pada kenyataannya Alienware sebagai salah satu produsen populer untuk perangkat PC gaming juga tertarik untuk menggarap model yang sejenis.

Melihat Besarnya Peluang Ke Depan

Masih disampaikan oleh CEO AMD, Lisa Su, perusahaan memandang saat ini banyak sekali bidang usaha hiburan yang dapat diaplikasikan teknologi virtual reality. Inilah yang menjadi peluang besar untuk membuat perangkat yang lebih ringkas terutama untuk memberikan pengalaman bermain game yang mendekatinya nyata.

Disampaikan bahwa banyak perusahaan hiburan yang sedang menciptakan taman rekreasi berbasis teknologi VR di seluruh dunia. Tidak hanya itu, nantinya penggunaan teknologi virtual reality juga akan diadaptasi untuk kepentingan industrial seperti presentasi pembuatan desain. Dan tentunya perangkat hasil perkawinan teknologi antara Alienware dengan tim Zero latency, bisa memfasilitasi semua kebutuhan di atas.

Sebagai informasi, Zero Latency merupakan sebuah wahana free-roam arcade yang memanfaatkan teknologi virtual reality untuk jenis game aksi baku tembak. Menawarkan konsep co-op melawan dengan zombie untuk bertahan hidup, nyatanya perusahaan yang berbasis di North Melbourne, Australia ini, bisa menjadi rekanan yang sempurna bagi Alienware untuk mengembangkan perangkat backpack PC.

Memperhatikan Berbagai Aspek Kenyamanan Pengguna

Dengan pengalaman, mengembangkan teknologi pendukung virtual reality, nantinya pihak Zero Latency akan menjadi perancang sekaligus pemberi masukan terutama untuk kenyamanan penggunaan produk. Dan salah satu bagian yang paling perhatikan adalah komponen baterai dari backpack PC tersebut, karena komponen tersebutlah yang memiliki berat paling besar di antara komponen lainnya.

Jika dibandingkan dengan produk backpack PC milik MSI yang telah diperkenalkan sebelumnya, perangkat besutan Alienware ini terbilang lebih ramping dan elegan. Dengan body yang didominasi dengan warna hitam, frame berbentuk heksagonal dihiasi garis vertikal membelah di bagian tengah memberikan aksen yang sangat tegas dan dinamis. Ditambah dengan logo Alienware putih yang nampak jelas, menjadikan perangkat yang satu ini terlihat semakin garang.

Baca juga: Bidik Interaksi Sosial di Masa Depan, Facebook Kembangkan Teknologi Virtual Reality

Mengenai teknologi yang diterapkan di dalamnya, backpack PC Alienware akan dilengkapi dengan GPU Radeon RX 480. Uniknya GPU ini kabarnya merupakan yang GPU pendukung VR dengan harga paling miring yakni hanya sekitar US$200. Selain itu untuk prosesor, digunakan Intel Core i5 untuk menjamin pengalaman gaming yang lebih halus.

Menurut PC Development Manager Alienware Joe Olmsted, konsep backpack PC yang ditawarkan oleh Alienware hanya sebatas proof of concept. Artinya belum akan ditawarkan untuk konsumen secara luas, pun jika jadi diproduksi secara masal harga backpack PC tersebut akan dibandrol cukup tinggi mencapai ribuan dollar. Tertarik membelinya?

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan