4 Cara Membuat Karyawan Tetap Termotivasi dan Mencintai Pekerjaannya

4 Cara Membuat Karyawan Tetap Termotivasi dan Mencintai Pekerjaannya

Cara-Membuat-Karyawan-Tetap-Termotivasi

Dalam sebuah bisnis banyak faktor yang bisa menjadikan Anda sukses. Selain dari diri Anda sendiri, faktor di luar Anda pun juga mempunyai pengaruh yang strategis. Salah satunya adalah keberadaan karyawan. Jangan pernah memandang remeh seorang karyawan, jangan juga memperlakukan seenaknya terhadapnya.

Karyawan tak ubahnya sebuah bahan bakar utama untuk menggerakkan lokomotif bisnis Anda. Jika terjadi sesuatu terhadap karyawan, tentu akan sangat mempengaruhi laju kereta bisnis Anda.

Berbahagialah jika Anda memiliki karyawan dengan bakat dan talenta yang luar biasa dalam bekerja. Apalagi jika bakat tersebut didukung dengan motivasi dan dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan, maka Anda adalah termasuk orang yang beruntung memiliki karyawan seperti itu.

Namun jangan senang dulu, karena jika Anda tidak pandai memanage karyawan seperti ini agar tetap termotivasi maka suatu hari akan menjadi bumerang bagi bisnis Anda. Jadi akan semakin sempurna jika Anda pintar menjaga situasi dan kondisi agar karyawan tetap dalam keadaan termotivasi dan selalu cinta pekerjaannya.

Lalu pertanyaannya adalah, bagaimana membuat karyawan tetap termotivasi? Apakah itu bisa dilakukan? Coba Anda lakukan tips di bawah ini.

Artikel lain: 7 Tips Agar Mendapatkan Kepercayaan Dari Tim Bisnis Anda

1. Ciptakan Lingkungan Kerja Yang Inspirasional

Banyak cara yang dilakukan untuk membuat lingkungan kerja yang inspirasional dan membuat karyawaan tetap semnagat dalam bekerja. Ada sebuah penelitian yang mengungkappkan bahwa pemilihan warna terhadap dinding suatu kantor juga bisa memperngaruhi #motivasi seseorang dalam bekerja. Namun ada yang lebih penting dari sekedar warna cat dinding kantor. Lingkungan kerja yang inspirasional sesungguhnya adalah suasana yang nyaman dan kondusif bagi karyawan untuk berkreasi.

Sediakan waktu dan tempat untuk masing-masing karyawan bertukar pikiran dengan yang lainnya, atau mungkin dengan bos nya. Ruang diskusi yang terbuka dan intens bisa meningkatkan kinerja bagi karyawan Anda. Lingkungan kerja yang fungsional dan seimbang sangat baik untuk menumbuhkan inspirasi bagi karyawan. Dan yang penting adalah transparansi dalam bekerja, sering berbagi dalam mengelola sebuah tujuan bisnis serta jangan lupa memimpin dengan contoh, sangatlah ideal sebagai penumbuh inspirasi setiap saat.

2. Tunjukkan Sebagian Keuntungan Finansial Yang Telah Dicapai

Kadang-kadang deretan angka lebih mudah dipahami dari pada banyak bicara kepada mereka. Coba berlakulah jujur kepada karyawan Anda dengan menampilkan sebagian keuntungan finansial dari perusahaan Anda. Hal ini bisa menambah semangat dan motivasi yang baik bagi karyawan.

Tidak perlu Anda sampaikan semuanya, sebagian kecil sudah sangat membantu Anda. Hal ini juga bisa memberikan pemahaman terhadap karyawan tentang  kontribusi yang telah mereka berikan pada perusahaan. Dengan begini, mereka akan semakin merasa keberadaannya sangat berharga bagi perusahaan.

3. Memberikan Insenstif

Sampai saat ini yang paling ampuh untuk meningkatkan kinerja karyawan adalah insentif yang baik. Selain memberikan insentif, Anda juka bisa membuat aturan reward and punishment terhadap kinerja karyawan. Sangat berperan dalam meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja.

Dalam memberikan intensif harus Anda perhatikan juga bahwa penting untuk tidak langsung memberikan insentif dalam jumlah yang besar. Pemberian insentif lebih baik berproses dari yang kecil terus menuju pada yang lebih besar disesuaikan dengan prestasi kerjanya.

Baca juga: 6 Tips Menjadi Pebisnis Yang Pandai ‘Bercerita’ (Storytelling)

4. Berkomunikasi Dengan Baik dan Hangat

Mungkin salah satu yang menyebabkan motivasi karyawan dalam pekerjaan selalu menurun adalah bosan. Dengan intensitas yang begitu padat dan dengan lingkungan yang monoton tentu sangat beresiko tinggi karyawan dihinggapi rasa bosan. Jika Anda seorang pemimpin, maka berkomunikasi yang hangat dan intens bisa sedikit memberi solusi terhadap kebosanan. Sedikit perhatian dari Anda akan sangat berharga bagi karyawan.

Perhatikan keseimbangan antara bekerja, liburan dan juga waktu untuk keluarga nya. Berlibur bersama seluruh karyawan dengan keluarga mereka, merupakan keputusan yang sangat membahagiakan bagi karyawan. Menghabiskan waktu luang bersama bos dengan tanpa target, tanpa tekanan, tanpa deadline adalah sangat membahagiakan.

Tidak perlu rekreasi yang mahal, yang penting di sini adalah kebersamaan yang terjalin di luar pekerjaan. So, jangan hanya memikirkan pekerjaan karyawan Anda saja, namun keluarga di rumah juga sangat bahagia jika Anda turut memberi sedikit perhatian.

Semoga saja dengan melakukan hal di atas bisa sedikit memberi solusi terhadap karyawan Anda.

1 KOMENTAR

  1. Untuk para pemeilik perusahaan sudah saatnya kita mempraktikan 4 tips yang ada ini, karena memang betul karyawan itu harus di perhatikan karena kita tau dia itu manusia bukan robot, jadi jangan seenak-enaknya terhadap karyawan supaya karyawan tidak kabur. :)

Tinggalkan Balasan