Konsumen Anda Suka Membandingkan Harga? Begini Tips Menghadapinya

tips melayani konsumen

Image dari Fourthsource.com

Terjun ke dalam dunia bisnis memang harus siap dengan segala resiko yang harus dihadapi. Karena seringkali kita akan dibawa dalam keadaan yang kadang jauh dari prediksi kita sendiri. Kalau sudah begini, kemampuan Anda dalam menghadapi masalah yang tidak terduga akan diuji.

Seorang pedagang pun juga demikian, pasti ada waktunya nanti menghadapi konsumen yang menyebalkan. Memang kensumen yang banyak akan membawa karakter yang tentunya juga beraneka ragam.

Terkait dengan konsumen yang sering membuat hati kita jengkel ini, perilaku konsumen yang sering dijumpai adalah sering membandingkan harga dengan toko lain. Terlebih lagi jika Anda mengelola toko online, pasti akan ada banyak pertanyaan terkait harga sebuah produk dari toko Anda dibandingkan dengan #toko online yang lain.

Wajar memang bagi seorang konsumen yang ingin mendapatkan harga yang murah dengan kualitas yang bagus. Namun menjadi sangat keterlaluan jika mereka membandingkan harga pada produk Anda dengan produk lain yang mungkin kualitasnya sangat jauh dari produk Anda. Lalu bagaimana cara menghadapi model konsumen yang seperti ini, simak beberapa tips di bawah ini.

1. Tetap Tenang Jangan Mudah Terprovokasi

Ketika Anda menjumpai konsumen seperti ini, tetaplah tenang jangan mudah terprovokasi dengan Anda langsung menurunkan harga. Tenang dulu, mungkin saja apa yang dilakukan oleh konsumen tersebut adalah sebuah cara untuk mencoba mendapatkan harga murah dengan cara memprovokasi Anda dengan membandingkan harga dengan produk lain.




Kebijakan menurunkan harga harus melalui kajian yang mendalam yang harus disesuaikan juga dengan untung dan ruginya. Kecuali apabila Anda memiliki harga tetap pada suatu produk, maka Anda harus tetap bertahan pada harga tersebut. Sampaikan dengan sabar kepada konsumen bahwa harga sebesar itu memang layak untuk produk yang Anda tawarkan.

Artikel lain: Konsumen Merasa Tertipu Dengan Anda? Begini Cara Menghadapinya

2. Lakukan Juga Cek Harga Di Lapangan

Lakukan juga cek langsung harga yang ada di beberapa toko yang menjual produk yang sama dengan produk Anda. Jika memang benar harga yang Anda tawarkan lebih mahal, maka sebaiknya Anda juga melakukan evaluasi.

Namun yang perlu Anda perhatikan adalah, jangan langsung merubah harga seketika itu juga, pelajari dengan seksama dengan kepala dingin. Karena kadang kita sering emosi ketika menghadapi konsumen yang suka membandingkan seperti ini. Turunkan emosi Anda dulu, baru kemudian pelajari harga yang Anda tawarkan kepada konsumen, apakah perlu direvisi atau tetap pada harga semula.

3. Perlu Juga Mempelajari Profil Calon Konsumen

Ini juga perlu Anda lakukan untuk mengetahui bagaimana karakter dari para calon konsumen Anda. Seperti kita tahu, di negara kita ini terdiri dari banyak sekali budaya yang tentunya budaya itu tidak sama antara daerah satu dengan yang lainnya. Perbedaan karakter ini sangat mungkin akan membawa perbedaan yang signifikan terhadap gaya mereka dalam berbelanja.




Untuk itu, di sinilah nanti pengetahuan Anda mengenai berbagai karakter konsumen dari berbagai budaya dan daerah akan berperan penting. Akan sangat sulit jika Anda menyamakan cara menghadapi konsumen dari daerah yang berbeda.

4. Percaya Diri Dengan Harga yang Anda Usung

Anda perlu menyadari juga bahwa harga produk bervariasi itu adalah suatu yang wajar dalam dunia perdagangan. Masing-masing pelaku bisnis tentu memiliki hitungan sendiri dalam menjual produk, dan itu mungkin tidak sama dengan perhitungan Anda.

Tenang saja, sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para ahli ekonomi menyebutkan bahwa para konsumen saat ini menunjukkan pergeseran perilaku dalam berbelanja, terutama dalam belanja di toko online. Saat ini sebanyak 53% dari konsumen tidak lagi ingin melakukan perbandingan harga jika calon konsumen sudah mengetahui price list dari sebuah toko online.

Baca juga: Penting Bagi Pengusaha! Konsumen Modern Kini Butuh Produk Dengan Nilai Lebih

5. Tetap Kedepankan Kualitas Produk

Anda mungkin sudah sering mendengar kalimat “ada harga ada kualitas”, kalimat tersebut masih berlaku sampai saat ini dalam dunia bisnis. Argumen yang paling tepat jika ada konsumen membandingkan harga adalah menunjukkan kualitas produk kita.

Tunjukkan secara terbuka tentang kualitas dari produk Anda, jangan memanfaatkan ketidaktahuan konsumen untuk mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya. Tetap jaga kredibilitas toko Anda dengan memberikan harga yang sesuai dengan kualitas dari produk yang Anda tawarkan pada konsumen.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud