Inilah 7 Perubahan Terpenting Pada Sistem Operasi Terbaru iOS 9

Image dari 9to5mac.com

Image dari 9to5mac.com

Jika #Android telah meluncurkan sistem operasi 6.0 Marsmallow terbarunya pada bulan Agustus kemarin, kini giliran Apple yang akan meluncurkan sistem operasi terbarunya iOS 9. Sistem operasi yang rencananya akan dilauncing pada bulan Oktober atau musim gugur tahun ini diberitakan akan disematkan beragam fitur-fitur baru untuk meningkatkan kinerja keseluruhan perangkat iOS, termasuk iPhone, iPad, dan iPod touch.

Dari perbaikan kecil dan besar seperti pencarian yang lebih cerdas hingga tombol Shift yang telah ditingkatkan pada keyboard, kabarnya akan dihadirkan pada #iOs 9. Lalu apa saja perubahan yang akan ada pada iOS 9 ini? Berikut ulasannya.

1. Pencarian yang Lebih Baik

Perubahan pertama dari iOS 9 adalah pencarian yang lebih baik. Hal ini bisa dilihat dari adanya pembaruan sebuah alat pencarian perangkat Anda informasi, seperti kontak atau #email secara cepat yang terangkum dalam fitur Spotlight di iOS 9.

Di samping pembaruan fitur Spotlight, Apple juga menambahkan fitur baru yang berlimpah. Dengan adanya perubahan tersebut, pengguna akan dapat mengakses pencarian dari dua lokasi yang berbeda. Di sebelah kiri layar awal utama atau dengan swipe ke bawah pada salah satu home screen di perangkat untuk menampilkan kolom pencarian.

Artikel lain: Proactive Assistant ~ Asisten Virtual Terbaru Milik Apple

2. Siri yang Memiliki Kemampuan Baru

Dalam #sistem operasi terbaru iOS 9, pengguna bisa meminta Siri untuk melakukan beberapa hal seperti menampilkan foto dari tanggal atau lokasi tertentu dan mengatur pengingat (reminder) yang dipicu ketika Anda masuk ke mobil Anda (dengan asumsi, iPhone dan mobil Anda terkoneksi satu sama lain melalui Bluetooth).

Selain itu perubahan yang ada pada Siri akan mampu mengingatkan Anda pada konten yang telah Anda lihat dalam aplikasi, seperti jika Anda mengetik di aplikasi Notes dan ingin beristirahat, Anda bisa meminta Siri: “Ingatkan saya untuk menyelesaikan catatan malam ini.”

3. Aplikasi News Baru

Jika Anda membutuhkan kabar berita selalu tampil di perangkat #Apple Anda, maka dengan iOS 9 Anda bisa berlangganan untuk memilih kelompok penyedia berita dan blog dari dalam aplikasi, atau menambahkan situsnya melalui Safari.

Aplikasi News terbaru dari iOS 9 ini akan menjanjikan sebuah pengalaman yang disempurnakan dengan audio, video, galeri dan animasi. Tidak hanya itu, setiap paginya The New York Times akan menyapa Anda dengan konten harian singkat yang memuat cerita terbesar.

4. Perbaikan Aplikasi Notes

Berikutnya, perubahan yang akan dinikmati pada iOS 9 adalah perbaikan #aplikasi notes. Dengan sistem operasi terbaru ini, pengguna akan dapat memasukkan link web, teks yang telah diformat, foto dan bahkan sketsa yang digambar dengan tangan.




Selain itu perubahan pada aplikasi notes ini akan bisa membuat Anda dapat membuat folder untuk mengatur catatan Anda lebih baik serta melakukan sinkronisasi catatan dengan perangkat Apple Anda dengan menggunakan iCloud Drive.

5. Arah Transit di Apple Maps

Apple memberikan solusinya sendiri untuk aplikasi transit yang belum dimilikinya sejak tahun 2012. Tampilan transit di Apple Maps baru akan menunjukkan rute dan arah untuk jalur kendaraan umum. Selain itu Anda juga dapat meminta Siri untuk menunjukkan arah transit.

Sayangnya  penunjuk arah transit ini masih tersedia dalam jumlah terbatas di wilayah metro, seperti Baltimore, Berlin, Chicago, London, Mexico City, New York City, Philadelphia, San Francisco, Toronto, Washington DC, dan sejumlah kota di seluruh Tiongkok.

6. Wallet Menggantikan Passbook

Bagi Anda yang sering menggunakan Passbook, di sistem operasi terbaru iOS 9 Passbook tersebut akan hadir dengan nama baru Wallet. Meski hadir dengan nama baru, Anda tidak perlu memasukkan kembali string sejumlah angka dan hal-hal pribadi lainnya.

Di iOS 9, Wallet sendiri juga telah mendukung lebih banyak rewards, toko, dan kartu kredit, termasuk Discover, Kohl’s, JCPenney, Dunkin ‘Donuts DD Perks, Walgreens Balance Rewards dan MyPanera.

Baca juga: 5 Produsen Smartphone Lokal yg Siap Bersaing dengan Apple dan Samsung

7. iPad Slide Over dan Split-Screen View

Terakhir, perubahan pada iOS 9 terdapat pada kemampuannya untuk menggunakan dua aplikasi pada waktu yang sama. Kemampuan ini sendiri bernama iPad Slide Over dan Split-Screen View yang bisa bisa Anda gunakan pada perangkat iPad. Saat peluncuran, iPad Air 2 akan menjadi satu-satunya model yang mendukung aplikasi split-screen.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud