Bidik Interaksi Sosial di Masa Depan, Facebook Kembangkan Teknologi Virtual Reality

virtual reality facebook

Image dari Techradar.com

Saat ini perusahaan ternama #Facebook tengah getol untuk mengembangkan teknologi Virtual Reality (VR) terbaru. Perusahaan media sosial yang bermarkas di Menlo Park, California, Amerika Serikat mulai membentuk tim sosial Virtual Reality. Menurut informasi yang dilansir dari laman Tech Times, Rabu (24/2), nantinya tim tersebut dikhususkan untuk melakukan eksplorasi interaksi sosial di masa depan melalui perangkat teknologi Virtual Reality.

Tim yang nantinya di bentuk oleh pihak Facebook ini akan memperkirakan orang yang saling terhubung dan berbagi dengan melalui teknologi Virtual Reality. Juga untuk memperkirakan bagaimana perkembangan yang telah dialami teknologi ini pada masa yang akan datang.

Bekerja Sama Dengan Oculus Rift

Tim Virtual Reality tersebut nantinya akan melakukan hubungan kerjasama dengan Oculus milik Facebook. Tujuannnya untuk bisa lebih mengembangkan pengalaman sosial Virtual Reality serta agar bisa merangkul berbagai jenis platform. Tim bentukan ini nantinya akan dipimpin oleh Daniel James sebagai seorang pengembang dari game Puzzle Pirates, dan juga menggandeng Mike Booth developer dari game Left 4 Dead.

Pembentukan tim ini didasari oleh pesatnya pertumbuhan yang dialami Virtual Reality pada perangkat mobile. Seperti terlihat pada satu jam video yang ditonton di Samsung Galaxy Gear VR, sebuah perangkat yang telah meluncur pada pertengahan November 2015 lalu. Dengan menggabungkan software Oculus dan juga Hardware Samsung, platform tersebut sekarang telah menawarkan 200 game lebih dan aplikasi pada Oculus Store.

Artikel lain: Mengenal 6 Bidang Kegunaan dari Penggunaan Perangkat Virtual Reality (VR)




Kembangkan Teknologi Video 360

Facebook juga menyebutkan bahwa pihaknya nanti akan terus berusaha untuk mengembangkan teknologi ini, agar lebih mendorong streaming Virtual Reality dengan menggunakan pendukung aplikasi video 360. Sebagai langkah pertama dari proyek yang tengah dikerjakan ini, hasilnya lebih dari 200.000 video 360 nantinya akan diunggah ke #media sosial Facebook yang memperlihatkan betapa pesatnya perkembangan video.

Kini perusahaan media sosial yang telah berdiri selama 12 tahun ini, membuka teknologi streaming yang lebih dinamis dengan #video 360. Nantinya akan digunakan pada perangkat Samsung Galaxy Gear VR, yang lebih memiliki sisi resolusi lebih baik. Di sisi lain, itu juga dapat mengurangi penggunaan bandwith hingga empat kali lipat.

Perkembangan Tren Virtual Reality

Dalam waktu dekat ini, kita akan beralih hidup di dunia yang memungkinkan semua orang di seluruh dunia bisa berbagi dan merasakan kecanggihan dan pengalaman yang pastinya berbeda dari sebelumnya, seolah-olah kita masuk ke dunia digital Virtual Reality.

Orang yang paling berpengaruh di Facebook yaitu Mark Zuckerberg telah mengejutkan semua orang dengan kehadirannya dalam peluncuran Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge pada event Samsung Galaxy Unpacked 2016 bulan Februari lalu di Barcelona, Spanyol.

Baca juga: 4 Aplikasi Mobile Ini Diyakini Akan Melesat di Tahun 2016




Mungkin dengan kehadiran Mark Zuckerberg di acara tersebut, mengindikasikan bahwa akan ada kerjasama antara perusahaan kedua belah pihak. Jika nantinya semua dapat terwujud dengan baik maka akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan umat manusia di dunia, pada masa yang akan datang. Terlebih lagi untuk memenuhi kebutuhan dari para pengguna Facebook agar bisa merasakan pengalaman yang berbeda dalam menggunakannya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. pihak facebook juga ikut mengembangkan virtual reality hebat

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud