Demi Perluasan Layanan, Blackberry Messenger Rela Dipinang Emtek Group

Demi Perluasan Layanan, Blackberry Messenger Rela Dipinang Emtek Group

emtek akuisisi blackberry messenger
Image dari Liputan6.com

Belum lama ini tersiar kabar bahwa salah satu perusahaan besar dari Indonesia yakni PT Elang Mahkota Teknologi atau Emtek Group telah mengajukan penawaran kerjasama dengan aplikasi perpesanan populer #BlackBerry Messenger. Kerjasama tersebut berhasil dijalin dengan tujuan untuk memperluas layanan BlackBerry Messenger dengan berbagai konten baru yang jauh lebih fresh.

Nantinya perusahaan Emtek Group sendiri akan mulai mengembangkan beberapa layanan baru dengan basis aplikasi Blackberry Messenger. Informasi selengkapnya bisa rekan-rekan simak pada artikel di bawah ini.

Kerjasama Lisensi Software

Disampaikan secara resmi bahwa saat ini perusahaan Emtek Group asal Indonesia telah menjalin kerjasama dan menaungi pengembang aplikasi perpesanan BlackBerry Messenger. Mengenai kontrak yang disetujui tersebut, kerjasama ini dijalin dalam bentuk perjanjian lisensi software serta hak kekayaan intelektual BBM. Sejalan dengan proses akuisisi yang telah dilakukan, anak perusahaan Emtek Group yakni KMK online akan menjalankan semua proses pengembangan aplikasi BBM.

Mengenai perusahaan Emtek Group sendiri, merupakan salah satu jaringan bisnis besar yang ada di Indonesia. Perusahaan ini juga menaungi stasiun televisi swasta nasional PT Surya Citra Mandiri (SCTV) serta Indosiar. Tidak hanya itu, KMK online yang menjadi divisi bisnis online milik Emtek Group juga membawahi beberapa perusahaan besar seperti salah satunya #ecommerce Bukalapak.

Artikel lain: Tenggelamnya Blackberry Dan Warisan Masa Depan

Dengan jaringan yang begitu besar, tentu tidak terlalu sulit bagi Emtek group untuk semakin mengembangkan aplikasi perpesanan BBM terutama untuk menjangkau pengguna di kawasan Indonesia dan Asia Tenggara. Untuk memperlancar semua itu, nantinya KMK online juga akan membuka sebuah kantor bersama di kawasan Toronto Kanada sebagai basis pengembangan BBM.

Dari pihak Emtek Group, CEO Emtek, Alvin Sariaatmadja menyatakan bahwa kerjasama yang dijalin dalam bentuk perjanjian lisensi dengan pengembang BlackBerry Messenger tidak lepas dari tujuan dan visi BlackBerry untuk merangkul lebih banyak konsumen. Dari pihak Emtek sendiri, nantinya akan semakin banyak aplikasi berbasis mobile dan juga layanan yang akan masuk pada ekosistem aplikasi BBM.

Berapa Pengembangan yang Bakal Dilakukan

Sejalan dengan kerjasama yang telah di teken kontrak, beberapa informasi terkait layanan baru yang akan dikembangkan adalah diantaranya pembuatan program aplikasi antarmuka BBM (API) yang akan semakin mendukung teknologi mobile yang terbuka. Dari situ nantinya Emtek Group bisa banyak menjalin kerjasama dengan mitra maupun penyedia layanan pihak ketiga.

Disampaikan oleh CEO BlackBerry John Chen, beberapa konten lain yang bakal hadir dalam aplikasi BBM yakni antara lain fasilitas ecommerce, video, musik hingga permainan.

“Pengguna BBM kami adalah orang-orang yang benar-benar menghargai BBM sebagai cara terbaik untuk berbagi dan terhubung satu sama lain. Kami ingin terus menawarkan pengguna kami bahkan lebih dengan media yang paling kaya konten-dan layanan baru seperti ecommerce, video yang , musik dan permainan,” jelas John.

Selain itu perusahaan Emtek juga akan mengembangkan platform aplikasi BBM yang baru seperti untuk sistem operasi Android, #iOS serta Windows Phone. Dukungan juga akan didapatkan dari aset media milik Emtek Group seperti konten siaran televisi, situs web, produksi konten dan tidak ketinggalan juga artis yang dimiliki oleh grup bisnis tersebut.

Baca juga: Tahun 2016, Apa Kabar BlackBerry? Inilah Kabar dan Berita dari Perusahaan Asal Kanada Tersebut

Dengan ini nantinya, membuka kesempatan bagi para pengguna aplikasi BBM untuk bisa mengakses konten siaran televisi free-to-air (FTA) yang memang telah dimiliki oleh Emtek group sebelumnya. Selain itu terdapat juga fasilitas streaming video online yang diproduksi oleh production house Emtek dengan berbagai tema seperti hiburan teknologi dan layanan digital.

Terkait dengan fasilitas e-commerce yang telah disebutkan sebelumnya, ke depan pengguna aplikasi BBM juga bisa melakukan transaksi kupon digit ataupun layanan online to offline seperti membeli tiket bioskop, tiket wisata serta layanan kesehatan secara online.

1 KOMENTAR

  1. Dedy Akas Website

    Akhirnya BBM unjuk kebolehan lagi dengan selalu membuat trobosan-trobosan baru…
    Menyimak dari artikel ini… lama-lama BBM makin canggih ajah…
    Salam,

Tinggalkan Balasan