Mau Jadi Vlogger? Gampang Kok Caranya, Yuk Intip Penjelasannya Berikut Ini

vlogger

Image dari Riveronline.co.uk

Aktivitas vlogger (video blogger) saat ini memang sedang sangat digandrungi oleh banyak orang. Dengan kelebihan yang ditawarkannya, vlogger memang diyakini akan banyak mengundang pengunjung atau netizen. Ya, vlog memang memiliki poin plus yaitu konten yang menampilkan #video dan audio dibandingkan dengan blog yang hanya menyajikan tulisan.

Kepopuleran vlogger sendiri makin nyata ketika kemudian pada tanggal 7 Maret 2016 Kaesang Pangarep yang merupakan putra bungsu presiden Jokowi memperkenalkan vlog-nya yang berjudul “Kaesang”. Dalam vlog-nya ini Kaesang memperlihatkan bagaimana ia menjalani kehidupan yang sama dengan anak muda pada umumnya meski ia berstatus anak presiden.

Dalam beberapa video blog yang ditampilkan memang kemudian terlihat Kaesang banyak mengerjakan kesehariannya seperti membersihkan sendiri kamar kosnya dan juga ketika ia galau berstatus jomblo. Lalu dari keseruang Kaesang dengan vlog-nya ini apakah vlog bisa dilakukan oleh semua orang dengan mudah? Berikut ulasannya.

Vlog Mudah dibuat

Menjadi vlogger (video blogger) tentu saja tidak terlalu sulit, pasalnya hanya dengan beberapa media atau perangkat komunikasi seperti smartphone maka Anda sudah bisa membuat vlog (video blog). Namun memang ada kemampuan tambahan yang harus dimiliki seorang vlogger agar vlog nya disukai banyak orang.

Artikel lain: Vlogger ~ Cara Ngeblog Berbeda Yang Semakin Populer

Dan kemampuan tambahan yang perlu dimiliki vlogger tersebut adalah kemampuan pengambilan gambar dan editing video. Jangan lupa jaringan #internet juga harus disiapkan dengan baik ya. Nah setelah semua persiapan sudah siap saatnya membuat vlog, dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Konsep

Langkah pertama, Anda harus menentukan konsep video blog sesuai dengan keinginan Anda. Namun untuk menentukan konsep ini Anda harus mempertimbangkan hal-hal yang disukai netizen. Konten vlog sendiri tak harus membahas soal-soal yang berat, tapi hal keseharian yang santai dnegan pengemasan yang baik akan bisa menarik banyak orang.

  • Peralatan

Berikutnya persiapkan beberapa peralatan untuk merekam. Sebut saja smartphone, pastikan #smartphone ini memiliki kamera perekaman yang bagus dan juga berada pada kondisi baterai yang penuh. Jangan lupa juga siapkan tripod yang berfungsi menyangga ponsel supaya gambar tidak banyak bergerak yang bisa membuat kualitasnya jadi buruk.

  • Proses Perekaman

Setelah itu lakukan proses perekaman sesuai dengan konsep dan ide yang sudah ada. Pastikan proses perekaman gambar ini tidak terganggu dengan apapun. Dan dari diri sendiri, Anda juga harus yakin dengan proses perekaman yang sedang berjalan.

  • Editing

Selanjutnya, setelah proses perekaman gambar selesai, transfer video ke laptop atau PC dan lakukan editing pada beberapa hal yang dirasa perlu. Lakukan proses editing video ini dengan kemampuan terbaik yang Anda miliki.




  • Upload Video

Terakhir langkah membuta vlog adalah mengupload atau memposting video yang sudah direkam dan diedit ini ke media yang vlog seperti #YouTube, di YouTube, Instagram dan Facebook yang kini juga sudah bisa menambahkan kanal video.

Peluang Besar dan Menjanjikan Jadi Vlogger

Vlogger saat ini memang mulai menjadi tren baru di dunia maya. Kepopulerannya sendiri memang bukan tanpa alasan, pasalnya saat ini banyak orang yang lebih respect dan concern saat melihat video dari pada tulisan. Akibat dari perkembangan teknologi yang pesat, proses perekaman gambar memang semakin menunjukkan kualitas yang semakin baik. Dari sinilah kemudian video blogger menjadi semakin menarik para netizen.

Menurut catatan GlobalWebIndex sendiri pada tahun 2015 menunjukkan penonton vlog di internet ini sudah mencapai 42 persen dari total netizen yang ada. Dari riset yang ada itu sendiri tercatat 88 persen responden mengaku menonton vlog sebagai hiburan dan saran kehidupan. Sedangkan sisanya yaitu 12 persen menyatakan bahwa media vlog dijadikan untuk mencari rekomendasi produk.

Baca juga: Tips Menjadi Vlogger Dari Cynthian Sunartio, Beauty Vlogger Berpengalaman

Dari sini kemudian membuat vlog menjadi sebuah peluang dan kesempatan yang menjanjikan di masa depan. Namun harus diingat bagi Anda yang ingin fokus pada vlog (video blogger) maka Anda harus bisa mampu meramu konten. Dengan keseriusan yang Anda miliki ini maka bisa jadi Anda akan mampu mendapatkan keuntungan dan penghasilan yang lumayan. Jadi seorang vlogger adalah hal yang sangat bisa menjanjikan dan tentunya mudah untuk dilakukan. Hanya butuh keseriusan dan ketekunan bagi seseorang untuk bisa menjadi vlogger yang sukses.



1 comment on this postSubmit yours
  1. sekarang banyak memang yang menjadi vlogger, tapi tetap aja yang makin terkenal yang udah duluan ,

    yang penting dalam membbuat vlog itu harus punya kehidupan yang sekiranya menarik bagi orang lain.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud