Lakukan 7 Hal Ini Agar Karyawan Bekerja Lebih Maksimal

karyawan

Pekerja atau karyawan merupakan salah satu aspek dunia bisnis yang memiliki peran sentral utamanya untuk bisnis berskala besar. Tak jarang karyawan menjadi ujung tombak usaha yang kita jalankan. Merekalah yang langsung bersentuhan dengan pelanggan atau barang yang kita hasilkan. Oleh karena itu memastikan agar karyawan tetap menjalankan tugas dengan baik serta loyal merupakan kewajiban bagi para pemilik usaha.

Umumnya setiap orang membutuhkan timbal balik yang sesuai agar tetap menjalankan perannya dengan baik. Demikian juga dengan pekerja, mereka membutuhkan pendapatan serta beberapa hal lain di lingkungan kerja agar dapat bekerja dengan maksimal. Bagi rekan-rekan para pemilik usaha, berikut ini 7 keperluan utama karyawan di tempat kerja yang harus kita diperhatikan.

1. Pekerjaan yang Tepat Untuk Orang yang Tepat

Jika ingin pekerja dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal, kita harus jeli menempatkan mereka pada pekerjaan yang sesuai. Pengamatan awal tersebut dapat di dasarkan dari tingkat pendidikan, skill, ketertarikan, serta kepribadian orang tersebut. Memang tidak mudah untuk benar-benar memastikan setiap pekerja berada pada posisi yang sempurna untuk mereka. Namun tidak ada salahnya meluangkan waktu kembali memperhatikan hal tersebut.

Artikel lain: Punya Karyawan Berjiwa Intrapreneur? Jangan Sia-siakan!

2. Memberikan Apresiasi Kerja

Setiap orang tentu mengharapkan hasil kerjanya dihargai. Jika memang seorang pekerja telah melakukan tugas atau menjalankan posisinya dengan baik maka tidak ada salahnya memberikan apresiasi pada mereka. Apresiasi tersebut dapat kita berikan dalam bentuk yang paling sederhana yakni ucapan lisan atau perhatian lebih dengan mengajak bicara, hingga penghargaan yang bersifat materiil seperti bonus atau penambahan gaji.

3. Hubungan Antar Rekan Kerja yang Baik

Hal berikutnya yang diinginkan karyawan untuk ada dilingkungan kerja mereka adalah hubungan yang baik antar rekan kerja. Secara langsung sebagai pemilik usaha kita memang tidak bisa menentukan apakah karyawan yang berada dalam satu lingkup pekerjaan dapat menciptakan suasana nyaman tersebut.




Namun kembali seperti poin 1, kita bisa melihat karakter serta kondisi pekerja kita. Dengan mengamati kita bisa melihat ada tidaknya masalah antar pekerja. Jika memang ada kita dapat mengatasinya dengan memindah pekerja yang bermasalah atau kondisi kurang baik lainnya.

4. Memberikan Ruang Untuk Berkembang

Menurut majalah bisnis Fortune, perusahaan paling diminati sejagat saat ini adalah Google. Yang menjadi salah satu alasannya adalah Google memberikan ruang yang cukup untuk para karyawannya berkembang di luar tugas kerjanya. Demikian juga untuk usaha skala kecil sekalipun, hal tersebut tetap dibutuhkan. Kita bisa mewujudkan hal tersebut salah satunya dengan memberikan pelatihan ketrampilan atau lewat acara motivasi untuk karyawan.

5. Menjadikan Pemilik Usaha Sebagai Sosok Panutan

Banyak kasus sebuah usaha tidak berjalan dengan baik karena sang pemimpin sendiri tidak bisa memberikan contoh yang baik atau gagal membuat kesan wibawa terhadap karyawannya. Hasilnya karyawan akan bekerja asal asalan dan tidak memberikan sumbangsih terbaiknya.

Sebagai contoh, dalam mendirikan sebuah bangunan diperlukan mandor yang benar-benar bekerja dengan maksimal. Mengawasi dengan baik serta memastikan tugas pekerja dikerjakan sesuai arahan menjadi kunci hasil akhir pembangunan yang baik. Namun jika sang mandor saja sudah malas-malasan, bisa dipastikan para pekerjaan akan jauh lebih tidak produktif.

Hal penting lainnya adalah rasa percaya dari pemilik usaha bahwa para pekerja tersebut dapat menjalankan pekerjaannya dengan baik. Hal masih berhubungan dengan poin kedua. Namun lebih spesifik lagi, segaris dengan besarnya kepercayaan sang pemilik usaha kepercayaan diri seorang pekerjaan pun akan meningkat.




Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai memberikan rasa percaya yang berlebihan hingga justru membuat para pekerja lupa diri. Tetap mengontrol kondisi pekerja, itulah kuncinya.

6. Rasa aman saat bekerja

Keaman  saat bekerja mungkin telah masuk pada SOP tiap bidang usaha. Memastikan keselamatan karyawan tetap terjaga adalah tugas dari pemilik usaha. Namun sebenarnya definisi keamanan yang dibutuhkan para pekerja tidak yang menyangkut dengan keselamatan jiwa. Faktor keamanan sederhana lainnya yakni seperti keamanan kendaraan yang mereka bawa ke tempat kerja serta keamanan dari kejahatan antar pegawai menjadi beberapa hal sederhana namun wajib diperhatikan pemilik usaha.

Baca juga: 4 Cara Membuat Karyawan Tetap Termotivasi dan Mencintai Pekerjaannya

7. Arahan yang spesifik

Hal ini menjadi hal terakhir yang dibutuhkan pekerja di lingkungan kerjanya, yakni arahan tugas yang spesifik. Tiap karyawan memiliki tingkat skill serta pemahaman yang berbeda-beda. Ada beberapa diantara mereka yang dapat mengetahui dengan pasti tugas, batasan, serta ekspektasi yang diharapkan oleh pemilik usaha.

Namun tak jarang dari mereka yang membutuhkan arahan lebih detil mengenai hal tersebut. Arahan yang mendetil disertai kontrol performa karyawan bisa menjadi resep mujarab meramu tim pekerja yang handal serta loyal.

Bagaimana, apakah rekan-rekan pengusaha telah memberikan ketujuh hal tersebut?




1 comment on this postSubmit yours
  1. wahh, terimakasih mas infonya, sangat berguna sekali buat sy yg terkadang kurang memperhatikan apresiasi kerja utk karyawannya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud