Mau Jualan Online Tapi Malas Buat Website? Cobalah 3 Media Alternatif Berikut...

Mau Jualan Online Tapi Malas Buat Website? Cobalah 3 Media Alternatif Berikut Ini

Image dari Webygeeks.com
Image dari Webygeeks.com

Menjadi pebisnis online saat ini memang sangat menjadi primadona tersendiri bagi setiap orang. Selain faktor kemudahan transaksi dan biaya yang hemat tanpa harus membangun toko fisik, dengan #bisnis online mereka bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat karena peminatnya yang selalu meningkat sepanjang tahun.

Namun sayangnya saat akan memulai bisnis berbasis elektronik ini ada saja beberapa kendala yang dihadapi para pebisnis online. Salah satu kendala yang sering dihadapi pebisnis online saat akan memulai bisnisnya adalah pembuatan #website.

Berbisnis online memang seringkali berkaitan dengan pembuatan toko online yang harus memakai website, domain dan hosting. Memang dengan memiliki website dengan website, hosting dan domain tersendiri toko online Anda akan berkesan profesional. Namun tujuan berbisnis kan bukan hanya untuk profesional saja. Jika Anda mampu menghasilkan pendapatan dengan hanya media yang lebih sederhana maka itu lebih menguntungkan bukan?

Artikel lain: Pastikan 5 Hal Ini Anda Lakukan Sebelum Berjualan di Instagram

Maka dari itu untuk Anda yang tidak memilki keahlian pembuatan website atau mungkin tidak memiliki dana untuk membeli hosting serta menyewa programer, maka Anda masih bisa untuk jualan online dengan menggunakan media alternatif yang lain. Apa saja media alternatif yang bisa digunakan untuk sarana jualan online tersebut? Berikut ulasannya.

1. Aplikasi Chat

Media alternatif pertama untuk bisa jualan online selain website adalah #aplikasi instant messaging. Saat ini sudah banyak pilihan aplikasi instant messaging yang bisa Anda gunakan untuk Anda jualan online. Beberapa di antaranya adalah BlackBerry Messenger (BBM), WhatsApp, Line dan lain sebagainya. Dari sekian banyak aplikasi ini, BBM adalah yang seringkali menjadi pilihan favorit para pebisnis online.

Jika Anda memang memilih media aplikasi chat ini maka yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun dengan nama toko online Anda. Setelah itu postinglah beberapa produk yang akan Anda jual dan buatlah grup tersendiri jika memang konsumen Anda telah banyak. Dengan hanya bermodal #smartphone dan jaringan internet tentu Anda akan lebih mudah dan leluasa untuk menciptakan dan menjalankan toko online.

2. Media Sosial

Berikutnya, media alternatif untuk berjualan online adalah #media sosial. Tentu Anda sudah tak asing lagi dengan benda yang satu ini. Ini karena hampir setiap orang kini minimal telah memiliki media sosial. Pembuatan yang tanpa biaya dan kegunaanya yang bisa menghubungkan dengan banyak orang membuat media alternatif yang satu ini juga banyak diminati para pebisnis online.

Saat akan membuatnya, Anda juga akan dihadapkan dengan banyak pilihan media sosial yang sekarang ada. Dari #Facebook, Twitter, Instagram, Path dan lainnya adalah beragam pilihan media sosial yang bisa Anda gunakan untuk berjualan online.

Bagaimana jika mengambil semua pilihan tersebut? Itu akan lebih baik. Namun Anda harus ingat bahwa semakin banyak media sosial yang Anda gunakan, Anda harus semakin rajin dan aktif pula dalam mengelolanya. Ya, saat menjalankan jualan online dengan media sosial, Anda memang dituntut untuk selalu online mengelola akun tersebut. Jangan lupa pula untuk membuat fanpage untuk mengumpulkan para customer Anda dalam media sosial tersebut jika memang Anda telah memiliki banyak pelanggan.

3. Marketplace

Terakhir, media alternatif untuk berjualan online adalah #marketplace. Marketplace adalah tempat yang disediakan oleh pihak ketiga sebagai tempat berjualan produk secara online. Saat ini telah banyak situs marketplace yang telah menyediakan layanan pada siapapun yang ingin berjualan secara online. Sebuat saja olx.com, bukalapak.com, tokopedia.com dan lain sebagainya.

Untuk bergabung dan bisa berjualan disana Anda hanya diharuskan untuk mendaftarkan data diri dan bisnis Anda. Lalu berapa biaya pendaftarannya? Jangan khawatir, saat membuat toko onilne di marketplace Anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun alias gratis.

Baca juga: Perhatikan 4 Tantangan Ini Sebelum Terjun Jadi Reseller Online

Namun yang harus diingat saat Anda memutuskan untuk berjualan online lewat marketplace, Anda harus memiliki strategi yang jitu dalam menjaring konsumen. Ini karena berjualan di marketplace tingkat persaingannya sangat ketat.

Saking ketatnya, perang harga akan sangat terjadi dalam jualan online di marketplace. Hal ini disebabkan selain situs marketplace yang bisa melakukan sortir harga, para pengunjung marketplace pun sering memilih harga yang termurah tentunya.

4 KOMENTAR

  1. Salam kenal bro..
    Untuk mengembangkan bisnis online kita memang banyak cara agar produk kita dikenal luas dan menggaet banyak pembeli..tapi buat saya media BBM dan Facebook adalah yg paling baik.. Kalo untuk marketplace selama ini saya msh kurang beruntung.. Nice article..

  2. Kren artikelnya..orang malas bikin web aja jalan keluarnya kalau mau berusaha…

  3. Memang kalau kita mau berusaha ada saja jalannya. Cuma terkadangkan yang menjadi masalah dikitanya mau apa ga nya, ini adalah artikel yang sangat bagus pilihan bagi yang malas bikin web akhirnya Mas Max menawarkan tiga opsi…hehe kren…

  4. Tempat Wisata di Lombok

    meskipun ssudah aktif dalam #sosmed tapi tetap saja para peminat jarang sekali melirik produk yang ditawarkan

Tinggalkan Balasan