6 Kiat Agar Bisnis Online Anda Kredibel di Mata Konsumen

Image dari Lifehack.org

Image dari Lifehack.org

Di dalam kegiatan #bisnis online, sebuah kepercayaan adalah modal utama yang harus dimiliki pelaku bisnis tersebut. Kegiatan usaha yang dilakukan melalui media online sudah pastilah harus memiliki unsur kepercayaan didalamnya, karena setiap konsumen yang ingin membeli suatu produk kepada penjual online tidak melihat atau berinteraksi dengan produk bahkan dengan penjual online itu sendiri secara langsung.

Untuk itulah, pelaku bisnis online dituntut untuk memiliki citra yang positif agar konsumen percaya dengan jasa atau produk yang Anda tawarkaN. Jika Anda sudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen, pastilah bisnis yang Anda jalankan akan di anggap bisnis online yang kredibel dan hal ini menjadi nilai tambah untuk sebuah merek di bisnis online.

Akan tetepi tidak dipungkiri masih banyak pelaku bisnis online yang tidak memperhatikan hal tersebut. Mereka menargetkan tujuan berdasarkan penjualan. Memang tidak sepenuhnya salah karena setiap kegiatan bisnis di anggap berhasil jika mencapai suatu transaksi. Tapi selain itu sebuah kepercayaan dan kredibilitas merek adalah salah satu tujuan utama.

Artikel lain: Tips Menjaga Kepercayaan Pelanggan Online di Bisnis Anda

Untuk itulah penulis mencoba berbagi sedikit tips mengenai 6 kiat agar bisnis online Anda kredibel di mata konsumen dan mereka merasa percaya untuk bertransaksi dengan Anda.

1. Saluran Komunikasi yang Responsive

Dalam berbisnis online, komunikasi adalah hal vital dimana konsumen akan berinteraksi dengan kita seputar transaksi jual belinya. Oleh karena itu gunakan berbagai saluran komunikasi seperti SMS, email, #media sosial atau instant messanger. Hal ini untuk memberkan alternatif kepada konsumen untuk berhubungan dengan kita melalui berbagai saluran komunikasi.

Dibutuhkan berbagai varian saluran komunikasi tersebut karena perilaku konsumen berbeda-beda. Ada yang hanya menggunakan email untuk berinteraksi, ada yang menggunakan instant messanger saja. Untuk itulah kita sebagai penjual harus memberikan fasilitas komunikasi yang variatif hal ini agar konsumen mudah untuk berinteraksi ataupun hanya bertanya seputar produk yang Anda jual.

2. Pelayanan yang Cepat

Hal kedua yang harus diperhatikan pelaku bisnis online adalah memiliki pelayanan atau respon yang cepat. Di dalam dunia bisnis online istilah tersebut biasa disebut dengan fast response. Dengan memiliki pelayanan yang cepat tanggap akan membuat konsumen merasa dihargai, dan mereka tidak akan sungkan untuk berkomunikasi dengan Anda.

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk, seorang konsumen akan mencoba untuk bertanya seputar produk yang Anda jual. Jadi untuk itulah kecepatan dalam menanggapi suatu respon dari konsumen sangat penting, karena bisa saja penjualan gagal karena Anda menanggapinya dengan lamban dan akhirnya konsumenpun memilih untuk membeli produk pesaing Anda.

3. Tampilkan Produk Dengan Detail

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, pembeli tidak melihat bahkan tidak memegang produk yang Anda jual. Mereka berasumsi melalui gambar produk yang Anda tampilkan. Untuk itulah Anda harus jujur dan menampilkan gambar dengan sebenar-benarnya.




Berikan detail produknya, contohnya berapa berat bersih produk tersebut, lalu berapa ukuran keseluruhan dari produk tersebut serta berikan detail warna yang sebenar-benarnya. Hal ini untuk mencegah konsumen merasa kecewa karna barang yang diterimanya tidak sesuai dengan yang ada di gambar tersebut.

Selain itu dalam hukum dan etika bisnis sekalipun menampilkan gambar yang rancu atau tidak sesuai dengan aslinya merupakan hal yang sangat buruk. Jadi mulai saat ini perhatikan gambar produk yang Anda tampilkan, buatlah semenarik mungkin bila perlu gunakan jasa fotografer profesional agar produk yang ditampilkan menarik tanpa menghilangkan sisi keaslian produk tersebut.

4. Menyediakan Beberapa Pilihan Rekening

Pelaku bisnis online sudah pastilah harus memiliki beberapa pilihan rekening di berbagai bank. Hal ini untuk memudahkan konsumen bertransaksi dengan kita. Karena konsumen kita sifatnya universal jadi dengan memiliki beberapa pilihan rekening diharapkan konsumen akan mudah untuk bertransaksi.

Karena sepengalaman kami, ada beberapa calon konsumen yang mengurungkan niatnya untuk membeli dikarenakan kita tidak memiliki rekening yang sesuai dengan rekening yang mereka gunakan. Tentunya hal ini menjadi suatu kerugian untuk kita.

5. Terbuka, Menerima Kritik dan Saran

Ada kalanya produk yang kita kirim tidak sesuai dengan ekspetasi konsumen dan sudah tentu konsumen akan mengajukan komplain kepada kita. Jika ini terjadi sebaiknya kita tanggapi dengan lapang dada, karena salah satu tujuan dari penjualan adalah kepuasan konsumen.

Dengan menerima kritik dari konsumen dan menanggapinya dengan baik maka konsumen akan merasa diperhatikan dan ini menjadi salah satu feedback positif dari konsumen kita. Lakukan evaluasi setelah itu dan perbaiki agar tidak terjadi lagi.

Baca juga: 7 Tips Membangun Merek Bisnis yang Menjual

6. Membuat Program Garansi Barang

Tidak dipungkiri, kita akan merasa nyaman dan aman jika kita membeli suatu produk yang menggunakan garansi barang. Entah garansi barang dikirim baru jika barang tidak sesuai dengan ekspetasi konsumen, yang jelas kita akan merasa lebih nyaman jika membeli suatu produk yang bergaransi. Untuk itulah memulai untuk mempelajari program-program dari pesaing dan bisa kita duplikasi kepada merek yang kita kembangkan.

Sekian 6 kiat agar bisnis online Anda kredibel di mata konsumen. Semoga dapat menjadikan bisnis yang sedang Anda jalankan semakin kredibel dan menjadi bisnis yang dapat dipercaya oleh calon konsumen Anda.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud