Punya Karyawan Berjiwa Intrapreneur? Jangan Sia-siakan!

Siapa yang tak mengenal berbagai layanan seperti Gmail, tombol “like” pada #Facebook, hingga varian dari Sony Playstation? Berbagai produk, icon, dan layanan ini begitu lekat dengan kehidupan harian, bahkan beberapa orang mungkin akan kesulitan jika lepas dari fasilitas tersebut.

Meski telah menjadi bagian masyarakat modern, namun hanya sedikit yang mengetahui daftar nama-nama hebat yang berperan dibalik berbagai produk tersebut. Masyarakat tentu saja lebih mengenal sang CEO atau pendiri perusahaan yang berkali-kali muncul di layar kaca maupun melalui Wikipedia.

Orang-orang dibalik layar yang mungkin tak pernah Anda kenal inilah yang sebenarnya memberikan sumbangsih signifikan terhadap inovasi dari sebuah perusahaan besar. Mereka disebut sebagai intrapreneur – individu atau beberapa orang yang berstatus sebagai karyawan namun memiliki jiwa kewirausahaan.

Karyawan dengan jiwa intrapreneur memberikan sumbangsih cukup positif bagi sebuah perusahaan. Mengapa demikian? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini:

Artikel lain: Mindset Yang Harus Dimiliki oleh Seorang Entrepreneur

1. Menumbuhkan Inovasi

Intrapreneur membantu perusahaan melahirkan inovasi, mendorong penelitian pengembangan produk baru, serta bekerja meningkatkan produk maupun layanan. Dalam ekonomi global dimana teknologi memegang peranan penting, orang-orang seperti ini sangat diperlukan untuk memenangkan persaingan dan meningkatkan keuntungan perusahaan.




2. Mengembangkan Talenta

Sebuah perusahaan yang diisi oleh orang-orang berjiwa kewirausahaan lebih baik karena mereka tidak hanya memiliki kemampuan, namun mempunyai dedikasi serta dapat menjadi kolega yang baik.

Orang-orang seperti ini dapat memacu perkembangan talenta karyawan lain agar dapat berkomitmen terhadap proyek, produk, maupun layanan perusahaan. Anda bisa mengambil Paul Buchheit – kreator Gmail – yang mampu membangun tim solid dan meluncurkan layanan surat elektronik di tahun 2004 setelah sebelumnya melakukan pengembangan selama 3 tahun sebagai contoh nyata.

3. Menghemat Biaya Penelitian dan Pengembangan

Sebuah badan usaha yang memiliki karyawan berjiwa intrapreneur dapat memangkas biaya penelitian dan pengembangan produk baru. Silahkan mengucapkan selamat tinggal pada era dimana sebuah perusahaan harus mengikuti tata cara tradisional pengembangan produk, mulai dari review hingga proses pengembangan.

Karyawan Anda yang berjiwa intrepreneur ini bisa menggantikan seluruh hal tersebut karena memiliki kreativitas dan dedikasi berinovasi sangat hebat.

4. Mampu Membaca Peta Persaingan Lawan

Persaingan dalam dunia usaha seringkali membuat sebuah perusahaan was-was, sehingga mau membayar mahal pihak ketiga untuk membaca situasi dan memenangkan kompetisi. Langkah yang salam dunia industri disebut sebagai competitive intelligence ini dapat dilakukan dengan mudah jika memiliki karyawan berjiwa kewirausahaan karena mereka biasanya memiliki kemampuan untuk menganalisis kekurangan serta kelebihan pesaing.




Artikel lain: Saat Akan Memulai Bisnis, Karyawan Akan Dihadapkan Dgn Pilihan Ini

5. Mendorong Analisis Pasar

Karyawan berjiwa intrapreneur memiliki kecenderungan melakukan penelitian untuk menganalisa pasar sebelum menawarkan ide pada perusahaan. Hal ini dapat menjadi sebuah keuntungan karena perusahaan dapat langsung mengetahui kondisi terkini pasar dari analisa sang karyawan tanpa mengeluarkan biaya tambahan untuk mempekerjakan analis lain.

6. Meningkatkan Pendapatan

Perusahaan jelas diuntungkan jika memiliki karyawan berjiwa intrapreneur karena mereka mampu mendatangkan keuntungan secara maksimal. Hal ini tentu dipengaruhi kemampuan untuk menganalisa kebutuhan pasar serta memberikan servis inovatif yang bisa memenuhinya. Dengan demikian, konsumen tidak akan sungkan menggunakan produk dan jasa dari perusahaan Anda.

7. Meningkatkan Atmosfir Kenyamanan Kerja

Semangat kerja karyawan pasti akan lebih baik jika mengetahui bahwa sumbangsih dan pemikiran mereka dihargai oleh perusahaan. Dengan demikian, mereka akan terpacu untuk memberikan yang lebih baik dan berkreasi demi kemajuan karyawan.

8. Mengembangkan Layanan dan Servis Perusahaan

Setiap perusahaan tentu ingin mengembangkan produk mereka sebagai salah satu layanan kepada konsumen. Seorang karyawan yang memiliki jiwa kewirausahaan pasti akan menampilkan ide kreatif yang dapat menarik minat konsumen baru atau membuat pelanggan tetap membeli kembali.

9. Menguntungkan Masyarakat

Intrapreneur memberikan dampak positif terhadap masyarakat karena inovasi mereka membantu memenuhi segala hal yang dibutuhkan. Sebagai balasannya, para karyawan ini akan mendapatkan apresiasi dan pengakuan dari media dan publik. Hal ini juga berdampak positif pada perusahaan karena namanya semakin dikenal dan lekat dalam benak masyarakat.

Baca juga: Tantangan Ini Harus Dihadapi oleh Seorang Entrepreneur

Intrapreneur – secara umum – berpengaruh positif bagi perusahaan atas segala inovasi dan kreativitas yang disumbangkan bagi pengembangan produk dan layanan. Mereka juga berperan dalam masyarakat karena mampu menghadirkan segala hal yang dibutuhkan. Jadi, jangan pernah meremehkan intrapreneur ya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud