Vlogger ~ Cara Ngeblog Berbeda Yang Semakin Populer

vlogger

Image dari Snipe.net

Perkembangan dunia internet semakin hari semakin maju saja. Hal ini pun terus diimbangi dengan pengguna yang juga mengalami peningkatan yang sangat luar biasa. Dengan berkembangnya pengguna internet tersebut, ternyata juga membuka peluang usaha baru yang bisa dimanfaatkan terutama untuk mencari uang dari internet. Mulai dari dengan membuat toko online, menjadi seorang Blogger, Youtuber dan tentunya Vlogger yang dua tahun terakhir mulai booming di Indonesia.

Vlog sendiri terbilang masih baru di Indonesia, namun demikian para pegiat Vlog yang disebut juga Vlogger semakin hari semaki banyak juga. Tak heran memang, ini tentu saja berkait erat dengan fakta di atas bahwa pengguna internet di Indonesia yang semakin hari semakin banyak. Vlog atau video blog menjadi cepat booming di Indonesia karena menawarkan hal yang baru dalam berbagi konten pada pemirsa.

Definisi dan Awal Mula Munculnya Vlog

Jika dulu sebuah blog digunakan sebagai media berbagi berbagai informasi, kini nampaknya tren mulai sedikit bergeser. Bukan saja blog, namun vlog mulai digemari oleh anak muda untuk menunjukkan eksistensinya. Devinisi Vlog sendiri adalah sebuah video yang berisi beragam konten bisa berisi tentang opini, kisah sehari-hari, atau apapun yang kemudian disisipkan pada sebuah web atau blog. Yang membedakan antara Vlogger dan Youtuber adalah biasanya Youtuber tidak menyematkan videonya ke sebuh blog atau web.

Sedangkan awal mula kemunculan Vlog adalah ketika pada tahun 2000 seorang yang bernama Adam Kontras yang mempublikasikan sebuah vidoe pada blog nya. Kemudian pada tahun yang sama istilah Vlog muncul pada saat Adrian Miles memposting sebuah video yang kemudian menggunakan istilah Vlog yang merujuk pada konten yang ia posting.

Artikel lain: Inilah 4 Media Sosial Potensial yang Sering digunakan oleh Travel Blogger

Kemudian pada tahun 2004 Vlog menjadi lebih populer di luar negeri saat Steve Garvield mengunggah video blognya yang disertai pernyataan bahwa tahun itu adalah tahunnya video blog. Setahun berikutnya pada tahun 2005 Vlog semakin populer, situs video sharing Youtube kemudian muncul yang kemudian langsung menjadi website yang paling banyak dikunjungi ke lima di dunia.

Fenomena Tren Vlogger Di Indonesia

Di Indonesia Vlogging termasuk sedikit terlambat populer, masih kalah populer dari pada Youtuber. Namun dua tahun terakhir semakin banyak bermunculan artis Vlogger yang juga mulai banyak digemari. Sajian video yang lucu dan menghibur bisa menjadi salah satu alternatif hiburan yang cukup disenangi oleh para penonton.

Bukan saja menggunakan media Youtube, namun kini Vlogger juga memanfaatkan media sosial lain seperti Instagram dan lain-lain. Ada banyak sekali tokoh Vlogger yang terkenal di Indonesia, seperti Raditya Dika, Bayu Skak, Aref Muhammad, Laurentius Rando, dan saya kira masih akan ada banyak lagi yang akan populer.

Ada beragam misi yang biasanya ingin dicapai dari aktivitas Vlogging. Dari sekedar memberikan hiburan pada penonton, menyampaikan kritik, promo sesuatu sampai dengan ingin mendapatkan pendapatan dari video yang diunggah. Kini, dengan kemajuan teknologi, konten Vlog semakin mudah dibuat. Cukup dengan menggunakan ponsel saja sudah bisa membuat konten yang menarik.

Baca juga: Bayu Skak ~ Sukses Menjadi Youtuber Populer Berkat Video Unik Nan Kreatif




Apakah Vlogging Hanya Menjadi Tren Sesaat dan Kemudian Hilang

Bisa dikatakan Vlogging ini tengah mengalami masa boomingnya. Lalu bagaimana ke depan, apakah tetap bisa bertahan seperti Blogging. Untuk beberapa tahun ke depan, Vlog saya kira masih merupakan media yang digemari banyak orang. Namun bagaimanapun juga sebuah tren tentu akan menemui masa kejenuhannya entah kapan. Selain itu, konten yang ada pada Vlog juga sangat berpengaruh pada tren itu sendiri. Jika para Vlogger mampu menyuguhkan sesuatu yang menarik berbeda, saya kira tren Vlogging masih bisa bertahan lama.

Dengan semakin banyaknya Vlogger yang bermunculan, tentu akan semakin menambah ramai segmen Vlogging. Dan semoga saja itu bisa membuat persaingan sehat yang kemudian bisa memunculkan Vlogger-vlogger kreatif. Dan tentu saja diharapkan mampu  menyajikan konten yang kaya dan bisa menghibur para penonton sehingga tidak mudah bosan.

Nah, bagaimana teman-teman, tertarik untuk menjadi Vlogger? Segera buat video Anda sendiri!



5 total comments on this postSubmit yours
  1. Menurut saya trend ini akan terus sampai beberapa tahun kedepan, namun ada titik puncaknya dimana setelah itu stuck. sementara blogging tetap stabil, pelan tapi pasti. Namun untuk coba ikuti tren, knapa tidak ? :) Selamat berkarya..

  2. Menurut saya sangat sulit buat para cowo untuk mengikuti jejak Vlogger Dari Cynthian Sunartio, biasanya profesi vlogger ini sangat berpeluang buat cewe” cantik yang akan menarik perhatian para cowo.. saya mengambil kesimpulan seperti ini atas dasar cewe” yang mengupload fotonya di sosmed dan banyak sekali menarik perhatian para cowo, jauh berbeda dengan cowo” yang mengupload foto di sosmed jarang yang mendapat perhatian para cewe..

    kalau ada salah kata-kata dari saya mohon di maafkan .. hehehe..

    Assalamualikum wr.wb

  3. Ribet menurut ane mas kalo Vlog :v

  4. Sepertinya Vlog akan bertahan cukup lama, apalagi google juga ikut serta dalam mempopulerkan Vlog dan mendukung Vlogger. Selain itu, Vlogger (atau juga dikenal Youtuber) sendiri merupakan salah-satu aset yg sangat penting untuk kelangsungan hidup Youtube ^_^

  5. Menurut hemat saya, Vlog kedepan akan tetap ada meski tidak seramai dan sebooming hari ini juga kemarin. Sedikit banyak mendapatkan inspirasi baru lagi dari sini. Tetap jaya Mazmanroe

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud