Pastikan 5 Hal Ini Anda Lakukan Sebelum Berjualan di Instagram

Pastikan 5 Hal Ini Anda Lakukan Sebelum Berjualan di Instagram

berjualan di instagram

Sebagian besar orang pasti sudah tahu apa itu instagram. Ya, Instagram adalah salah satu #media sosial photo sharing yang dewasa ini banyak di gunakan oleh semua kalangan, baik pria maupun wanita, pelajar hingga para pebisnis online. Hal itu di dukung fakta bahwa pada tahun 2015 jumlah pengguna Instagram mencapai 300 juta.

Tentunya hal ini merupakan ladang emas bagi pegiat #bisnis online, dari pelajar hingga mahasiswa, wanita karir hingga ibu rumah tangga tak ketinggalan memanfaatkan media sosial ini untuk meraup keuntungan dengan berjualan di Instagram.

Lalu bagaimana cara mereka sukses berjualan di #instagram?? Kita akan bahas langkah sederhana yang dapat di kuasai bagi pemula maupun yang sudah menjalankan bisnis online.

1. Bangun Akun yang Profesional

Seperti perusahaan konvensional pada umumnya, kita harus memiliki merek atau brand yang profesional. Memang sebagian sukses dengan merek yang terdengar nyeleneh, jika anda berniat serius untuk menjalankan bisnis online maka disarankan untuk membuat merek atau akun di instagram yang terdengar profesional.

Nama akun instagram anda adalah merek dagang yang akan anda jual, pastikan namanya menjual dan tidak asal-asalan. Point ini sangat penting untuk #startup bisnis online anda. Merek yang profesional tidaklah harus kaku atau baku, buatlah seunik mungkin dan mudah didengar dan diucapkan. Maksimal 3 kata lebih sedikit lebih baik karna orang akan malas mengingat merek kita yang terlalu panjang.

Dalama point ini intinya nama akun anda di instagram adalah merek dagang anda, jadi pikirkan matang-matang sebelum membuat akun di instagram untuk berbisnis online.

Artikel lain: Mencermati Tehnik Dasar Fotografi untuk Produk Toko Online

2. Buatlah Foto Produk Yang Menggoda

Apapun yang kita jual, dengan media apapun kita menjualnya, kekuatan visual adalah faktor penentu terbesar dari laku atau tidaknya produk kita. Untuk itu pasanglah gambar profil semenarik mungkin sehingga orang tau apa yang anda jual tanpa harus anda jelaskan. Lalu mulailah mengunggah produk yang akan anda jual, pahami perilaku konsumen.

Sebagai contoh, bila menjual pakaian wanita buatlah foto tersebut secantik mungkin dengan memberikan sedikit sentuhan editing di setiap foto yang anda unggah. Jangan lupa untuk memberikan watermark pada setiap foto untuk menghindari pembajakan atau pemalsuan pada produk anda. Lalu jika anda menjual baju atau perlengkapan bayi, buatlah foto yang anda unggah selucu mungkin, dan jangan lupa memberikan watermark di setiap foto yang anda unggah.

Dengan memahami perilaku konsumen anda akan lebih mudah mentargetkan pasar anda. Jadi tidak terlalu membuang banyak tenaga, pikiran dan uang anda. Cukup dengan belajar meriset pasar untuk memahami perilaku konsumen.

Dan jangan lupa untuk menambah #hastag pada setiap postingan anda, pastikan hastag ini berhubungan dengan produk anda. Karena orang yang mencari produk dengan kata kunci hastag yang anda tulis akan meng-klik hastag tersebut dan mampir ke toko anda.

3. Endorsment Artis Instagram

Di dalam jual beli pasti akan ada satu ikon yang akan di tiru atau menjadi salah satu trendsetter di kategorinya masing-masing. Sebut saja sebagai Artis Endorment, bukan hanya pada dunia nyata saja, di dalam dunia maya seperti media sosial instagram juga ada istilah ini.

Hanya saja artis disini hanya terkenal atau populer di passionnya masing-masing, ada yang terkenal di media sosial #Facebook, ada yang menjadi seleb di Twitter, begitu pun ada yang menjadi Artis di Instagram.

4. Memperluas Jaringan

Point ini sama pentingnya dengan point-point di atas, setelah semua point diatas kita paraktekan. Maka pada langkah ini di perlukan perluasan jaringan, tentu saja untuk memperbanyak konsumen atau menjaring konsumen baru. Hal ini perlu di lakukan secara berkala dan evaluasi secara berkala pula.

Salah satu contoh perluasan jaringan ini dengan masuk pada satu #komunitas yang berhubungan dengan produk yang anda jual. Jika anda menjual hijab, maka masuklah pada komunitas hijabers, blog hijabers dan sebagainya, hal ini sangat berguna untuk menjaring member-member atau konsumen baru.

Baca juga: 5 Trik Memoles Foto Instagram Agar Semakin Populer

5. Pupuk Loyalitas Konsumen

Point terakhir adalah menjadikan konsumen kita loyal atau setia pada kita, ada banyak cara yang bisa kita terapkan salah satunya dengan membuat kartu keanggotaan atau member card. Member card ini sebagai salah satu identitas konsumen loyal kita, pemegang kartu ini berhak mendapatkan pelayanan lebih atau harga special.

Membuat konsumen loyal juga bisa dengan mengadakan promo-promo atau diskon pada event-event tertentu. Dan terakhir dengan mengadakan quiz yang bisa anda adakan di instagram, contohnya dengan men-share foto produk anda dan mengajak temannya untuk memfollow akun kita.

Sekian sedikit sharing terkait jualan di instagram, semoga bermanfaat bagi anda yang masih bingung untuk berjualan di instagram. Pada intinya semua orang dapat sukses berjualan di instagram jika di imbangi dengan keseriusan dan kerja keras, karna tak ada hasil yang instan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan