Kunci Sukses Aplikasi Android Menurut Kunal Soni, Head of Business Development Google Play

aplikasi android populer

Image dari Technish.net

Di ranah dunia bisnis digital, bisnis pada #aplikasi mobile saat ini merupakan sebuah ceruk besar dengan potensi yang sangat luar biasa. Bahkan, raksasa digital Google rela membayar lebih dari US$7 miliar untuk pengembang aplikasi mobile. Hal ini diungkapkan oleh Kunal Soni, Head of Business Development Google Play, dalam acara Google for Mobile beberapa hari yang lalu.

Namun di Indonesia sendiri, bisnis aplikasi Android ini belum begitu digarap dengan maksimal oleh para pengembang tanah air. Sampai saat ini, aplikasi lokal asal Indonesia yang mampu menembus jajaran 1000 aplikasi Android teratas di dunia hanya GoJek saja. Padahal menurut Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia, dengan jumlah pengguna internet mobile yang mencapai 64,1 juta, maka Indonesia merupakan pasar yang sangat besar. Nah, maka dari itu, Kunal  menyebut bahwa para developer Indonesia harus bisa membuat sebuah #aplikasi yang baik dan bisa digunakan oleh banyak orang.

Untuk itu, Kunal berbagi tips kepada para developer Indonesia mengenai bagaimana cara memastikan kualitas aplikasi yang akan diluncurkan dan bagaimana caranya agar aplikasi Android bisa mendapatkan banyak pengguna. Berikut di bawah ini penjelasannya.

1. Jangan Lupa Memakai Alpha Beta Testing

Bagaimanapun juga sebuah aplikasi sebelum benar-benar diluncurkan di publik, harus tetap melalui uji coba terlebih dahulu. Seorang developer harus mengujicobakan aplikasinya pada pengguna khusus.

Menurut Kunal, ketika sebuah aplikasi diuji coba pada pengguna tertentu saat Alpha Beta Testing, dan kemudian mendapatkan penilaian yang bagus, maka kemungkinan besar aplikasi ini akan bisa diterima dengan baik oleh konsumen saat diluncurkan. Maka, tahap ini harus dilakukan oleh setiap developer sebelum meluncurkan karyanya ke masyarakat.

Artikel lain: Inilah 5 Aplikasi Android Terpopuler Buatan Anak Negeri Versi Google

2. Aplikasi Android Harus Disesuaikan Dengan Karakter Pengguna

Jalan ini harus dilakukan oleh seorang developer, seorang developer aplikasi harus bisa memetakan hambatan yang mungkin dihadapi oleh calon penggunanya. Misalnya di Indonesia, menurut Kunal, banyak pengguna di Indonesia menggunakan smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang masih rendah.

Selain itu, di Indonesia juga masih banyak pengguna yang tinggal di daerah dengan koneksi internet yang masih lemah. Maka yang harus dilakukan oleh developer Indonesia adalah membuat aplikasi yang ukuran file nya tidak terlalu besar, dan tidak memaksa pengguna untuk mengunduh dan mengunggah data dalam jumlah yang besar.

3. Lakukanlah Eksperimen Di Google Play Store

Seorang developer harus bisa memanfaatkan dengan baik keberadaan Google Play Store, karena di sana tersedia sebuah halaman khusus yang berisi seperti nama aplikasi, logo, tangkapan layar dan tentunya penjelasan dari aplikasi tersebut. Nah, menurut Kunal, seorang developer harus bisa memperhatikan semua konten yang ada tersebut, karena kesan pertama dari para pengguna sangat berpengaruh untuk keberlanjutan aplikasi yang dibuat.

4. Menggunakan Google Sign In

Menurut Kunal menggunakan Google Sign In sangat penting sekali untuk sebuah pengembangan aplikasi. Penerapan fungsi yang ada di Google Sign In sangat bisa membantu developer untuk meningkatkan jumlah pengguna aplikasinya.




Kunal menyebutkan bahwa Google telah menyediakan layanan agar Anda sebagai developer bisa menawarkan para pengguna yang melakukan login di browser untuk mengunduh aplikasi Android Anda. Dan ternyata cara seperti ini sangat berpengaruh dalam peningkatan jumlah instalasi aplikasi seperti apa yang telah dilakukan FitBit.

Baca juga: Inilah 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Developer Ketika Membuat Aplikasi Mobile

5. Developer Harus Tetap Melakukan Promosi

Bagaimanapun juga, seorang developer harus tetap melakukan #promosi meski sudah memasang aplikasinya di Google Play. Developer bisa berpromosi di berbagai layanan yang sudah disediakan oleh Google seperti Google Search, dan tentunya juga Youtube.

Dan jangan berhenti begitu saja, developer harus juga melakukan analisa pada promosinya pada kanal-kanal tersebut untuk menemukan layanan yang memberikan hasil yang paling baik. Kalau sudah, yang harus dilakukan developer adalah dengan memaksimalkan layanan tersebut.

Itulah beberapa tips yang diberikan oleh Kunal untuk para developer yang ingin aplikasinya bisa memiliki banyak pengguna. Jadi, sebagai seorang developer harus melakukan beberapa proses yang terstruktur agar aplikasi karyanya bisa diterima dengan maksimal oleh para pengguna.



1 comment on this postSubmit yours
  1. keseriusan dalam menekusi sesuatu serta bisa melihat pasar menjadi salah kunci keberhasilan Android…salam sukses

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud