Mau Jadikan Blog Tampil Lebih Fresh? Pastikan 6 Tips Ini Sudah Anda Lakukan

inspirasi blogging

Image dari Divvyhq.com

Menjalani kegiatan #blogging memang seringkali membuat kita suka untuk menayangkan dan menerapkan beberapa tampilan dan  di blog. Namun tahukah Anda bahwa terlalu banyak menampilkan beberapa unsur di blog akan membuat blog menjadi lambat dan memiliki beban berat. Nah saat blog menjadi berat dan lambat tentu saja akan menjadi kerugian buat Anda.

Lalu bagaimana jika sudah terjadi hal seperti ini? Jangan khawatir, Anda memiliki cara untuk bisa membuat blog kembali menjadi fresh kembali agar kinerja dan bebannya menjadi lebih ringan. Berikut beberapa cara tau tips untuk membuat blog menjadi lebih fresh.

1. Hapus Plugin yang Tidak Diperlukan

Tips pertama untuk membuat blog menjadi lebih fresh adalah dengan menghapus plugin yang tidak diperlukan. Plugin memang memiliki efek yang cukup serius bagi kinerja blog. Meski bisa membuat blog tampil atraktif namun jika penggunaan plugin terlalu berlebihan maka hal ini akan menyebabkan blog menjadi lambat.

Nah jika Anda memang sudah menerapkan beberapa plugin maka Anda harus mulai lakukan review dan mengecek apakah setiap plugin yang Anda terapkan benar-benar berguna bagi blog Anda. Jika memang ada plugin yang memang tidak terlalu bermanfaat maka ada baiknya untuk dihapus saja.

Artikel lain: 4 Alasan Mengapa Kegiatan Blogging Tepat Untuk Para Introvert

Dengan menghapus plugin yang tidak bermanfaat tadi maka blog Anda akan semakin fresh dan menjadi lebih ringan. Menghapus plugin yang tidak bermanfaat juga akan membantu untuk menambah space hosting blog Anda.

2. Eliminasi Widget di Sidebar

Menerapkan widget memang akan sangat membuat blog terlihat indah. Namun bila Anda menerapkan widget terlalu banyak dan berlebihan maka hal ini akan berpengaruh pada kinerja blog. Biasanya blog yang terlalu banyak memiliki widget akan membuat kinerjanya menjadi lambat dan berat. Maka jika hal ini terjadi menimpa blog Anda, maka mau tak mau Anda harus melakukan refreshing.

Caranya Anda harus melakukan eliminasi (penghapusan) widget yang tidak terlalu berpengaruh seperti widget jam, widget animasi dan pernak-pernik widget hiasan lainnya. Saat Anda sudah melakukan eliminasi pada widget yang tidak bermanfaat maka blog Anda akan kembali refresh dan menjadi cepat.

3. Update Page About Me

Membuat beberapa pembaruan juga akan membuat blog akan tampil lebih fresh. Anda bisa membuat hal ini dengan melakukan pembaruan pertama pada page about me. Seorang blogger tentunya akan terus menapaki jenjang kehidupan dalam hidupnya.

Nah saat mereka telah melewati beberapa masa dan pengalaman dari dalam hidupnya maka konten about me pada blog sudah selayaknya untuk diupdate atau diperbarui. Dengan memperbarui page about me pada blog maka tampilan blog pun akan jauh menjadi lebih fresh.




4. Buat Foto Terbaru

Kondisi fisik termasuk wajah setiap tahunnya akan mengalami perubahan pada setiap manusia. Nah jika Anda terlalu lama memasang foto lama di blog, maka agar membuat blog lebih fresh maka Anda perlu mengupdate foto terbaru Anda. Cobalah untuk membuat foto yang terbaik dan profesional untuk ditampilkan pada blog Anda.

Tampilkan bagian wajah Anda yang ceria, sebab dengan wajah yang ceria maka Anda akan lebih berkesan profesional. Untuk terus menjaga blog tetap fresh maka Anda harus melakukan perubahan foto ini secara berkala minimal satu tahun sekali.

5. Ganti Header atau Gunakan Style Font yang Baru

Berikutnya, tips untuk membuat blog tampil lebih fresh adalah dengan mengganti header dan style font yang baru. Header dan style font yang itu-itu saja setiap tahunnya memang akan membuat bosan. Nah jika Anda ingin membuat blog Anda kembali fresh dan tidak membosankan Anda bisa mengganti bagian header dan font yang baru. Buatlah dan pilihlah header dan style font yang juga bagus dan menarik yang tidak kalah dengan header dan style font yang sebelumnya.

Baca juga: 4 Hal yang Seringkali Menjadi Tujuan Seseorang Ngeblog

6. Revisi Postingan Lama

Terakhir, tips untuk membuat blog tampil lebih fresh adalah dengan melakukan revisi postingan lama. Postingan lama memang perlu Anda cek dan revisi bila terdapat sebuah kekurangan. Dengan hal ini maka pengunjung yang datang dan membaca postingan lama Anda akan menjadi lebih antusias dan akan bersemangat membaca postingan Anda. Selain pengunjung yang menjadi antusias, Anda juga akan menjadikan blog Anda semakin fresh.



9 total comments on this postSubmit yours
  1. bagus bener mas, makin semangat ini buat belajar lagi
    terimakasih saranya

  2. Thanks atas sarannya gan, sangat bermanfaat sekali untuk membuat blog menjadi lebih fresh

  3. Tips diatas layak dicoba oleh siapapun kita blogger yg tengah merintis. Terimakasih atas ilmunya bang…

  4. trima kasih infonya mas, patut untuk dicoba nih.

  5. Terima kasih mas, Saya jadi tertarik dengan tips yang ke 6 dan ingin menerapkannya hehehe…

  6. Lama nggak kesini mas max, baca postingan lagi biar lebih fresshhh…

  7. Patut dicoba agar blog tetap fresh

  8. Mantab gan ,baru tau kalau ternyata merubah arttikel itu dibolehkan ,

    Yang ingin saya tanyakan apakah kalau kita memperbarui postingan itu juga merubah tangal ,bulan dan tahunya gan ?

    Trimakasih informasi ini dangat bermanfaat buat blogger newbie seperti saya..

  9. update artikel lama juga perlu, untuk mempeerbarui informasi yang setiap tahunnya berbeda.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud