Legacy Contact, Mewariskan Akun Facebook Setelah Meninggal

Legacy-Contact-Mewariskan-Akun-Facebook-Setelah-Meninggal

Tidak ada yang tahu tentang umur seseorang karena rezeki, jodoh dan maut ada di tangan Tuhan. Tidak mengherankan bila sebagian orang berusaha mempersiapkan segala hal dengan baik untuk berjaga-jaga mengatasi kemungkinan situasi yang bisa terjadi.

Kini bukan hanya harta warisan saja yang bisa diwariskan kepada orang-orang yang kita tinggalkan ketika kita meninggal. Karena perkembangan media sosial juga mendorong #Facebook untuk mempersiapkan fitur khusus bagi para penggunanya. Fitur tersebut dikenal dengan istilah Legacy Contact.

Apa itu Legacy Contact?

Pada awal periode Februari 2015, Facebook memperkenalkan fitur Legacy Contact pada pengguna Facebook di U.S. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengatur siapa saja yang berhak mengakses dan memegang kendali atas penggunaan Facebook ketika sang pemilik Facebook sudah meninggal.

Menurut developer Facebook, Legacy Contact dapat diartikan sebagai orang yang kita pilih untuk me-manage akun Facebook kita setelah kita meninggal. Hal ini diyakini Facebook dapat menjadi bentuk penghormatan dan penyimpanan kenangan secara modern ketika seorang pengguna Facebook telah meninggal.

Semua status, foto-foto dan aktivitas yang digunakan seorang pengguna Facebook dapat diabadikan sebagai memori kehidupan yang tidak terlupakan. Hal ini tentu menjadi suatu bentuk penghiburan bagi keluarga dan teman-teman yang ditinggalkan oleh sang pemilik akun Facebook.

Artikel lain: Gebrakan Inovasi Facebook di Tahun 2015, Apa Saja?

Langkah-Langkah Membuat Legacy Contact

Membuat Legacy Contact ternyata sangat mudah. Pada halaman homepage Facebook, kita tinggal mengklik icon arah panah yang mengarah ke bawah. Selanjutnya, kita tinggal memilih opsi setting, opsi security kemudian scroll ke bawah untuk menemukan opsi Legacy Contact. Melalui opsi Legacy Contact, kita bisa mengatur izin akses yang ingin kita berikan kepada orang lain.

Siapa Legacy Contact yang sebaiknya kita pilih?

Pertanyaan ini tentu muncul di benak kita saat mulai mengenal dan ingin menggunakan fitur Legacy Contact. Ada beberapa keterbatasan yang tidak bisa dilakukan si Legacy Contact terhadap akun kita, misalnya keterbatasan untuk tidak dapat melihat pesan di Facebook. Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh Legacy Contact sesuai dengan izin yang kita berikan, hal-hal tersebut antara lain :

  • Menanggapi request dari teman Facebook
  • Mengubah foto cover dan foto profil
  • Membuat pinned posting pada halaman teratas Facebook
  • Mengunduh tulisan dan foto

Facebook memfasilitasi kita dengan keleluasaan untuk memilih siapa pun Legacy Contact yang kita inginkan, asalkan Legacy Contact tersebut juga menjadi pengguna Facebook. Jadi, pertimbangan untuk memilih anggota keluarga atau teman yang tidak menggunakan Facebook sebaiknya harus segera dikesampingkan. Kita tentu akan sangat beruntung bila memiliki saudara sepupu, keponakan atau kerabat sebaya yang sudah terbiasa menggunakan beragam fitur Facebook.

Tidak ada larangan untuk memilih siapa Legacy Contact yang kita kehendaki. Namun tentu perlu diingat bahwa kita harus memilih Legacy Contact yang mengenal kita dengan baik dan bisa diberi tanggng jawab untuk mengelola akun Facebook kita. Kita bisa mempertimbangkan sahabat yang sudah kita kenal selama bertahun-tahun sebagai salah satu pilihan Legacy Contact yang bisa diberi tanggung jawab.




Baca juga: Mengenal Facebook Lite dan Kegunaannya

Pilihan Yang Bisa Dibuat oleh Legacy Contact

Legacy Contact Facebook memiliki wewenang untuk menghapus atau mengabadikan akun Facebook yang sudah kita wariskan. Bila Legacy Contact memilih untuk mengabadikan akun Facebook kita, maka akun kita akan memiliki label “memorialized” dan tidak akan muncul di news feed.

Teman-teman Facebook bisa mengakses halaman Facebook kita hanya untuk sekedar mengenang tanpa harus terganggu dengan promo iklan pada halaman Facebook tersebut. Semua pilihan tersebut bisa dipilih oleh Legacy Contact melalui pengisian formulir online setelah mendapat wewenang untuk mengakses suatu akun Facebook.

Jadi, apakah kita ingin meninggalkan kesan yang baik melalui halaman Facebook kita?

Mungkin ini saat yang tepat untuk mem-posting hal-hal bermanfaat di Facebook dan menetapkan siapa Legacy Contact yang paling cocok diberi wewenang akses Facebook. Sebab dunia digital telah memberikan suatu bentuk warisan modern yang membuat para penggunanya punya kenangan manis yang bersifat longlasting.




1 comment on this postSubmit yours
  1. Masih banyak yang belum tahu fitur ini, saya saja baru tahu, tapi sebelumnya pernah saya baca di media nasional tentang rencana fitur ini.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud