Gebrakan Inovasi Facebook di Tahun 2015, Apa Saja?

Inovasi-Facebook-di-Tahun-2015

Serunya menggunakan Facebook! Hingga tahun 2015, Facebook memang menjadi salah satu #media sosial paling powerful dan belum terkalahkan oleh para pesaingnya. Selain dilengkapi dengan aneka fitur hiburan yang keren, Facebook juga mengungguli dunia teknologi dengan melakukan sejumlah gebrakan inovasi baru.

Inovasi apa saja yang pernah dibuat oleh Facebook? Selain membuat berbagai versi aplikasi mobile, #Facebook juga sudah beberapa kali menyesuaikan tampilan timeline dan news feed sesuai dengan minat dan tren yang tengah digandrungi para pengguna internet. Seakan tidak pernah lelah dan bosan dalam berinovasi, di tahun 2015 ini Facebook kembali membuat beberapa karya inovasi ini:

Terobosan Baru Pada Fitur Pesan

Pada awal tahun 2014, Facebook baru saja memulihkan diri dari gempuran aplikasi chat Snapchat yang mulai digemari oleh kalangan generasi muda. Pada periode Februari 2014, Facebook berhasil mengakuisisi #Whatsapp dengan nilai fantastis mencapai US$ 19 milyar.

Akuisisi tersebut dilakukan dengan perencanaan dan perhitungan bisnis yang matang. Sebab Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chat dengan 450 juta pengguna aktif sejak diluncurkan 4 tahun yang lalu. Jumlah ini tentu jauh lebih unggul bila dibandingkan dengan pencapaian Facebook, Twitter dan Skype.

Disamping itu, Whatsapp juga berkomitmen menjadi platform aplikasi chat tanpa pemasangan banyak iklan. Sehingga para pengguna Whatsapp bisa menggunakan aplikasi chat ini dengan nyaman dan leluasa tanpa tampilan iklan yang mengganggu. Selanjutnya, pengguna Facebook tinggal menantikan ragam inovasi baru hasil kolaborasi Facebook dan Whatsapp.

Artikel terkait: Fakta Menarik Dibalik “Pinangan” Facebook atas WhatsApp




Rasakan Pengalaman Virtual Reality

Saat Facebook berkesempatan mengakuisisi pembuat headset Oculus Rift dengan nilai sebesar US$ 2 milyar, hal tersebut tentu mengejutkan banyak orang. Karena seperti yang kita ketahui, Facebook belum memiliki pengalaman di bidang teknologi virtual reality. Apalagi tenologi Oculus Rift harus diproduksi dan digunakan dengan kisaran jumlah 50 juta hingga 100 juta unit supaya bisa diperhitungkan sebagai salah satu produk teknologi yang bermanfaat bagi dunia. Namun Mark Zuckerberg selaku pendiri Facebook berpendapat bahwa akuisisi teknologi virtual reality tersebut memiliki prospek masa depan yang menjanjikan.

Pada periode 10 hingga 15 tahun mendatang, teknologi virtual reality yang diakuisisi Facebook diharapkan dapat menjadi landasan bagi teknologi augmented reality yang diimplementasikan pada beragam produk teknologi. Disamping itu, teknologi virtual reality tersebut dipastikan bisa mendukung pengembangan beragam fitur Facebook di tahun-tahun mendatang.

Artikel lain: Mengenal Facebook Lite dan Kegunaannya

Kejutan Baru Lewat Akuisisi Drone

Bila akuisisi Oculus Rift yang dilakukan Facebook dipandang banyak orang sebagai taruhan yang terlalu berani, namun lain halnya dengan mengakuisisi perusahaan bernama Ascenta. Ascenta adalah salah satu perusahaan penghasil drone, teknologi pesawat tanpa awak berbahan dasar tenaga matahari.

Penggunaan Drone diharapkan bisa mendukung tersebarnya jaringan internet gratis ke seluruh penjuru dunia yang belum tersentuh oleh teknologi internet. Tentu saja proyek dahsyat ini dilakukan demi mendukung kemajuan teknologi sekaligus mempopulerkan Facebook beserta beragam aplikasi dan teknologi lainnya yang sudah diakuisisi perusahaan Facebook.




Untuk urusan proyek Drone, Mark Zuckerberg telah membentu sebuah tim yang diberi nama Connectivity Lab. Connectivity Lab yang dikepalai oleh engineering director bernama Yael Maguire berharap bahwa teknologi Drone yang membawa jaringan konektivitas internet akan mulai mengudara pada tahun 2015 ini. Proyek ini diharapkan membawa kesuksesan dan inovasi terbesar di bidang jaringan #internet nirkabel yang disebarkan ke seluruh penjuru dunia.

Ketiga inovasi Facebook tersebut akan segera dipersiapkan dalam menyambut tahun-tahun selanjutnya. Karena perusahaan teknologi harus terus berkembang dan berinovasi dalam memenuhi kebutuhan dan tren hidup para penduduk dunia.

Baca juga: Kurang Inovasi, Facebook ‘Membajak’ Beberapa Fitur Twitter

Apakah kita sudah siap menyambut gebrakan inovasi baru dari Facebook? Jadilah pengguna teknologi yang update terhadap ragam perkembangan teknologi yang sedang menjadi tren baru di dunia. Mari memanfaatkan teknologi secara bijak untuk mempermudah berbagai aktivitas kita setiap hari!




1 comment on this postSubmit yours
  1. pake drone? apakah dapt membuat facebook bertahan ……

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud