Kolexia ~  Startup Bagi Kolektor Menemukan Barang Unik Nan Antik

Image dari Kolexia.com

Image dari Kolexia.com

Menekuni hobi memang memberikan keasyikan tersendiri bagi kita. Kalau sudah bersentuhan dengan hal-hal seputar hobi, hati ini rasanya tentu sangat senang dan terhindar dari stres yang sempat dirasakan. Terlebih keasyikan dalam menekuni hobi akan makin bertambah kalau barang-barang koleksi kita meningkat jumlahnya atau ketika kita berhasil menemukan komunitas dengan hobi yang serupa.

Jika banyak orang yang menganggap kalau para kolektor barang antik hanya membuang waktu dan uang demi barang bekas yang tak berguna maka anggapan itu tentu salah. Sebab dengan sedikit kreativitas, inspirasi untuk memulai startup dari hobi mengoleksi barang antik justru bisa menjadi salah satu #peluang bisnis yang menguntungkan.

Mengenal Kolexia Lebih Dalam Lagi

Kolexia menyebut dirinya sebagai social marketplace bagi orang-orang yang hobi mengoleksi berbagai barang antik. Berbeda dengan marketplace seperti OLX Indonesia, Septian Rahman selaku CMO dan co-founder Kolexia menyatakan kalau Kolexia adalah tempat untuk menjual dan membeli barang lama yang bernilai dan berharga. Pilihan niche yang tergolong unik inilah yang membedakan Kolexia dengan sejumlah marketplace lainnya.

Kalau kita berpikir bahwa Kolexia digagas oleh orang-orang yang sudah sepuh dan hobi mengoleksi barang antik, berarti anggapan itu sangat keliru. Kolexia justru digagas oleh sekumpulan anak muda yang jeli melihat peluang di bidang barang antik. Digawangi oleh lima orang anak muda yaitu Michael, Septian Rahman, Jimmy Tanu Wijaya, Christian Yaputra dan Suriyadi, Kolexia bertekad menjadi marketplace andalan bagi interaksi antara para penggemar barang antik.

Artikel lain: The Brand Buffet ~ Marketplace Barang Bekas Dengan Kualitas Premium




Karena kompetitor serupa di bidang barang antik ternyata belum ada, maka kesempatan emas ini dimanfaatkan oleh Kolexia untuk berkembang sebagai satu-satunya marketplace barang antik di Indonesia.

Mengintip Ragam Fitur Kolexia

Tak cukup hanya mengusung tema yang berbeda dengan #startup lainnya, Kolexia ternyata juga mencoba untuk tampil beda melalui penambahan sejumlah fitur di dalamnya. Selain memiliki fitur-fitur standar seperti fitur registrasi, unggah iklan dan pencantuman label harga, Kolexia juga menyediakan fitur media sosial untuk mendukung interaksi antara para penggemar barang antik.

Sejauh ini, Kolexia baru memanfaatkan Facebook, Instagram dan Twitter untuk membangun relasi dengan para target startup-nya sekaligus mempublikasikan keberadaan Kolexia sebagai marketplace baru untuk niche barang antik. Penggunaan #media sosial tersebut terintegrasi secara langsung ke situs resmi Kolexia sehingga proses penyebaran informasi bisa berlangsung secara lebih praktis.

Fitur menarik lainnya yang disiapkan oleh Kolexia adalah fitur lelang (bidding and auctions) untuk setiap barang antik yang diperjualbelikan. Melalui fitur ini, diharapkan antusiasme penggemar barang antik dalam menjual atau membeli barang antik berkualitas akan menjadi semakin besar. Keseruan untuk mendapatkan barang idaman akan semakin menantang jika proses jual belinya dilakukan dengan sistem lelang.

Target yang Ingin Dicapai Di Tahun 2015

Di tahun 2015 ini, Kolexia masih mengaku mengembangkan startup serta berupaya melakukan pencarian investor. Salah satu fitur baru yang masih dalam tahap perkembangan adalah fitur manajemen pengeluaran yang nantinya akan dirilis oleh Kolexia untuk melengkapi sejumlah fitur lainnya.




Karena masih belum memiliki banyak pengguna, Kolexia juga sedang fokus menambah jumlah anggota dengan melakukan sejumlah promosi dan roadshow ke beberapa kota besar di Indonesia. Sehingga diharapkan bahwa nantinya para penggemar barang antik memanfaatkan Kolexia sebagai wadah modern untuk bertukar informasi dan koleksi melalui cara yang lebih kekinian.

Baca juga: Craftline, Startup E-Commerce Jual-Beli Produk Kerajinan Tangan Kreatif

Kehadiran Kolexia akan memberikan banyak manfaat baru bagi komunitas pencinta barang antik. Bahwa barang antik tak hanya sekadar jadi benda koleksi, namun juga bisa mendatangkan keuntungan bila diperjualbelikan melalui media yang tepat.

Punya banyak koleksi barang antik di rumah? Kita bisa menjualnya atau menambah koleksi tersebut dengan mudah melalui Kolexia.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud