Mau Beli Ponsel Tapi Binggung Sistem Operasi yang Bagus? Sesuaikan Saja dengan Pilihan Berikut Ini

Sistem Operasi Mobile

Image dari Business2community.com

Untuk membeli sebuah ponsel memang tak melulu melihatnya dari harga dan spesifikasi inti seperti RAM, prosesor, kamera dan memori internal. Tapi penerapan #Operating System (OS) pada smartphone terkadang juga menjadi perhatian beberapa konsumen untuk membelinya. Meski kini OS Android kini sedang merajai pasaran, namun bukan berarti semua orang membeli ponsel dengan sistem operasi milik Google tersebut.

Dalam kenyataannya memang beberapa orang lebih suka dengan OS selain Android, tentu dari beberapa pertimbangan yang ada. Tapi sayangnya ada masih ada juga yang bingung serta ragu untuk menentukan OS yang terbaik untuk #smartphone yang akan dibelinya. Nah bagi Anda yang ingin membeli ponsel pintar namun mentok pada kebingungan sistem operasi yang dipilih maka berikut ini ada sejumlah informasi yang bisa Anda jadikan pedoman.

1. Smartphone dengan Sistem Operasi iOS

Pilihan pertama sistem operasi yang bisa Anda pilih adalah iOS dari Apple. Perlu Anda ketahui bahwa sistem operasi dari iOS ini adalah adanya tampilan user interface dan tema yang selalu sama di setiap seri ponselnya. Nah jika Anda tak menyukai hal yang terus menerus sama di setiap seri ponsel maka hindari membeli iOS. Kekurangan lain dari sistem operasi iOS adalah tidak bisa diotak-atik alias default.

Tapi jangan dulu kabur, OS iOS ini juga memiliki keutamaan pada ekosistemnya seperti desain yang elegan. Di setiap perangkatnya Apple memang selalu mengutamakan immewah dan kualitas terbaik. Dari sini maka wajar bila smartphone dengan OS #iOS selalu bergengsi dan membuat penggunanya memiliki status sosial yang tinggi. Hal ini terbukti dari harga yang mahal yang harus ditebus konsumen jika ingin memiliki ponsel pintar dengan OS iOS.

Artikel lain: Inilah 3 Sistem Operasi yang Akan Menjadi Pesaing Serius OS Android

2. Smartphone dengan Sistem Operasi Android

Berikutnya, pilihan untuk sistem operasi pembelian smartphone adalah #Android. Ya, sistem operasi dari Google ini merupakan pilihan yang paling banyak beredar di masyarakat. Jadi ketika Anda ingin memiliki smartphone dengan OS Android maka akan sangat mudah Anda mendapatkannya.

Bermacam-macam jenis atau merek smartphone pun bisa Anda dapatkan dari OS Android ini. Jadi smartphone dengan OS Android ini akan sangat cocok bagi mereka yang suka bosan dengan satu merek ponsel. Selain mudah didapatkan, smartphone Android memiliki kelebihan untuk dikostumisasi (diotak atik) sesuai keinginan.

Jadi dari sini Anda bisa mengubah tema, jenis huruf (font) hingga launcher. Tapi meski demikian, OS Android ini juga memiliki kelemahan yaitu tingkat keamanan (security) yang lemah. Hal ini dikarenakan #aplikasi yang ada di toko aplikasinya (Google Play) semua tersedia secara terbuka dan gratis.

3. Smartphone dengan Sistem Operasi Windows Phone

Bila Anda ingin tampil beda, Anda bisa coba memilih dan menggunakan ponsel pintar dari Microsoft dengan sistem operasi #Windows Phone. Meski kalah populer dari iOS dan Android, dengan smartphone Windows Phone Anda akan mampu tampil beda dengan yang lain.

Kelebihan lain dari OS Windows Phone selain bisa tampil beda adalah tingkat keamanan yang mumpuni dan juga integrasi segala layanan pada perangkat Windows sehingga penggunanya lebih cepat dalam mengakses sesuatu. Dengan tampilan atau interface yang unik yaitu berupa kotak-kotak maka dengan menggunakan Windows Phone maka Anda pun akan mampu tampil dengan beda dengan yang lain.




Baca juga: Inilah 7 Perubahan Terpenting Pada Sistem Operasi Terbaru iOS 9

4. Smartphone dengan Sistem Operasi BlackBerry

Terakhir, sistem operasi yang bisa jadi pilihan Anda untuk membeli smartphone adalah BlackBerry. Meski sudah bukan lagi zamannya, #BlackBerry tentu saja masih bisa Anda dapatkan di beberapa toko. Dan kelebihan OS BlackBerry yang akan terus dikenang oleh dunia adalah fitur push email yang menjadikan tingkat keamanan menjadi lebih mumpuni.

Meski kemudian merilis multi touchscreen namun sejarah akan mencatat bahwa BlackBerry merupakan pioner smartphone yang dilengkapi dengan track ball. Smartphone yang satu ini akan sangat cocok untuk Anda yang bekerja dengan cepat menggunakan keyboard Qwerty. Sedangkan kelemahan dari OS buatan perusahaan Kanada ini adalah menu hiburan yang sedikit dan jumlah aplikasi yang tidak terlalu banyak.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud