Mau Bikin Konsumen Tersenyum Lagi Pasca Kekecewaan? Coba Terapkan 4 Hal Ini 

pelayanan konsumen

Image dari Albatrossasia.com

Seperti layaknya menjalani hidup yang memiliki jargon life is never flat, bisnis juga memiliki kisah yang sama. Maka dari itu seorang pengusaha atau pebisnis disini pasti akan pernah mengalami situasi usaha yang tidak selalu mulus karena suatu rintangan dan permasalahan. Entah itu masalah permodalan, masalah penurunan omset, masalah pemasaran yang tidak efektif serta masalah pelayanan konsumen.

Untuk masalah yang terakhir ini, kebanyakan entrepreneur memang tidak bisa menyepelekan. Bagaimana tidak, konsumen memang merupakan unsur terpenting bagi keberlanjutan bisnis. Tanpa adanya konsumen maka bisnis bisa jadi bangkrut dan gulung tikar. Konsumen yang merupakan seorang manusia juga bisa memiliki perasaan marah saat dikecewakan oleh layanan. Maka dari itu sebagai pengusaha Anda tentu tak ingin mendapati konsumen Anda marah dan kecewa karena layanan bisnis Anda.

Namun seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa bisnis tidak selalu berjalan mulus. Maka Anda sebagai pengusaha memang harus bersiap menghadapi kemarahan dan kekecewaan konsumen. Untuk menghadapi hal ini Anda perlu memiliki taktik dan strategi pelayanan konsumen agar mereka bisa kembali tersenyum dan melupakan kekecewannya. Lalu bagaimana cara dan teknik untuk tim di perusahaan guna membuat konsumen kembali tersenyum dari kekecewaannya? Berikut ulasannya.

1. Jadilah Kooperatif

Hal pertama yang perlu Anda lakukan pada tim di perusahaan untuk membuat konsumen kembali tersenyum dari kekecewaanya adalah melakukan hal kooperatif. Maksudnya melakukan hal kooperatif disini adalah melakukan dukungan dan kerjasama yang baik dengan bagian atau divisi yang berhubungan langsung menangani keluhan konsumen.

Mintalah mereka untuk selalu bisa membuat konsumen terpuaskan. Dalam kenyataannya, kekecewaan yang datang dari konsumen memang banyak berasal dari tak tertanganinya urusan keseriusan departemen atau divisi untuk memuaskan konsumen. Ini tentu hal yang ceroboh bila Anda memang melakukannya.

Artikel lain: Penting Bagi Pengusaha! Konsumen Modern Kini Butuh Produk Dengan Nilai Lebih

Maka dari itu lakukan saja pendampingan dan pelatihan yang baik untuk divisi pelayanan konsumen ini. Bagaimana jika kta sendiri yang berhadapan langsung dengan konsumen? Tentu hal ini tidak akan terlalu menjadi masalah serius karena disini Anda yang akan memainkan perannya.

2. Jalankan Kolaborasi

Untuk mengatasi keluhan dan kekecewaan dari konsumen atau pelanggan memang diperlukan sebuah kolaborasi atau kerjasama yang apik dari semua divisi perusahaan. Anda tak bisa hanya membebankan hal ini pada satu divisi saja. Namun lebih dari itu diperlukan sebuah kebersamaan dan kolaborasi untuk mengatasi keluhan. Lakukan saja rapat dan evaluasi bersama antar divisi.

Berikan pemahaman pentingnya kepuasan konsumen. Lebih dari itu Anda sebagai sebagai pemimpin perusahaan juga harus memberikan waktu bagi anggota divisi untuk menyampaikan masukan, kritik dan penjelasan lainnya.  Anda sebagai pemilik bisnis atau pemangku jabatan pemimpin perusahaan memang harus turun tagan melakukan hal ini jika tak ingin permasalahan kekecewaan konsumen ini berlanjut terus menerus.

3. Selalu Suportif Terhadap Konsumen 

Untuk membuat kolaborasi dalam tim dan antar divisi ini lebih maksimal, Anda sebagai pemilik bisnis atau pemimpin perusahaan harus mampu membuat budaya saling menolong antar tim. Umumnya permasalahan yang muncul dari kekecewaan konsumen ini memang berasal dari tidak adanya rasa saling menolong dalam tim di perusahaan.




Dari sini divisi yang langsung berhubungan dengan konsumen merasa tak terbantu dari tim lain untuk memaksimalkan perannya. Padahal mereka membutuhkan data atau bantuan dari tim lain untuk bisa membuat konsume merasa puas.  Maka sebagai pemimpin perusahaan atau pemilik bisnis harus bisa memastikan bahwa antar tim atau divisi di perusahaan Anda memiliki budaya kerja saling tolong menolong.

Baca juga: 6 Kiat Agar Bisnis Online Anda Kredibel di Mata Konsumen

4. Berikan Pelayanan Konsumen yang Inovatif 

Setelah Anda bisa membangun budaya kooperatif, kolaborasi dan saling menolong dalam tim di perusahaan, maka langkah terakhir untuk bisa membuat pelanggan tersenyum kembali dari kekecewaanya adalah dengan mengeksekusi ide kreatif dengan tindakan yang bisa memikat konsumen. Kreativitas dalam ide menaklukkan hati konsumen memang diperlukan agar Anda sukses dalam eksekusi.

Maka carilah ide paling kreatif dari cara-cara terbaru atau mengkolaborasikan dengan cara lama agar lebih manjur untuk bisa menaklukkan konsumen. Dalam eksekusi pun Anda tak boleh sembarangan, Anda harus bisa memastikan tim mampu memikat hati kosumen agar bisa kembali tersenyum.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Bang maxmanroe cara liat blog itu diterima adsense gimna
    saya sudah daftar tapi cuman dapet 1 email dari adsense
    email balasannya cuman berisi saya ganti negara aja

    • Komentar tidak sesuai topik nih, biasanya saya hapus. Komentar soal Adsense harusnya di artikel tentang Adsense mas Dadi :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud