5 Keuntungan Masuk Kerja Hari Sabtu, Jangan Kecewa Dulu Guys

Keuntungan Masuk Kerja Hari Sabtu

Saat disuruh masuk kerja hari sabtu, Saya marah sekaligus sedih tapi saya berusaha tetap tersenyum pada boss dan bilang “OK boss!”

Apa sih keuntungan masuk kerja hari sabtu? Kebanyakan orang pasti tidak suka masuk kerja hari sabtu karena hari sabtu, bener kan? Ketika ada informasi dari atasan bahwa Anda termasuk salah satu karyawan yang harus masuk kerja hari sabtu, Anda pasti bersungut-sungut dalam hati.

Apalagi bila Anda sudah membuat rencana untuk hangout di hari sabtu ini bersama pujaan hati. Rasa kecewa, sebal, dan marah, semua bercampur menjadi satu di dalam hati. Mau protes ke atasan, tentu saja ada resiko pada karir Anda.

Dengan rasa terpaksa, Anda pun membatalkan rencana dan memutuskan untuk kerja hari sabtu.

Tapi jangan terlalu kecewa dulu, sebenarnya ada keuntungan masuk kerja hari sabtu yang mungkin selama ini tidak terpikirkan oleh Anda. Berikut ini adalah beberapa nilai positive dan keuntungan masuk kerja hari sabtu.

1. Menjaga Produktivitas Kerja

Ok, mungkin sebagian orang tidak setuju dengan poin ini. Banyak yang menganggap bekerja di hari sabtu membuat produktivitas seseorang menjadi tidak maksimal.

Bisa benar, bisa juga keliru.

Sebagian besar kaum profesional memanfaatkan hari sabtu untuk bersantai atau melakukan kegiatan bersama keluarga. Namun, ada juga beberapa orang yang malah tidur sepanjang hari, atau menonton TV seharian. Tentu saja kegiatan ini sangat tidak produktif.

Dengan bekerja di hari sabtu, maka Anda bisa terhindar dari berbagai kegiatan yang tidak produktif. Dan bila ternyata pekerjaan di hari sabtu tersebut mengganggu waktu penting Anda, berusahalah untuk tetap berpikir positive dan bekerja semaksimal mungkin.

Artikel lain: Punya Atasan Gila Kerja, Hadapi Dengan 8 Cara Ini

2. Masuk Kerja Hari Sabtu Bisa Menambah Pemasukan

Ini adalah hal yang wajar dan biasanya berlaku di banyak perusahaan. Karyawan yang jam kerjanya lebih panjang sudah sewajarnya mendapatkan kompensasi dari perusahaan.




Jika tempat kerja Anda tidak memberlakukan hari kerja di hari sabtu tapi Anda diminta bekerja pada hari sabtu, maka sudah sepantasnya perusahaan memberikan kompensasi atau biaya akomodasi. Anda bisa melihat kontrak kerja mengenai hal tersebut.

3. Masuk Kerja Hari Sabtu Bisa Lebih Hemat

Jujur saja, pada hari sabtu biasanya orang-orang akan lebih boros dibanding hari biasanya. Apalagi mereka yang suka jalan bersama teman atau pacar.

Biaya hangout pada hari sabtu bisa menghabiskan banyak uang Anda untuk ongkos, biaya makan dan minuman, beli tiket nonton bioskop. Basanya kalau sudah jalan sama pacar pasti akan lebih boros lagi, ada saja pengeluaran yang tidak direncanakan, dan ini sering terjadi.

Nah, ketika Anda masuk kerja hari sabtu maka pada hari itu Anda akan jauh lebih hemat ketimbang biasanya. Apalagi bila perusahaan tempat kerja menyediakan makan siang gratis, maka Anda akan lebih banyak berhemat.

4. Tidak  ‘Kaget’ di Hari Senin

Di kalangan para pekerja kantoran ada istilah ‘I hate Munday’ dalam bahasa Indonesia artinya ‘Saya benci hari Senin’. Jujur saja, pasti banyak yang mengalam ‘penyakit hari senin’.




Libur dan bersantai selama dua hari (senin dan minggu) memang terasa menyenangkan. Namun, pada masa “non aktif” tersebut karyawan justru mengalami suasana hati buruk pada minggu malam dan senin pagi.

Suasana hati yang buruk tersebut justru membuat seseorang menjadi tidak produktif. Anda pasti pernah mengalaminya.

5. Mendapat Apresiasi dari Atasan dan Perusahaan

Mungkin Anda pernah menganggap atasan atau perusahaan sebagai orang yang kejam karena meminta Anda masuk kerja pada hari sabtu. Itu hak Anda untuk menilai seseorang, tapi sebaiknya jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan tentang ini.

Sebagai seorang karyawan, Anda juga harus mencoba berpikir dan melihat sesuatu dari sudut pandang Boss dan perusahaan. Atasan tentunya tidak akan meminta anak buahnya untuk masuk kerja hari sabtu bila memang tidak diperlukan.

Jika perusahaan meminta karyawan untuk masuk kerja hari sabtu, tentunya ada sesuatu yang mendesak. Dan bila Anda bekerja sesuai permintaa perusahaan tentu saja atasan dan perusahaan akan memberikan apresiasi yang pantas.

Bentuk apresiasi ini bisa bermacam-macam, bisa dalam bentuk kompensasi uang bonus, bisa dalam bentuk peluang karir yang lebih baik, dan lain sebagainya. Yang pasti, dengan menerima tugas untuk masuk kerja hari sabtu maka atasan dan perusahaan akan menganggap Anda sebagai salah satu karyawan yang loyal dan layak untuk dipertahankan.

Baca juga: 5 Tanda Kamu Tidak Bahagia di Tempat Kerja, Ketahui Sejak Dini

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mungkin akan timbul pro dan kontra di antara para pekerja kantoran. Itu hal biasa. Bekerja di hari sabtu bisa menjadi keuntungan atau kerugian, tergantung situasi dan sudut pandang seseorang. Demikianlah penjelasan singkat mengenai keuntungan masuk kerja hari sabtu yang bisa Anda dapatkan.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Saya agak kurang setuju ya sama artikelnya. Menurut saya masuk kerja hari sabtu itu lebih banyak tidak efektifnya ketimbang manfaatnya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud