Perhatikan 4 Tantangan Ini Sebelum Terjun Jadi Reseller Online

Perhatikan 4 Tantangan Ini Sebelum Terjun Jadi Reseller Online

Image dari Spotzer.com
Image dari Spotzer.com

Memulai sebuah bisnis memang memerlukan persiapan yang sangat matang dan tidak asal-asalan. Mulai dari pemahaman bisnis, modal materi yang cukup, skill, koneksi hingga waktu yang cukup semua dibutuhkan dalam membangun bisnis.

Semua itu komponen utama jika anda sudah siap terjun ke dunia bisnis. Namun faktanya kebanyakan orang takut membuka usaha dan take action dikarenakan beberapa faktor tadi, misalnya minimnya pengetahuan tentang bisnis, koneksi yang terbatas dan yang paling mainstream adalah keterbatasan modal dalam hal ini uang.

Karena beberapa alasan di atas, sebagian orang mengurungkan niatnya untuk membuka bisnisnya sendiri. Padahal sebenarnya begitu banyak #bisnis online yang dapat dijalankan dengan modal kecil, contohnya yaitu dengan menjadi reseller online atau dropshipper.

Sekilas Tentang Potensi Bisnis Reseller Online

Dari namanya anda pasti sudah bisa mendefiniskannya, ya #bisnis reseller adalah salah sistem penjualan, di mana anda sebagai penjual dapat menjualkan kembali produk orang lain yang sudah Anda beli dengan harga yang miring. Anda dapat menjual produk tersebut dengan harga yang sudah di tentukan oleh penjual tangan pertama atau Anda dapat menaikkan sedkit dari harga yang sudah di tentuka. Pastinya dengan persetujuan dari penjual pertama tadi.

Menjadi reseller online salah satu langkah yang tepat jika anda memutuskan untuk memulai berbisnis online, karna dengan menjadi reseller anda tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar untuk biaya produksi dan sebagainnya. Tapi ada hal-hal yang perlu anda pahami sebelum memutuskan menjadi reseller online suatu produk tertentu.

Setelah Anda memutuskan untuk memilih dan menjual produk tersebut, ada baiknya Anda mengetahui tantangan dan permasalahan apa saja yang sering timbul sebagai reseler pemula. Ini agar Anda tidak ikut mengalami kesalahan yang sering terjadi ini.

1. Resiko Kalah Bersaing

Permasalahan yang sering terjadi adalah pemain pemula kalah bersaing dengan pemain lama yang sudah terlebih dahulu menjualkan produk tersebut. Permasalahan lain juga karena pemain pemula kalah start, kalah strategi dan kalah pengalaman jika di bandingkan dengan pemain lama yang sudah terlebih dahulu terjun.

Tapi hal ini bukan halangan bagi anda, tentunya jika anda sudah mempelajari langkah membangun bisnis reseller yang tepat, pastinya hal ini tidak perlu anda alami, anda akan siap bersaing dengan pemain yang sudah lebih dulu terjun.

Artikel lain: 4 Tips Suskes Menjadi Reseller Dropship, Cobalah!

2. Tidak Paham Terhadap Produk

Product knowledge merupakan hal yang harus anda kuasai, namun masih banyak reseller online pemula yang mengabaikan hal ini. Padahal betapa pentingnya pemahaman tentang produk yang anda jual, orang akan lebih tertarik dan percaya jika anda mampu menguasai materi produk anda sendiri. Jadi sekali lagi pahami dan kenali produk yang di jual agar hal ini tidak terjadi pada anda.

3. Kurang Kemampuan Internet Marketing

Jika anda sudah memutuskan untuk berjualan secara online, maka anda di tuntut untuk mengerti metode pemasaran di internet atau yang biasa di sebut #internet marketing. Banyak sekali cara pemasaran melalu online, dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, instagram sampai youtube. Di sarankan juga untuk proaktif memasarkan produk anda di forum-forum jual beli yang banyak bertebaran di internet.

4. Kesalahan Dalam Mematok Komisi

Tujuan utama dari semua ini adalah untuk mendapatkan komisi bukan? Jadi amatlah penting anda kritis untuk menanyakan berapa persen komisi yang anda dapatkan jika anda menjual kembali produk tersebut. Biasanya sistem reseller yang ada saat ini adalah dengan memberikan ptongan harga beli saja, jadi anda mendapatkan potongan harga dari harga normal biasa dengan syarat pembelian dengan jumlah tertentu.

Baca juga: 3 Hal yang Sering Dilupakan Pebisnis Dalam Internet Marketing

Biasanya potongan harganya sebesar 20 persen dari harga normal. Tapi saat ini tidak sedikit distributor yang mampu memberikan komisi bagi resellernya di luar potongan harga tadi. Contohnya anda akan mendapatkan barang gratis untuk anda jual kembali tanpa harus anda membelinya terlebih dahulu.

Sekian sharing dari artikel yang singkat ini, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin terjun di dunia bisnis online khususnya bisnis reseller. Berbisnis tidak memulu harus memiliki budget yang besar, dengan kemampuan dan sedikit kreatifitas, kita akan mampu bersaing dengan pemain lama bahkan berada selangkah di depan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan