Keunggulan dan Serba-Serbi Tentang Pinjaman KTA Yang Perlu Anda Ketahui

Taralite Pinjaman KTA

Di era modern ini mungkin kita sudah tak asing lagi dengan pinjaman KTA karena sudah banyak orang yang menggunakannya. Terlebih sekarang ini hampir semua bank yang ada di Indonesia ini memiliki produk kredit tanpa agunan (KTA). Produk tersebut juga sering pula disebut sebagai personal loan dan menjadi andalan untuk sebagian besar masyarakat yang sedang kesulitan mencari dana segar untuk berbagai keperluan.

Selain itu, kredit tanpa agunan ini juga merupakan suatu produk perbankan yang akan memberikan fasilitas pinjaman tanpa membebankan calon nasabah untuk mempersiapkan aset yang akan dijadikan jaminan dari pinjaman tersebut. Oleh karenanya, tak ada jaminan yang harus diberikan untuk menjamin pinjaman yang dilakukan. Dalam hal ini, bank akan hanya mengambil keputusan pemberian kredit dengan didasari riwayat kredit dari para pemohon kredit tersebut secara pribadi. Tentu saja ada banyak manfaat yang akan diperoleh jika menggunakan KTA ini.

Jika kita menengok jauh ke belakang, dulu kita sering melihat bahwa banyak orang yang memberikan hutang akan tetapi disertai dengan bunga yang sangat tinggi dari hutang tersebut dan sering pula disebut sebagai rentenir. Akan tetapi, sekarang ini sudah banyak lembaga atau instansi yang memberikan hutang dengan bunga yang realistis dan bahkan cenderung ringan.

Manfaat Dari Pinjaman KTA

Beberapa lembaga perbankan ataupun penyedia hutang lainnya tentu menyediakan fasilitas pembiayaan tersebut bermacam-macam seperti pembiayaan perumahan, pembiayaan konsumtif, serta jenis kredit tanpa agunan (KTA). Saat ini pinjaman KTA tersebut sedang banyak diminati karena tak memerlukan jaminan dalam pengajuan kredit yang dilakukan. Tentu saja hal ini akan memberikan banyak kemudahan untuk siapapun supaya dapat berhutang dengan mudah.

Nah, sebelum memutuskan untuk memilih kredit jenis tersebut ada baiknya jika Anda sudah membuat suatu prioritas terkait kebutuhan mana yang akan dicukupi. Hal ini dilakukan guna menghindari terjadinya infektivitas dari penggunaan dana tersebut karena mengingat asal dana yang diperoleh dari sistem kredit.

Artikel lain: Apakah Pinjaman Modal Usaha Adalah Sebuah Kesalahan? Sama Sekali Tidak




Selanjutnya, Anda juga harus dapat memperhitungkan secara tepat kemampuan yang Anda miliki untuk bisa membayarkan angsuran di tiap bulannya. Melalui perhitungan yang tepat tentu bisa menghindarkan Anda dari beberapa masalah #keuangan yang suatu saat dapat membelit.

Syarat-Syarat Pengajuan KTA

Sebenarnya ada beberapa manfaat dari pinjaman KTA ini dan Anda tinggal menentukan sendiri mau diapakan dana tersebut saat mengajukannya kepada pihak bank. Sebelum mengajukan pinjaman KTA kepada bank, ternyata ada beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain seperti membawa identitas diri dan juga keluarga seperti data diri, istri, dan juga anak yang tercantum pada kartu keluarga.

Selain itu, Anda juga harus sudah memiliki penghasilan yang tetap dan stabil dibuktikan dengan membawa slip gaji atau surat keterangan gaji jika pemohon tersebut berasal dari instansi swasta. Selanjutnya membawa juga surat keputusan mulai dipekerjakan untuk membuktikan usia yang tertulis oleh si pemohon benar adanya. Membawa juga buku tabungan atau nomor rekening yang masih digunakan hingga saat ini untuk digunakan sebagai bukti bahwa Anda aktif menggunakan bank tersebut. Tentu saja keunggulan dari KTA ini cukup banyak akan tetapi kita juga harus memiliki ukuran tersendiri terhadap manfaat dari pinjaman tersebut.

Syarat lainnya yang harus dipenuhi antara lain seperti WNI, telah berumur 21-60 tahun, dan melengkapi beberapa dokumen yang diperlukan. Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan ialah fotokopi KTP/paspor, fotokopi NPWP, fotokopi ID card, fotokopi kartu kredit dari bank lain jika memiliki, arsir bagian depan kartu kredit, slip gaji terakhir, fotokopi cover buku tabungan, dan juga mutasi rekening tabungan pada 3 bulan terakhir.

Beberapa Hal Yang Dapat Dibiayai Oleh KTA

Salah satu keuntungan dari melakukan pinjaman KTA ini adalah pihak bank yang tak mewajibkan atau mengharuskan sang pengaju untuk kebutuhan tertentu atau dalam arti lain semua pengaju dapat melakukan berbagai hal dari hasil pencairan dana KTA tersebut. Secara garis besarnya, KTA ini termasuk ke dalam produk kredit konsumtif yakni dapat digunakan untuk salah satu dari berbagai kepentingan berikut ini seperti: biaya merenovasi rumah, biaya pernikahan, biaya pendidikan Anda atau pendidikan Anak, biaya pengobatan, modal usaha atau bisnis, kebutuhan finansial lainnya, dan juga pelunasan atau penutupan kartu kredit. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak bank yang menawarkan pinjaman KTA seperti KTA BNI, KTA BCA, KTA BII, KTA Bank Mandiri, KTA HSBC, KTA ANZ, KTA Bank Danamon, KTA Bank Bukopin, KTA Citibank, KTA DBS, dan masih banyak lagi.




Perhitungan Bunga dalam pengajuan KTA ini terbagi menjadi tiga yakni suku bungan flat, suku bunga efektif, dan suku bunga anuitas. Untuk suku bunga flat pada pinjaman KTA adalah suku bungan yang paling mudah di mana tiap bulan angsurannya sama dan juga cicilan pokoknya juga sama. Untuk suku bunga efektif maksudnya adalah perhitungan bunga yang didasarkan pada tiap akhir periode angsuran dan bunga kreditnya dihitung dari saldo akhir di tiap bulannya.

 Sementara itu, suku bunga anuitas ialah modifikasi dari perhitungan kredit bunga efektif guna mempermudah nasabah untuk dapat membayar per bulannya karena angsuran di tiap bulannya yang sama. Dalam kredit dengan menggunakan suku bunga anuitas tersebut, angsuran bulanannya sama akan tetapi komposisi bunga dan juga pokok angsurannya akan berubah di tiap periode. Nilai bunga tiap bulan juga akan mengecil sementara itu angsuran pokok tiap bulan akan membesar. Oleh sebab itu, jika angsuran bulannya tetap maka komposisi pokok dan bunganya akan berbeda.

Baca juga: Ingin Berbisnis Tapi Modal Usaha Terbatas? Tenang Ada Tipsnya Kog

Tata Cara Melakukan Pembayaran Cicilan KTA

Beberapa pihak yang menyediakan pinjaman KTA ini akan menawarkan cara yang cukup bervariasi guna dapa mempermudah para nasabah guna melakukan pembayaran cicilan pinjaman antara lain sebagai berikut yakni dengan metode transfer antar bank, dengan melakukan setoran otomatis (autodebet) dari rekening debitur, dengan menggunakan layanan e-channel bank seperti internet banking, mobile banking, atau ATM, dan juga dengan melakukan setoran manual atau langsung datang ke teller dan Anda juga bisa menggunakan jasa peminjaman uang seperti Taralite.com.

Memang cukup mudah dalam melakukan pinjaman kredit tersebut. Di dalam KTA ini terdapat fixed rate yang merupakan penentuan tingkat bunga yang besarannya tetap untuk kurun waktu tertentu. Contohnya sebuah bank menawarkan program fixed rate sebesar 7,5% dalam jangka waktu dua tahun. Hal tersebut berarti sang debitur KTA dapat mencicipi bunga 7,5% selama dua tahun penuh. Tentu saja tiap bank juga sudah memiliki ketentuan review ataupun kaji ulang untuk bunga KTA yang berbeda-beda.

Sebagian bank ada yang melakukan review tiap 3 bulan sekali atau 6 bulan tetapi jarang sekali yang melakukannya tahunan. KTA ini memang akan memberikan Anda keleluasaan dalam mengelola keuangan tetapi Anda tak bisa menggunakannya sembarangan. Untuk itu, gunakanlah KTA sesuai dengan kebutuhan yang sudah direncanakan dan juga pertimbangkan secara matang sebelum memutuskan untuk mengajukannya.



5 total comments on this postSubmit yours
  1. Dari dulu ingin sekali pinjam dana kta di bank yg bisa s/d 200 juta buat modal usaha, tapi bingung mulai dari mana dan bank apa yang mudah prosesnya ya mas?
    Btw makasih sharing nya..

  2. Pendanaan kredit pun semakin di cari, tertutama bagi para startup digital. Informasinya sangat informatif thanks

  3. Sekarang udah banyak banget ya penyedia KTA online. nice info ini :D

  4. Apa benar kredit tanpa anggunakan ini hanya diperuntukan kalangan menegah keatas, dan bagaimana jika masyarakat biasa ingin mengajukan KTA ini

  5. lagi-lagi tentang KTA, aku bingung setiap ngajuin kta dan CC selalu ga di approve kenapa ya…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud