Mau BBM di Android Tidak Lemot? Terapkan Tips Berikut Ini

cara mengatasi BBM lemot

Image dari Belladyna.com

BBM (BlackBerry Messenger) merupakan sebuah aplikasi pesan instan yang sudah marak digunakan oleh masyarakat. Dengan segala keunggulan dan kelebihannya, aplikasi yang dikembangkan oleh Research In Motion (RIM) ini memang selalu menarik banyak orang untuk menggunakannya. Pertumbuhan pemakai aplikasi instan messaging ini dari tahun ke tahun memang selalu meningkat.

Hal ini disebabkan oleh adanya perluasan penggunaan #BBM lintas platform untuk iOS dan Android pada tanggal 23 Oktober 2013 silam. Namun sayangnya meski aplikasi ini makin populer, pada saat penggunaannya di ponsel Android seringkali pemakai mendapati aplikasi BBM yang lemot atau lelet alias lambat. Mengapa hal ini terjadi? yang pasti aplikasi BBM for Android ini memang akan cukup banyak memakan RAM.

Nah dari penyebab umum inilah maka kinerja smartphone Android akan jadi lemot atau lamban. Lalu, jika hal ini terjadi, bagaimana caranya untuk membuat BBM Android ini tidak lagi lemot? Berikut beberapa tipsnya.

1. Bersihkan Data dan Cache di Aplikasi BBM for Android

Tips pertama untuk mengatasi BBM lemot adalah dengan membersihkan data dan cache. Ini adalah cara umum yang sebenarnya bisa diterapkan pada aplikasi Android lainnya. Dengan menghapus data dan cache ini maka kapasitas RAM yang bisa jadi termakan habis oleh aplikasi BBM akan kembali lega dan besar.

Lalu bagaimana cara melakukan tips ini? Untuk menghapus data dan cache pada aplikasi BBM Anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan atau setting. Dari sana pilih applications dan kemudian pilih Application Manager. Dari sini pilih saja aplikasi BBM. Setelah masuk ke info aplikasi BBM, pada bagian storage, Anda bisa memilih clear data atau clear cache yang akan membebaskan RAM dengan menghapus data-data yang tidak lagi terpakai.




Artikel lain: Demi Perluasan Layanan, Blackberry Messenger Rela Dipinang Emtek Group

Namun ada konsekuensi yang harus ditanggung dari penerapan tips ini yaitu pengguna akan otomatis keluar atau sign out dari aplikasi BBM. Nah untuk kembali menggunakan BBM maka Anda harus melakukan sign in lagi dengan mengisi alamat email dan password. Tidak hanya itu, saat melakukan tips ini maka Anda harus mau merelakan chat history terhapus dan recent update Anda menghilang. Tapi untungnya tips ini tidak akan menghapus kontak BlackBerry Messenger yang telah ada.

2. Gunakan Tema Asli Bawaan BBM

Salah satu hal yang membuat aplikasi BBM jadi lemot adalah adanya perubahan atau kostumisasi tampilan temannya. Saat Anda mengubah tampilan tema ini maka memang akan terlihat lebih menarik, tapi sayangnya aplikasi BBM akan jadi lambat.

Nah dari sinilah bila Anda sudah merasa jengkel dengan aplikasi BBM yang melambat setelah mengubah tema ini maka satu solusi yang pasti untuk mengatasi ini adalah kembali menggunakan tema asli bawaan BBM. Untuk mengubah kembali ke tema asli BBM, Anda mau tak mau memang harus melakukan penginstalan ulang jika memang Anda mengganti tema BBM asli ini dulu dengan dengan file APK.

3. Hapus Grup atau Kontak Tidak Penting

Saat menjalin kontak dengan banyak teman lama via BBM memang seringkali kita mendapat ajakan untuk membentuk grup BBM. Nah dari sinilah maka semakin banyak grup BBM yang dimiliki maka semakin besar pula kemungkinan #aplikasi BBM kita jadi lambat atau lemot.




Tidak hanya itu dari banyaknya kita berteman lewat BBM, maka kontak yang banyak ini juga akan membuat aplikasi pesan instan ini jadi melambat. Nah dari sini maka agar BBM tidak lagi lemot maka mau tak mau memang kita harus menghapus salah satu atau beberapa kontak atau grup yang ada.

Cobalah untuk melihat dan menghapus kontak atau grup yang memang bukan merupakan teman yang Anda kenal. Seprerti grup BlackBerry yang sering digunakan untuk berjualan dan membagi-bagikan gambar. Dengan menghapus kontak dan grup BBM ini maka aplikasi dan smartphone Anda akan jadi berfungsi lebih cepat.

Baca juga: Tenggelamnya Blackberry Dan Warisan Masa Depan

4. Ubah Pengaturan BBM for Android Seperlunya

Terakhir, tips untuk membuat aplikasi BBM tidak lagi lemot atau lambat adalah dengan mengubah pengaturan BBM dengan seperlunya saja. Salah satu pengaturan yang seringkali membuat aplikasi BBM jadi lemot adalah pengaturan informasi lagu yang muncul di status BBM.

Nah untuk itulah saat BBM Anda diatur dengan menampilkan lagu ini maka sebaiknya Anda kembalikan ke sedia kala. Anda juga tak pelu melakukan pengaturan dengan menampilkan negara serta waktu. Atur saja BBM ini seperlunya agar Anda bisa menggunakan BBM dengan lancar dan cepat.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud