Ingin Berbisnis Tapi Modal Usaha Terbatas? Tenang Ada Tipsnya Kog

mencari modal usaha

Image dari Soulfulaffluence.com

Berbisnis memang menjadi sebuah pekerjaan yang saat ini menjadi dambaan banyak orang. Selain bisa bekerja secara mandiri, berbisnis juga bisa membuat kita berdaya guna lebih luas bagi masyarakat. Namun saat akan menjalaninya umumnya sebuah bisnis akan menuntut seseorang harus bersiap dengan dana atau modal usaha yang terbilang tidak sedikit. Inilah yang seringkali menjadi kendala seseorang saat akan menjalani bisnis.

Tapi pertanyaannya kemudian apakah modal ini memang sudah menjadi sebuah syarat atau ketentuan dalam berbisnis? Tentu saja tidak, berbisnis ternyata tak harus membuat Anda mengeluarkan modal yang besar, bahkan ada beberapa bisnis yang dijalankan dan sukses tanpa adanya modal di awal usahanya.

Artikel lain: 6 Alasan Keliru Saat Memulai Bisnis, Hindari Sebisa Mungkin




Modal usaha memang kerapkali menjadi batu sandungan seseorang saat akan melangkah menuju dunia bisnis. Dengan dana atau modal yang pas-pasan seseorang seringkali merasa ragu untuk menjalankan bisnis. Padahal dengan sebuah trik, Anda bisa saja memulai bisnis meskipun dana atau modal Anda pas-pasan. Lalu bagaimana trik yang bisa diterapkan untuk bisa menjalankan sebuah bisnis? Berikut ulasannya.

1. Kondisi Keuangan Harus Sehat

Trik pertama untuk menjalankan bisnis dengan modal yang pas-pasan adalah dengan melihat kondisi #keuangan. Pastikan kondisi keuangan Anda tidak bermasalah, stabil dan sehat saat akan memulai bisnis dengan modal usaha pas-pasan.

Keuangan yang sehat bisa dilhat dari tidak adanya utang dan adanya dana tersendiri untuk kebutuhan sehari-hari yang terpisah dari dana untuk modal bisnis. Dengan adanya keuangan yang sehat ini maka Anda akan lebih bebas dalam mengatur dan merancang rencana bisnis dalam menuju langkah awal bisnis yang baik.

2. Pikirkan Soal Asal Sumber Modal Usaha 

Modal usaha yang ada memang bisa saja berasal dari pinjaman orang lain. Saat modal yang Anda gunakan berasal dari orang lain, maka itu artinya Anda wajib memiliki rencana dalam mengembalikan pinjaman tersebut.

Maka dari itu sebelum Anda memutuskan untuk meminjam uang untuk bisnis, Anda harus memsatikan terlebih dahulu ukuran kemampuan finasial yang Anda miliki. Anda juga harus melakukan penghitungan untuk bisa siap dengan alokasi dana cicilan pinjaman tersebut dengan batas waktu yang telah ditentukan.




3. Jangan Terburu-Buru Membuat Keputusan

Karena modal usaha yang Anda gunakan adalah dana yang pas-pasan, maka trik agar Anda bisa mengawali langkah bisnis yang baik adalah dengan selalu berhati-hati dalam membuat keputusan atau langkah bisnis.

Hal-hal seperti merekrut orang, memilih jenis #promosi atau juga membeli perlengkapan merupakan beberapa komponen yang harus Anda waspadai untuk menjalankannya. Anda tak bolhe terburu-buru dalam mengambil atau memilih rencana bisnis sebelum Anda menganalisisnya dengan baik dan tepat.

4. Miliki Rekan Bisnis yang Tepat

Rekan atau mitra bisnis adalah orang yang akan membantu perjalanan bisnis Anda. Maka saat modal yang Anda miliki pas-pasan, memiliki rekan bisnis yang tepat merupakan peluang besar untuk Anda mengawali dan menjalankan bisnis dengan suskes.

Rekan bisnis memang akan selalu dibutuhkan oleh seorang pebisnis, karena ia tak bisa menjalankan bisnis secara sendirian. Namun tidak semua rekan bisnis baik dan tepat  untuk Anda. Dari sinilah mencari dan memiliki rekanan bisnis yang baik dan tepat merupakan sesuatu yang penting untuk Anda lakukan.

5. Bersabarlah Untuk Penghasilan yang Besar

Memiliki dana yang terbatas tentu tidak bisa langsung menghasilkan sesuatu yang langsung besar. Meskipun hal ini bukanlah hal yang mustahil, namun Anda tidak boleh terlalu mengharapkannya. Bayangkan saja hal-hal atau kemungkinan terpahit atau terburuknya.

Karena dunia bisnis yang begitu penuh dengan tantangan dan persaingan yang sengit akan menguji mental Anda sebagai pebisnis. Maka dari itu, kesabaran merupakan sikap yang paling realitis yang bisa Anda tanamkan untuk usaha yang Anda mulai dengan modal usaha yang pas-pasan ini.

Baca juga: 6 Pertanda Anda Harus Segera Memulai Bisnis Anda Sendiri

6. Tidak Boleh Mudah Menyerah

Terakhir, trik untuk memulai bisnis dengan modal usaha pas-pasan adalah dengan tidak kenal menyerah. Memulai bisnis dengan modal pas-pasan memang akan membuat Anda sedikit sulit atau lambat berkembang dan banyak menemui kesulitan.

Namun hal ini bukan persoalan serius jika Anda mampu bersikap pantang menyerah terhadap setiap hambatan dan tantangan yang datang. Dengan terus berjuang dan bekerja keras, Anda akan sedikit demi sedikit membuka jalan untuk berkembang dan mencapai kesuksesan.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Oke mas menginspirasi saya, khsusunya yang point pertama kondisi keuangan harus sehat dulu, soalnya kalu tidak sehat uang buat bisnis kepakai, jadi kacau

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud