4 Hal yang Seringkali Menjadi Tujuan Seseorang Ngeblog

Image dari Becomeablogger.com

Image dari Becomeablogger.com

Tidak ada alasan seseorang untuk tidak ngeblog. Mungkin hal inilah yang bisa menyatakan keadaan dan kondisi saat ini. Ngeblog memang sudah menjadi gaya hidup manusia saat ini. Bagaimana tidak, beragam cara dan teknik bisa dilakukan untuk seseorang bisa ngeblog.

Kegiatan blogging yang kini bisa dilakukan kapan pun dan di mana saja itu memang semakin menarik saat muncul peluang seorang mendapat penghasilan di dalamnya. Dampaknya memang sudah bisa ditebak, jumlah blog yang hadir di dunia maya ini pun semakin tahun semakin bertambah banyak.

Hadirnya #teknologi dan perkembangan jaringan internet yang terus bertumbuh ini juga mau tak mau ikut menjadi penyebab mengapa blog semakin banyak diminati. Blog sebagai media yang identik dengan penyedia informasi ini memang lebih dirasa lebih mudah dan murah untuk diakses daripada media massa lain. Maka dari itu banyak orang yang kemudian beralih dengan memilih blog untuk mendapatkan dan memperbarui informasinya.

Artikel lain: Mau Jadi Blogger yang Sukses? Selalu Jalankan 4 Etika Blogger Berikut ini

Dari potensi besarnya permintaan akan media blog inilah maka kemudian banyak orang yang membuat blog. Namun selain karena alasan atau tujuan mencari keuntungan ada beberapa hal yang biasanya muncul dari seseorang menjadi seorang blogger dan membuat serta mengelola blog. Berikut adalah beberapa tujuan yang seringkali menjadikan seseorang itu menjadi blogger dan aktif untuk ngeblog.




1. Sebagai Media Berbagi dan Mendidik

Tujuan pertama orang biasanya membuat dan mengelola blog (ngeblog) adalah untuk berbagi dan mengedukasi atau mendidik. Ya, dengan keilmuan dan pengalaman yang dimiliki seorang #blogger, mereka kemudian larut dalam kesenangan berbagi dan mengedukasi netizen dan terutama para  pengunjung blognya.

Blog-blog yang dikelola oleh orang-orang yang suka membagi dan mengedukasi ini umumnya menyajikan artikel-artikel yang informatif dan bermanfaat saat dibaca. Tema atau niche blog bisa bermacam-macam bergantung dari keilmuan dan pengalaman yang dimiliki blogger tersebut. Blog berlatarbelakang sharing ini umunya tidak mementingkan jumlah visitor atau pengunjung, karena mereka hanya mementingkan kepuasan hati saat mereka membagi ilmu dan pengalamannya.

2. Untuk Berpromosi Produk dan Jasa Bisnis

Namanya saja #promosi, pastinya blog ini akan tak jauh-jauh dari dunia bisnis. Ya, blogger yang membuat dan mengelola blog yang kemudian ia gunakan untuk promosi ini akan jelas terlihat dari isi atau konten yang diposting.

Beberapa hal yang identik dengan blog ini adalah adanya foto produk, harga dan juga ajakan untuk membeli. Tapi meskipun ditujukan untuk kegiatan berdagang atau bisnis, toh hal ini masih sah-sah saja dilakukan asal tidak bertentangan dengan aturan yang ada, seperti promosi narkotika atau digunakan untuk melakukan penipuan.

3. Ajang Meluapkan Hobi atau Kegemaran

Tak sedikit dari blogger yang memang mengawali kegiatan blogger ini dari hobi atau kegemaran. Umumnya hobi menulis adalah landasan yang sering membuat blogger melakukan aktivitas #blogging. Karena mudah dan lebih cepat, media blog mereka pilih sebagai sarana untuk menulis dan melakukan kegemarannya.




Blog yang ditujukan untuk pelampiasan hobi ini biasanya memiliki tema yang beragam. Ada yang memiliki tema personal blog yang isinya campur aduk dari kegiatan sehari-hari, curhatan dan konten informasi. Blog berbasis hobi ini juga tak jarang menampilkan jenis blog niche yang menyajikan satu konten khusus sesuai dengan keinginan blogger-nya.

Blog ini juga hampir sama dengan blog dengan tujuan sharing yang tidak terlalu mengutamakan visitor. Dengan bisa rutin menulis maka blogger pada blog ini pun sudah merasa senang.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Kegiatan Blogging Tepat Untuk Para Introvert

4. Professional dan Monetisasi

Terakhir, tujuan umumnya orang ngeblog adalah profesionalisme. Blog dengan tujuan profesional ini biasanya didasarkan pada aktivitas monetisasi untuk mendapatkan penghasilan atau uang. Saat ini blog memang bisa Anda gunakan untuk bisa memperoleh uang dari kegiatan monetisasi. Umumnya blog yang didasarkan pada profesionalisme ini berjenis niche blog (blog khusus).

Blog ini juga memiliki ciri penggunaan kata yang baku dan juga konten yang padat nan informatif. Karena mampu menarik iklan sehingga menghasilkan uang, maka saat ini sudah banyak ditemukan para fulltime blogger yang fokus pada pengelolaan blog yang lebih baik dan menarik.



9 total comments on this postSubmit yours
  1. Kalo saya memang tujuan jangka panjang ngeblog buat cari penghasilan Mas. Hehe.. tapi ternyata dalam prosesnya banyak banget manfaat yang bisa kita dapat. Jadi ada keuntungan lainnya, gak melulu uang. :)

  2. betul sekali mas…ngeblog emang bisa jadi media yang mendidik. dari ngeblog pola pikir kita dilatih dan tentunya akan diasah terus untuk berpikir maju. semangat terus mas

  3. Awal ngeblog pertama kali sebagai ajang berbagi, dokumentasi dan menyalurkan hobi..tapi akhir-akhir ini jadi ketularan blogger lain untuk monetisasi blog..hehe

    • Ya kalau bisa menghasilkan uang dari blogging, kenapa tidak? Hehehe

      • Iya mas…apalagi kalau lihat blog ini, jadi semangat ngeblognya dan ingin bisa seperti blog ini. Mungkin mas Admin bisa memberi masukan atau triks khusus gimana supaya bisa menjadi seorang blogger sukses seperti mas…hehe

  4. saya punya blog dr tahun 2010 dan sudah approved adsense meskipun sedikit, cm krn saya pikir itu hal yg tidak nyata, makanya saya anggap angin lalu. baru skrg tergerak hati untuk lebih serius di dunia maya dan berharap bs mendapatkan uang dr internet.

  5. awalnya sih saya coba coba tapi lama lama ketagihan , sekarang coba coba menghasilkan dan nyoba wordpress juga

  6. Saya setuju dengan poin no.1 yaitu mendidik, tapi saat ini saya sering membaca artikel yang kurang informatif dan mendidik.
    Rasanya kebanyakan blogger membuat artikelnya asal-asalan atau sekedar copy-pastr saja, shgga hasil artikelnyapun jauh dari ekspektasi.

    Btw, trima kasih atas artikel yg cukup menarik, saya rasa saya trmasuk pada nomor 1 dan 4. He he

  7. Yang paling banyak tujuan ngeblog itu cari penghasilan deh mas,,,makanya kalau gak berpenghasilan di blog yang timbul rasa putus asa untuk ngeblog…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud