Mengenal Facebook Lite dan Kegunaannya

Facebook-Lite-dan-Kegunaannya

Sebagai raksasa sosial media dengan milyaran pengguna, ternyata tak membuat Facebook berhenti berinovasi. Setelah sebelumnya mengkreasi Facebook messenger, kini perusahaan yang bermarkas di Palo Alto, California ini meluncurkan Facebook Lite, sebuah aplikasi #Facebook yang diperuntukkan bagi pemilik smartphone murah dengan jaringan internet yang terbatas. Namun jika ditinjau dari sejarahnya sebenarnya Facebook versi “ringan” ini sebelumnya sudah sempat diperkenalkan pada tahun 2009 yang lalu. Sayangnya, pada 2010, rintisan Facebook lite ini harus dihentikan untuk dilakukan perbaikan kembali.

Saat ini facebook versi “ringan” itu telah hadir lagi dengan banyak pembaharuan. Facebook minimalis yang diberi nama Facebook lite ini sudah mendapatkan respon yang cukup besar dari publik. Karena sampai saat ini ini, aplikasi Facebook Lite ini telah didownload di play store sebanyak 10 ribu dan mendapatkan angka rating 4,6 dari 5 bintang yang diberikan oleh 639 pengguna. Bagi Anda yang tertarik ingin mendownload Facebook lite ini, Anda harus sedikit bersabar karena Facebook lite ini masih diuji coba di negara Nepal, Nigeria, Bangladesh, Afrika Selatan, Sudan, Sri Lanka, Vietnam dan Zimbabwe.

Artikel lain: Trik Menggunakan Aplikasi Facebook di iPhone

Sistem                        

Dengan ukuran sekitar 252 KB, Facebook lite ini sangat ringan untuk ditampilkan. Dengan ukuran yang tergolong kecil ini maka Facebook lite akan bekerja cepat dan maksimal meski pada perangkat #Android kelas low-end yang memiliki kapasitas penyimpanan terbatas.

Beberapa smartphone dengan koneksi internet rendah 2G atau yang lebih rendah juga masih kompatibel untuk bisa menampilkan halaman Facebook. Facebook Lite sendiri berbasis Snaptu, sebuah aplikasi web khusus telepon genggam yang mengkombinasikan beragam jenis jaringan sosial, berita terbaru, informasi cuaca, olahraga hingga informasi mengenai perfilman Hollywood dalam satu halaman.

Fitur dan Kelebihan

Meski ini merupakan aplikasi sederhana, namun karena telah mengalami perbaikan dan modifikasi dari versi sebelumnya, Facebook lite saat ini boleh dibilang cukup lumayan. Beberapa fitur tersebut adalah menu Timeline, Friends, Message, Notification, dan Settings. Untuk melakukan update status, anda bisa menuliskannya pada sebuah kolom di bagian bawah layar.




Facebook lite ini kini juga memiliki beberapa fungsi modern dari versi yang sebelumnya. Fungsi moden yang dimiliki Facebook lite adalah push notification serta integrasi aplikasi dengan kamera di ponsel. Maka dengan aplikasi ini selain Anda bisa memperbarui status, Anda juga dapat mengunggah foto dan membaginya pada teman-teman Anda. Fitur modern ini dihadirkan dengan tujuan supaya para pengguna tetap mempunyai pengalaman yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi Facebook yang premium.

Karena aplikasi ini dibuat dengan konsep sederhana dan ringan, maka bagi Anda yang jenuh dengan aktivitas menunggu, maka Facebook lite memberikan solusinya. Dengan Facebook lite Anda akan memperoleh pengalaman baru untuk melakukan penjelajahan Facebook yang cepat, termasuk dalam menampilkan gambar dan chatting dengan fitur Message yang ada.

Artikel lain: Inilah Statistik Pencapaian Facebook di Tahun 2014

Kampanye Perluasan Internet

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Facebook lite terbaru ini telah diuji coba di beberapa negara Asia dan Afrika dengan mendapat respon yang cukup bagus dari pengguna di negara tersebut. Mengapa harus dimulai dari negara Asia dan Afrika? Ya, facebook lite ini memang sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh Facebook, Inc selain untuk menghadirkan susana baru dalam ber-Facebook namun juga untuk mengkampanyekan perluasan internet dengan pengunaan sebuah jejaring sosial.

Untuk mensukseskan program kampanye perluasan internet ini, Facebook, Inc. dikabarkan serius membuat proyek internet.org dengan bantuan dan kerjasama dari beberapa perusahaan teknologi. Internet.org sendiri adalah proyek yang bertujuan untuk menghadirkan akses internet secara gratis kepada negara – negara yang masih memiliki akses internet yang terbatas dan terutama pada negara-negara yang belum punya jaringan internet.




Baca juga: Ini Tanda Seseorang Menderita Facebook Addiction Disorder, Waspadalah!

Dengan Internet.org ini Facebook, Inc. sangat optimis dapat merealisasikan programnya untuk memperluas dan meningkatkan jaringan dan akses di seluruh dunia. Optimisme mereka pada proyek Internet.org ini terlihat pada keseriusan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg yang rela berkeliling dunia untuk berkampanye dan menemui beberapa pemimpin negara yang dikunjunginya. Di Indonesia sendiri, Internet.org telah melancarkan aksinya dalam wujud jalinan kerjasama dengan XL Axiata.




4 total comments on this postSubmit yours
  1. video tidak bisa diunggah

  2. Apakah dengan menggunakan fblite mengurangi kualitas foto?

  3. Dengan terus berinovasi sepertinya facebook masih akan menikmati masa masa kejayaannya hingga beberapa tahun kedepan…

  4. Nice ,facebook lite bisa jadi suatu daya tarik baru buat para usernya.Btw mau share nih ada sosmed juga buatan anak Bangsa,namanya Sebangsa.Fiturnya gak kalah dengan facebook. Ada fitur 911(fitur keamanan) dan fitur menarik lainnya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud